Profesi

CEO Paypal Sukses Besarkan Paypal dalam Perjalanannya

Brain Personalities – Hai, Sobat Brain! Pernahkah Sobat Brain beli tiket konser dari luar negeri? Biasanya penyelenggara meminta pembayaran via Paypal. Bahkan, penyedia jasa pembayaran via Paypal juga ada loh. Paypal kian tenar dan semakin diminati. Namun, sebenarnya Paypal itu apa? Siapa yang membesarkan Paypal? Seperti apakah sosok Founder dan CEO Paypal? Kenapa Paypal begitu diminati?

Artikel ini akan menuntun Sobat Brain untuk menjawab berbagai pertanyaan di atas. Yuk, simak dan pelajari hal inspiratifnya.

Pelajari juga:

Tentang Paypal

Apa itu Paypal?

Logo Paypal

Paypal adalah perusahaan penyedia jasa transfer uang secara elektronik, menggantikan metode terdahulu yang masih berbasis kertas, seperti wesel pos dan cek. Hadir dalam bentuk aplikasi, Paypal dapat digunakan untuk pembayaran lintas negara. Di samping itu, Paypal bekerja sama dengan perusahaan e-commerce, lelang atau perusahaan lainnya dalam hal kemudahan pembayaran.

 

Sejarah Paypal

Bermula dari penggabungan Confinity dan X.com pada tahun 2000 lah Paypal berdiri. Confinity adalah perusahaan penyedia layanan kriptografi dan perantara pembayaran Palm Pilot yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada Desember 1998. Sementara itu, X.com adalah perusahaan jasa financial planning besutan Elon Musk yang berdiri pada Maret 1999.

Potensi Paypal dinilai oleh eBay cocok digunakan sebagai perantara lelang online di situs eBay. Oleh karena itu, eBay mengakuisisi Paypal  senilai USD 1,5 miliar pada 2002 padahal eBay sudah membeli Billpoint sebagai satu-satunya perantara pembayaran.

Pamor Paypal sebagai perantara pembayaran yang semakin menanjak menyebabkan penghapusan layanan Ballpoint di eBay. Tak hanya itu, beberapa rival utama Paypal pun mengalami kebangkrutan, seperti Yahoo Pay Direct, BidPay Western Union, dan Citibank C21T.

 

Siapa CEO Paypal?

Perjalanan panjang Paypal sejak tahun 2000 dipimpin oleh sederet CEO hebat. Sejak tahun 2015, Daniel H Schulman ditunjuk sebagai CEO Paypal. Di bawah kendali Schulman, Paypal membawa berbagai terobosan baru.

Pelajari juga:

 

CEO Paypal, Daniel H Schulman

Profil Daniel H Schulman

Daniel H Schulman, CEO Paypal

Daniel H Schulman lahir di Newark, Amerika Serikat pada 19 Januari 1958 dari pasangan Mel Schulman dan S Ruth Schulman. Keluarga Schulman berlatar belakang akademisi dan aktivis. Mel adalah ahli kimia sedangkan Ruth, dosen di GSAPP pada 1974 – 1999. Sementara itu, Kakek Schulman adalah pentolan serikat pekerja di distrik Garmen New York. Schulman kecil bahkan sudah akrab dengan aktivitas demonstrasi penuntutan hak sipil. Ibunya, Ruth membawa Schulman dengan kereta dorong saat berdemo menuntut hak-hak sipil di Washington.

 

Riwayat Pendidikan CEO Paypal, Daniel H Schulman

Dibesarkan di Princeton, New Jersey, Schulman bersekolah di Princeton High School. Selama bersekolah di sana, ia sempat menjadi kapten tim tenis dan lacrosse. Jenjang perguruan tinggi ditempuh Schulman di Middlebury College untuk gelar Sarjana Ekonomi dan New York University Stern School of Business untuk gelar MBA.

 

Pandangan Politik CEO Paypal

Memandang Undang-Undang Privasi dan Keamanan Fasilitas Umum di California Utara tak sejalan dengan prinsip Paypal, Schulman lantang menyuarakan penentangannya. Menurutnya, salah satu aturan yang tertuang di dalam undang-undang tersebut bahwa penggunaan kamar mandi umum menyesuaikan jenis kelamin saat lahir adalah diskriminasi.

Sebagai bentuk protes yang lebih lantang, Schulman bersama 120 pejabat perusahaan besar pun menandatangani surat oposisi. Selain itu, Schulman membatalkan ekspansi Paypal di California Utara. Ia juga berkomitmen pada kesetaraan dan bersama sebuah komunitas di California Utara  berusaha keras untuk membatalkan undang-undang diskriminatif tersebut.

Lantangnya suara Schulman juga terdengar pada tahun 2018 untuk mendukung para dreamers, yaitu orang yang tiba di Amerika saat masih anak-anak dan kini telah menetap, bekerja, serta berkontribusi untuk Amerika. Schulman juga menuliskan namanya di sebuah surat untuk mendorong kongres Amerika bertindak cepat atas program Deferred Action for Childhood Arrival (DACA). Tak sampai disitu, Schulman pun menentang kebijakan Trump terkait pembatasan visa untuk membatasi pekerja asing di Amerika.

Mau tahu potensi terbaik berdasarkan fungsi otak dominan, Sob? Kamu bisa mengikuti Tes BRAIN online baik untuk mengenali potensi diri dan tim bisnismu dengan cepat. Ini sangat membantu memetakan posisi di perusahaan.

Hanya 5 Menit, Ikut Tes BRAIN Online

 

Sederet Karir Daniel H Schulman Sebelum Bergabung dengan Paypal

Schulman sedang berbicara di depan umum

AT&T

Karir Schulman berawal dari AT&T, perusahaan telekomunikasi internasional yang memproduksi televisi, telepon, dan internet. Lebih dari 18 tahun Schulman bekerja di AT&T dan menjadi anggota termuda dari tim eksekutif senior perusahaan. Perjalanan karir Schulman di AT&T cemerlang. Bermula dari posisi entry level staff, Schulman berhasil menjadi Presiden yang memimpin 40.000 karyawan dan mengelola bisnis senilai $20 miliar.

 

Priceline.com

Usai mengakhiri karirnya di AT&T, Schulman menjadi Presiden dan Chief Operating Officer (COO) di Priceline.com. Tak butuh waktu lama, Schulman pun diangkat menjadi CEO Priceline.com. Selama dua tahun mengelola Priceline.com pendapatan Priceline.com melonjak dari $20 juta menjadi $1 miliar.

 

Virgin Mobile USA Inc.

Tahun 2001, Schulman diundang oleh Richard Branson untuk menjadi CEO Virgin Mobile USA Inc. Perusahaan tersebut dipimpin oleh Schulman sejak diluncurkan secara nasional pada 2002 hingga menjadi perusahaan publik pada 2007. Kepemimpinan Schulman di Virgin Mobile USA Inc. dinilai sebagai “no hidden fees career”. Berkat Schulman, perusahaan ini menjelma sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi nasional dengan penjualan tahunan sebesar $1,3 miliar dan lebih dari 5 juta pelanggan.

 

Sprint Nextel

Virgin Mobile USA Inc. dijual ke Sprint Nextel pada 2009 dan Schulman pun diangkat sebagai Presiden Grup Prabayar Sprint Nextel. Jabatan ini diemban oleh Schulman sampai dia berpindah ke American Express.

 

Komite dan Direksi

Di samping berkarir profesional di perusahaan, Schulman juga bergabung sebagai anggota komite ataupun direksi di perusahaan lainnya. Daniel H Schulman sempat ditunjuk sebagai Ketua Non Eksekutif Norton Life Lock. Selain itu, Schulman terpilih sebagai anggota Direksi Verizon pada September 2018. Lalu menjabat di komite penasihat di Greycroft Partners.

Terhitung sejak Juli 2008 hingga Juni 2013, Schulman bergabung di Dewan Autism Speaks, kelompok advokasi untuk penelitian spektrum autisme. Di sisi lain, Schulman tergabung pula sebagai anggota Direksi Business Roundtable dan The Economic Club of New York serta anggota penasihat internasional Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura. Terakhir, Schulman merupakan anggota seumur hidup Dewan Hubungan Luar Negeri.

Pelajari juga:

 

Terobosan Daniel H Schulman sebagai CEO Paypal

Pengumuman Schulman sebagai CEO Paypal berhembus sejak 30 September 2014. Paypal kemudian berpisah dari eBay dan menjadi badan hukum tersendiri. Saat itu lah Schulman resmi menjadi CEO Paypal. Dimulainya masa jabatan Schulman ditandai dengan akuisisi dari Eropa iZettle senilai $2,2 miliar.

Akuisisi Eropa iZettle merupakan pembelian terbesar kedua sejak Paypal didirikan. Eropa iZette menyampaikan bahwa tujuannya di Paypal adalah memberikan akses keuangan kepada 70 juta rakyat Amerika yang tidak terjangkau oleh pelayanan sistem keuangan Amerika.

 

Pinjaman Tanpa Bunga Gagasan CEO Paypal

Selaku CEO Paypal, Schulman memberikan usul agar Paypal memberikan penawaran sebesar $500 juta uang muka tanpa bunga kepada pegawai Amerika yang cuti akibat pemerintah Amerika shutdown selama 2018 – 2019. Selain itu, Schulman juga bersedia memberikan pinjaman tanpa bunga hingga $25 juta.

 

Investasi Dana dan Trading Cryptocurrency

Terobosan baru kembali hadir dari pemikiran Schulman. Pada April 2019, Schulman sebagai CEO Paypal mengumumkan investasi sebesar $500 juta ke Uber untuk menghubungkan dua marketplace besar. Satu setengah tahun kemudian, pada November 2020 Paypal melayani perdagangan cryptocurrency. Proses peluncurannya saat itu diawasi langsung oleh Schulman.

 

Bantuan Kesejahteraan dan Bisnis

Bidang kesejahteraan tak luput dari perhatian Schulman sebagai CEO Paypal. Pada 2019, program kesejahteraan keuangan pun diluncurkan oleh Schulman. Program ini bertujuan untuk membantu karyawan Paypal, meringankan biaya perawatan kesehatan, serta memudahkan karyawan untuk memiliki tabungan jangka panjang.

Setahun kemudian, pada 2020 Paypal berkomitmen menyediakan dana sebesar $535 juta untuk mendukung bisnis yang dimiliki oleh orang kulit hitam dan komunitas minoritas di Amerika. Hal ini sebagai upaya Paypal dalam menutup kesenjangan kekayaan antar ras.

 

Hasil Keuangan Paypal Capai Posisi Terkuat

Kuartal pertama tahun 2021 menunjukkan hasil keuangan Paypal mencapai posisi terkuat sejak Paypal dibangun. Melihat hal itu, Schulman bersiap membangun kesuksesan pada kuartal lainnya dengan dompet digital Paypal.

Pelajari juga:

 

Penutup

Daniel H Schulman adalah CEO Paypal, sosok yang peka terhadap isu sosial. Di samping menjalankan bisnis, Schulman pun memperhatikan kondisi sekitar. Selaku CEO Paypal, Schulman pun menelurkan kebijakan yang pro terhadap masyarakat.

Sobat Brain dapat mempelajari kepribadian Schulman yang begitu inspiratif dan mulai menata diri untuk meraih kesuksesan serta membantu orang lain. Ikuti Tes Brain untuk mengenali potensi diri dan miliki sertifikatnya di sini.

Tes Brain Online

Nida Ulya Shofana

Recent Posts

Supervisor Food and Beverage: Tugas Hingga Tips Jadi yang Terbaik

Brain Personalities - Bidang Food and Beverage kian menjamur didukung oleh kemudahan akses transportasi dan…

5 hours ago

Kuliah Jurusan Psikologi dan Prospek Karir Lulusannya

Brain Personalities - Kesadaran terhadap kesehatan mental mulai berkembang di Indonesia. Sejumlah kampanye tentang kesehatan…

7 days ago

Kuliah Jurusan Hukum: Prospek Karir dan Universitas Terbaiknya

Brain Personalities - Hai Sobat Brain! Memilih jurusan kuliah memang membingungkan. Apalagi saat ada benturan…

7 days ago

Kuliah Jurusan Manajemen di Kampus Terbaik

Brain Personalities - Hi Sobat Brain! Kuliah jurusan Manajemen banyak diminati oleh para lulusan SMA,…

1 week ago

Kuliah Jurusan Tata Boga: Kampus Terbaik dan Prospek Karirnya

Brain Personalities - Popularitas bidang kuliner menarik minat anak muda untuk menekuninya. Tak sebatas jadi…

2 weeks ago

Kuliah Jurusan Bisnis Ternyata Ada di Berbagai Fakultas

Brain Personalities - Hai, Sobat Brain! Menjamurnya bisnis berdampak positif bagi peningkatan peminat jurusan bisnis.…

3 weeks ago