Ini Daftar Universitas Kedoteran Terbaik Indonesia

kedokteran indonesia
Universitas dengan Fakultas Kedokteran Terbaik

BRAIN Personalities – Halo sobat Brain, membahas seputar dunia kampus memang tidak ada habisnya  mulai dari fakultas, prodi atau jurusan kampus juga sayang untuk dilewatkan pembahasannya. ngomong-ngomong soal fakultas kampus. Hari ini Barain Personalities ingin mengulas tentang fakultas Kedokteran (FK).

Faktanya ya Sob, tak bisa dipungkiri keberadaan Fakultas Kedokteran saat ini menjadi salah satu tujuan pendidikan yang banyak diimpikan orang. Untuk bisa masuk di fakultas ini juga tidak gampang lho Sob. Terlepas dari nilai akademik dan ilmu pengetahuan yang cukup, tentu biaya yang dibayarkan untuk tiap semesternya juga tidak murah.

Di perguruan tinggi negeri maupun swasta, sudah tahukah kalian Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia? Sudah puluhan ribu calon mahasiswa yang ingin kuliah Kedokteran setiap tahunnya dan setiap kita pasti ingin kuliah di universitas terbaik bukan? Tentunya dari pelbagai sumber yang sudah dihimpun beberapa dari mereka sudah memiliki akreditasi A yang unggul. Nah dari parameter ini lah kita bisa mempertimbangkan universitas tersebut punya kualitas dan lulusan lebih terjamin dalam mendapatkan  peluang pekerjaan.

Nah, bagi kalian yang menaruh minat mendaftar kuliah di kampus kedokteran, yuk ketahui kampus mana saja yang menyajikan grade terbaik saat ini, agar tak salah pilih Universitas, karena setiap kampus juga memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Maka dari itu kantongi dulu referensi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia berikut ini!

Universitas Indonesia

fk ui
Kegiatan Belajar Mengajar di FK UI

Nama Universitas ini sepertinya  cukup familiar bukan di telinga kalian? So pasti di universitas ini, Fakultas Kedokteran UI jadi  salah satu yang  terbaik yang  ada di Indonesia.

Perguruan Tinggi Swasta  FK UI memiliki dua kampus utama yaitu Kampus Salemba dan Kampus Depok yang terletak di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan.

Pelajari Juga:

Dari pelbagai sumber yang penulis himpun, FK UI ini adalah salah satu unit tertua di Universitas Indonesia. Makanya tak heran juga kenapa jika FK UI menjadi salah satu unggul Kampus UI. Kini, FKUI terus mengembangkan diri melalui pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional, wah keren juga ya Sob, oh iya  regulasi ini  telah ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.

FK UI  tentunya sudah terakreditasi  A dari BAN-PT bagaimana paten juga kan. Oh iya di Fakultas ini   memiliki bebrapa program  studi yang  ditawarkan sob,  mulai dari  Program Pendidikan Dokter, Program Spesialis, Kelas Internasional, Program Subspesialis, Program Magister sampai Program Doktoral. Nah berikut ini beberapa  rincian masing-masing programnya:

FK UI saat ini memiliki 4 (empat) program studi magister dengan pelbagai kekhususan dan keunggulannya masing-masing yaitu:Program Magister Ilmu Biomedik

Program Magister Ilmu Gizi

  1.  Studi Magister Ilmu Kedokteran Kerja
  2. Magister Pendidikan Kedokteran

FKUI memiliki 3 (tiga) program studi jenjang Doktor (S3), yaitu:

  1. Program studi Doktor Ilmu Biomedik
  2.  Doktor Ilmu Gizi
  3. Doktor Ilmu Kedokteran

Beberapa Fasilitas yang ada di UI meliputi:

Molecular Laboratory for Oxidative Stress Research, Laboratorium Riset Parasitologi, Laboratorium Farmasi Kedokteran, Laboratorium Bronkoskopi, Virology and Cancer Pathobiology Research Center for Health Service (VCPRH), Instrumentasi Medik, HLA Lab, Transcranial Doppler/Duplex Carotid, Sitopatologi, Laboratorium Mikrobiologi Klinik dan masih banyak lagi.

Uiveristas Brawijaya

Fk ub
Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Nama Universitas Brawijaya sepertinnya sudah tidak asing di telinga kalian, salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka yang letaknya di Kota Malang Jawa timur.  Bahkan dari literatur yang penulis baca Kampus yang familiar dengan sebutan UB ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia menurut penilaian dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tidak hanya universitasnya yang berkualitas, Kedokteran UB pun juga memiliki reputasi yang unggul. Bahkan nih Sob, untuk program studi ini mendapatkan status Akreditasi A dari BAN-PT.

Pelajari juga:

Untuk Fakultas Kedokteran yang ada di Universitas  Brawijaya terdapat Empat prodi Khusus jenjang S1 Kedokteran meliputi: Pendidikan Kedokteran, Ilmu Kebidanan, Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi. Sedangkan untuk jenjang Magister Kedokteran UB meliputi: Ilmu Biomedik, Manajemen Rumah Sakit, Keperawatan dan Kebidanan. Sedangkan untuk program Doktotaldi UB teradapat  Ilmu Biomedik, Teknologi Kedokteran, Biologi Reproduksi dan Sosio Medicine.

Di Brawijaya sendiri dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) membuka pendaftaran melalui Jalur Ujian Mandir (UJM)i, Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Jalur nilai rapor atau yang familiar kita sebut Seleksi Nasional Masuk Perhuruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Fasilitas di Kedokteran UB

Guna memaksimalkan proses pembelajaran, terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Kedokteran UB, seperti:

Ruang Kegiatan Mahasiswa, Studio Musik, Lapangan Olah Raga, Ruang Kuliah, Laboratorium Anatomi-histologi, Laboratorium Ilmu Bedah, Laboratorium Radiologi, Laboratorium Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Komputer dan notebook di Laboratorium TIK dan lain sebagainya.

Masih bingung menentukan Prodi  kuliah, ikuti Tes BRAIN online gratis dan temukan rekomendasi program pendidikan di universitas. Miliki sertifikat hasil tes untuk mendapatkan penjelasan detail.

Universitas Padjajaran

fk padjjaran
Praktik Kedokteran Unpad

Salah satu universitas negeri yang berlokasi di Bandung Jawa Barat , Unpad begitu orang kebanyakan menyebutnya. Nah di Unpad ini memiliki beberapa program studi yang layak untuk kalian jadikan tujuan  mendalamai ilmu kedokteran, pasalnya nih sob, di Padjajaran tersedia bebrapa studi yang  cukup menjanjikan. Upad membuka beberapa Program studi Kedokteran  mulai dari jenjang Diploma, S1, Progragram Spesialais, Magister sampai program Doktoral. Selain itu Universitas ini juga sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT : berikut ini beberapa prodi yang ada di Unpad.

Program Diploma

  1. Kebidanan

Program S1

  1. Studi Ilmu kedokteran Hewan
  2. Studi Ilmu Kedokteran Akademik

Program Jenjang Magister Unpad

Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, Magister Anti Aging dan Aesthetic Medicine, Magister Epidemiologi, Program Doktoral Unpad, Ilmu Kedoteran

Failitas yang disedikan Unpad Meliputi: Lab Penunjang, Perpustakaan , Lab Klinik, Lab Komputerdan masih banyak fasilitas yang akan menunjang kalian jika mendaftar di Universitas Padjajaran Bandung.

Universitas Gadjah Mada

ugm fk
FKUniversitas Gadjah Mada

Nama Universitas Gadjh Mada sudah sudah tahu lah ya kalian, salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka yang letaknya  di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.  Kampus yang  familiar dengan sebutan UGM sudah lama menjadi  perguruan  tinggi terbaik yang ada di Indonesia menurut penilaian dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Pelajari Juga:

Tidak hanya universitasnya yang berkualitas, Kedokteran UGM pun juga memiliki penilaian yang unggul. Bahkan nih Sob,  Kampus ini sudah sejak lama menjadi salah satu tujuan  ilmu kedokteran,. Pantas lah yak arena  program studi FK UGM ini mendapatkan status Akreditasi A  dari BAN-PT.

Oh iya di FK UGM memiliki bebrapa program  studi yang  ditawarkan sob,  mulai dari  Program Setrata Satu, Program Spesialis, Program Magister sampai Program Doktoral. Nah berikut ini beberapa  rincian masing-masing programnya:

Sarjana:

Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Gizi Kesehatan

Dokter Spesialis:

Anestesi dan reanimasi, Ilmu Bedah, Bedah Anak, Bedah Syaraf. Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal, Ilmu Kedokteran Jiwa, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Ilmu Kesehatan THT-KL, Ilmu Kesehatan Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Ilmu Penyakit Saraf/Nerologi, Mikrobiologi Klinik, Orthopaedi dan Traumatologi, Obstetri dan Ginekologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Radiologi dan Urologi.

Pelajari Juga:

Program Magister Kedokteran UGM: Ilmu Kedokteran Dasar,   Ilmu Kedokteran Klinik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pendidikan Kedokteran, Keperawatan

Program Doktoral:

Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Universitas Airlangga

kompetensi FKairlangga
Praktikum Kedokteran Unair

Nama Universitas Airlangga yang berada di Surabaya Jawa Timur, pasti sudah banyak yang tahu kan. Kampus yang familiar dengan sebutan Unaiar ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia menurut penilaian dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tidak hanya universitasnya yang berkualitas, Kedokteran di Uanair pun juga memiliki reputasi dan pemnilaian yang bagus dari lulusan dan model pengajaranl. Bahkan nih Sob, untuk program studi ini mendapatkan status Akreditasi A dari BAN-PT.

Untuk Fakultas Kedokteran yang ada di Universitas  Airlangga Surabaya terdapat Empat prodi Khusus jenjang S1 Kedokteran meliputi:Program Spesialais, Strata (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3)

Di Airlangga  sendiri dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) membuka pendaftaran melalui Jalur Ujian Mandir (UJM)i, Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Jalur nilai rapor atau yang familiar kita sebut Seleksi Nasional Masuk Perhuruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Macam – Macam Program Studi Kedokteran UNAIR

Spesialis 1

Andrologi, Anestesiologi dan Reanimasi,Bedah Plasitk, Rekontruksi dan Estetik, Bedah Toraks Kardiovaskular, Ilmu bedah anak, Ilmu bedah Saraf, Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Ilmu Kadiologi dan Kedokteran Vaskular, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Mata, Mikrobiologi Klinik, Neurologi, Obstertri dan Ginekologi, Orthopaedi dan Traumatologi, Patalogi Anatomi, Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi,Patalogi Klinik, Psikiatri, Radiologi, THT – Bedah Kepala dan Leher,Urologi.

Spesialis 2

Anestesiologi dan Reanimasi, Bedah Digestif, Bedah Kepala Leher, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Obstertri dan Genekologi, Psikiatri Anak dan Remaja, Patalogi Klinik.

Magister&Doktor

Ilmu Kesehatan Reproduksi, Ilmu Kesehatan Olahraga, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran Dasar ,Ilmu Kedokteran Klinik, Dokter /S3

Sarjana/Profesi

Kedokteran, Kebidanan

Penutup

Itulah informasi penting tentang bebrapa Universitas  yang memiliki keunggulan pada  Fakultas  Kedokteran yang menyandang sebagai salah satu dari universitas terbaik di Indonesia.  Brain Personalities mengolahnya dari pelbagai sumber sekarang, tinggal  Sobat BRAIN yang milih dan menentukan di Universitas mana nanti kalian kuliah Kedokteran.

Tes BRAIN Online

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *