Universitas Wijaya Kusuma: Info Kuliah dan Beasiswa

universitas wijaya kusuma
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

BRAIN Personalities – Pembahasan seputar universitas kita kali ini ada di Kota Pahlawan Surabaya, namanya mungkin tak setenar Unair,  ITS, UBAYA , atau Unesa, namanya Universitas Wijaya Kusuma, merupakan universitas berstatus perguruan tinggi swasta di Surabaya yang didirikan pada 19 Juni 1981.

Untuk kalian ketahui, nama Wijaya Kusuma diambil dari nama Raden Wijaya sebagai Raja Majapahit I, bergelar Kartarajasa Jayawardhana pada tahun 1293 dan wafat pada tahun 1309.  Sebagai pendiri Kerajaan Majapahit ia memiliki kebijakan serta jiwa kepahlawanan yang besar dan keung­gulan strategi perang sebagai panglima. Dengan motto Anggung Wimbuh Linuwuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Selalu Tumbuh dan Berkembang senantiasa dapat  menjadi cerminan cita cita universitas ini.

Universitas Wijaya Kusuma atau UWKS sudah terakreditasi dengan status B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini memiliki beberapa program studi untuk tingkat sarjana, pasca sarjana, serta diploma 3.

Baca Juga:

Lebih lanjut, saat ini universitas yang berkedudukan Jl. Dukuh Kupang XXV/54, Kota Surabaya, Jawa Timur ini terdiri dari beberapa fakultas di antaranya: Fakultas Teknik, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Bahasa dan Sains, serta Fakultas Kedokteran.

Kampus Kedokteran menempati gedung A dan B, fakultas pertanian dan prodi Kedokteran Hewan menempati kompleks area pasca sarjana, serta fakultas yang lainnya menempati gedung C hingga H yang terletak di kampus pusat UWKS. Nah, untuk informasi detail jurusan, pendaftaran, sampai informasi beasiswa,  yuk simak informasi selengkapnya di bawah sini.

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum (Terakreditasi A)

Studi Ilmu Hukum Universitas Wijaya Kusuma telah terakreditasi B, nantinya  pada studi ini akan banyak melakukan pengembangan  penelitian berbasis problem solving dalam pelbagai masalah-masalah hukum dan sosial masyarakat untuk dapat mencarikan dan menawarkan solusi penyelesaian peggugat dan tergugat yang terbaik.  Jenjang  karir  prodi ini meliputi: Hakim, pengacara sampai jaksa.

Fakultas Kedokteran

Pendidikan Dokter (Terakreditasi B)

Nah, di jurusan paling banyak peminatnya ini, kalian akan banyak mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera.

Baca Juga:

Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia. Adapun akreditasi program studi Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma terakreditasi B oleh BAN-PT.

Fakultas Teknik

Teknik Sipil (Terakreditasi B)

Studi Sipil ini kalian akan banyak belajar tentang perencanaan/perancangan, desain dan konstruksi, manajemen dan konservasi sebuah bangunan. Rekayasa Hidrologi, Struktur Bangunan, Mekanika Fluida, sampai Estimasi Biaya , adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari di perkuliahan teknik sipil. Adapun akerditasi Teknik Sipil Wijaya Kusuma ini sudah  terakreditasi B.

Teknologi Industri Pertanian (Terakreditasi B)

Mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang pengelolaan Teknologi dan Pangan, yang mana nanti kalian akan banyak belajar bangamana pengelolaan bahan makanan pasca panen khususnya.

Oh iya,  beberapa mata perkuliahan yang akan kalian pelajari tak bisa jauh dari bahan makanan ya Sob,  mulai dari Mikrobiologi Pertanian, Satuan Operasi Industri (SOI) Pangan, Sanitasi  bahan Pangan dan masih banyak lagi. Adapun akerditasi jurusan ini sudah  terakreditasi B.

Teknik Informatika (Terakreditasi B)

Jurusan ini pada dasarnya orientasinya menjadikan para lulusannya menjadi seorang yang  unggul dan kompeten dalam bidang programmer, manager teknologi informasi, perancang sistem informasi, konsultan teknologi informasi, analisis dan administrator, computer network administrator dan masih banyak lagi. Adapun akreditasi jurusan  ini sudah mendapat nilai B.

Fakultas Sains dan Bahasa

Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi B)

Program Studi Bahasa Inggris  Wijaya Kusuma akan mengoptimalkan  para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam bidang komunikasi bahasa inggris baik verbal atupun non verbal. Jenjang karir yang  ditawarkan jika kalian bergabung di prodi ini bisa menjadi English  perbankan, penerjemah di sebuah lembaga, Torism Gaite, Kesekretariatan Praktis, pengajar bahasa  dan masih banyak lagi. Adapun jurusan ini sudah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( Terakreditasi C)

Mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang profesi pengajar, mentor atau guru, khususnya dalam penerapanya di Pendidikan Sekolah Dasar. Sayangnya jurusan ini masih terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasionla Perguruan Tinggi.

Baca Juga:

Sosio-Antropo Pendidikan SD, Perkembangan Peserta Didik, sampai Bimbingan Konseling merupakan beberapa mata kuliah yang bakal kalian pelajari di jurusan PGSD ya Sob.

Pendidikan Matematika (Terakreditasi B)

Mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang profesi pengajar, mentor atau guru, khususnya dalam penerapanya ilmu Matematika. Di studi ini Sob, kalian nanti akan banyak belajar seperti penerapan rumus  aljabar, pola perhitungan geometri, hingga matematika diskrit. Adapun akreditasi jurusan ini sudah mendapat nilai B ya sob dari BAN-PT.

Pendidikan Biologi (Terakreditasi B)

Jurusan Pendidikan Biologi Wijaya Kusuma mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang profesi pengajar, mentor atau guru, khususnya studi Biologi. Botani Tumbuhan Tinggi, Zoologi Vertebrata, sampai Fisiologi Tumbuhan adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan ini. Adapun  akreditasi program studi ini mendapat nilai B dari BAN-PT.

Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (Terakreditasi B)

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Wijaya Kusuma akan mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam bidang komunikasi bahasa Indonesia dengan memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Jenjeng karir yang  ditawarkan jika kalian bergabung di prodi ini bisa menjadi, Kurator dan penyunting bahasa, jurnalis, penulis, esais  dan profesi guru bahasa Indonesia. Adapun jurusan ini sudah terakreditasi B dari BAN PT ya. Bagaimana, sampai sini kalian sudah menemukan jurusan yang sesuai dengan kalian?

Fakultas Pertanian

Agribisnis (Terakreditasi B)

Pada studi ini nantinya di Universitas Wijaya Kusuma mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang  pengelolaan Pertanian. Sosial Ekonomi Pertanian adalah nama lain jurusan ini.

Baca Juga:

Oh iya, selain mempelajari pertanian, jurusan Agribisnis akan banyak mempelajari manajemen dan pengelolaan keuntungan, sampai pemasaran produk pertanian yang dihasilkannya. Adapun akreditasi jurusan  ini sudah mendapat nilai B.

Agroteknologi (Terakreditasi B)

Terakreditasi B oleh BAN-PT orientasi pada studi Agroteknologi Wijaya Kusuma akan mengoptimalkan  para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang Tanaman dan pertanian, kalian nanti akan banyak belajar tentang mengelola tanaman, lahan, hama, dan ekosistem, dengan upaya untuk menghasilkan produk yang aman dan berdaya saing.

Fakultas Ekonomi

Manajemen (Terakreditasi B)

Orientasi lulusan jurusan ini menjadikan seorang yang kompeten dan unggul di bidang ekonomi bisnis. Pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, perekrutan sumber daya manusia adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika kuliah di jurusan ini. Adapun akreditasi jurusan ini mendapat nilai B.

Ekonomi Pembangunan (Terakreditasi B)

Di jurusan ekonomi pembangunan ini orientasinya berupaya  mengoptimalkan para lulusannya kompeten di bidang penerapan ekonomi di perusahaan atau korporasi. Nantinya kalian akan banyak mempelajari bagaiamana  Menganalisa koorpertais yang baik, Penerapan ekonomi dipelbagai sektor, evaluasi korporat dan masih banyak lagi pembelajaran menarik lainnya. Adapun akreditasi jurusan ini mendapat nilai B.

Akuntansi (Terakreditasi B)

Dengan akreditasi B dari BAN-PT,  mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam akuntan internal, akuntan public selain itu peluang berkarir bidang ini bisa menjadi auditor, analis keuangan dan masih banyak lagi.

Fakultas Kedokteran Hewan

Pendidikan Dokter Hewan (Terakreditasi B)

Jurusan Pendidikan Pendidikan Dokter Hewan Wijaya Kusuma mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten di bidang  penaganan pelbagai permasalahan terkait kesehatan hewan mulai dari hewan peliharaan, hewan ternak, hingga hewan liar.  Adapun Anatomi, Zoonosis, fisiologi, dan siklus hidup hewan, adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan ini. Adapun  akreditasi program studi ini mendapat nilai B dari BAN-PT.

Program Profesi

  1. Profesi Dokter (Terakreditasi B)
  2. Profesi Dokter Hewan (Terakreditasi C)

Program Pascasarjana Magister

  1. Ilmu Hukum (Terakreditasi B)
  2. Akuntansi (Terakreditasi B)
  3. Manajemen Agribisnis (Terakreditasi B)

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Wijaya Kusuma

uwks
Kegiatan Sosialisasi Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma.

Pelbagai jenis Beasiswa yang  tersedia di Universitas Wijaua Kusuma berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta, jadi kesempatan tersebut sayang jika tidak kalian manfaatkan. Untuk Informasi terkait detail beasiswa kalian bisa akses di laman resmi universitas ya Sob, sebab masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Adapun beberapa beasiswa tersebut di antaranya: beasiswa PPA (Pendidikan Akdemik), biaya peningkatan untuk berprestasi (BBP-PPA), dan masih banyak lagi. Selain itu, untuk Anda yang berprestasi juga disediakan beasiswa prestasi di tiga bidang yaitu bidang penalaran, bidang olahraga dan bidang seni.

Syarat Pendaftaran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

  1. Melampirkan STTB atau SKL sebagai bukti bahwa sudah lulus yang berasal dari sekolah .
  2. Melampirkan foto kopi SKHU atau Surat Keterangan Hasil Ujian dari sekolah
  3. Fotokopi nilai raport beberapa semester terakhir yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah.
  4. Foto kopi KTP (Kartu Tanpa Penduduk) atau KSK bagi yang sudah memilikinya
  5. Melampirkan pas photo terbaru berjumlah empat lembar dengan ukutan foto 3 x 3
  6. Persyaratan khusus untuk calon mahasiswa asing atau WNA adalah sebagai berikut :
  7. Melengkapi berkas dengan foto kopi visa (jika ada)
  8. Foto kopi paspor
  9. Tanda bahwa sudah mengurus izin untuk belajar dari kementerian riset teknologi dan pendidikan atau risetdikti
  10. Ijazah dari SMA asal yang sudah disetarakan kementerian pendidikan dan kebudayaan atau kemendikbud.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru sebesar Rp 750.000,00 (termasuk tes kesehatan dan tes IKJI), untuk fakultas kedokteran dan sebesar Rp 350.000,00 untuk fakultas non pendidikan dengan pilihan sesuai dengan IPS atau IPA.

Bagi kalian yang sudah dinyatakan lolos segera klakukan daftar ulang ya Sob, karena jika tidak tindak lanjut sampai pada batas yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri dan gugur masuk universitas Wijaya Kusuma. Oh iya, untuk pembayaran daftar ulang bisa dilakukan melalui bank Jatim.

Kesimpulan

Oke segitu dulu ya bahasan kita terkait Universitas Wijaya Kusuma, kampus swasta yang terletak di Dukuh Kupang, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya ini menawarkan banyak program studi dengan keunggulan masing masing di jurusannya. Sampai di sini, kalian tertarik mendafatar di jurusan apa? Atau masih bingung?

Baca Juga:

Yuk, ungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarkan fungsi dominan otak melalui Tes BRAIN Online hanya 5 Menit. Apabila ada kesalahan dalam penulisan di atas kalian bisa berikan kritik dan saran di kolom komentar ya Sob, hal ini juga akan membantu penulis intropeksi dan trus belajar dalam penyajian informasi seputar perguruan tinggi.  Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *