Apa Itu BRAIN Personality?

Pernahkah kamu mendengar tentang kepribadian otak (brain personality) atau kepribadian berbasis fungsi otak? Barangkali kamu juga bertanya-tanya tentang BRAIN Personalities apakah ini berkaitan dengan neuropsikologi.

Apa itu Tes BRAIN - BRAIN Test- BRAIN Personality - BRAIN Personalities - kecerdasan dominan - mesin kecerdasan - personality genethic

BRAIN Personalities adalah sebuah inventaris laporan diri (self-report inventory) yang dirancang untuk mengidentifikasi kecerdasan dominan, kepribadian, kekuatan dan kelemahan, dan preferensi seseorang.

Kuesioner dikembangkan oleh Puji Slamet Mulyadi dan menemukan konsep BRAIN yang berkaitan dengan teori Imam Ghazali, Carl Gustav Jung, Ned Herrmann, Paul MacLean, Ivan Pavlov, dan Farid Poniman.

Kini, BRAIN Personalities menjadi salah satu instrumen psikologi yang fenomenal yang dikenal dengan Tes BRAIN dan mampu menjelaskan dari berbagai sudut pandang teori.

Melalui artikel ini, kamu akan tahu bahwa konsep BRAIN menelurkan 5 kecerdasan dominan dan 22 kepribadian berbasis kecerdasan dominan yang berkaitan dengan fungsi belahan otak.

Pengembangan Tes BRAIN (BRAIN Test)

Penemu BRAIN, Puji Slamet Mulyadi, sangat terkesan dengan pemikiran Imam Ghazali tentang qalb dan ‘aql yang saling mempengaruhi nafsu dan syahwat. Dan, ia juga terkesan dengan konsep genethic personality dari Farid Poniman dan menjadi praktisi sejak 2017.

Pengembangan Tes BRAIN - BRAIN Test - BRAIN Personality Assessment - Kecerdasan dominan - mesin kecerdasan - struktur otak manusia

Suatu ketika ia menemukan bahwa istrinya tidak bisa mengikuti fingerprint assessment karena beberapa sidik jari dari jarinya terkelupas sehingga tidak terbaca. Karena kondisi ini, ia tidak bisa mengetahui mesin kecerdasan dan kepribadian sang istri.

Disisi lain, ia menemukan bahwa meski seseorang memiliki mesin kecerdasan dan kepribadian sama dari hasil fingerprint assessment, ternyata ada beberapa preferensi pemikiran dan perilaku yang berbeda.

Kondisi dan fenomena ini mendorong dirinya membuat kuesioner untuk mengungkap perbedaan tersebut lebih spesifik. Ia menguji alat psikometri BRAIN kepada istri, keluarga, dan beberapa anak saat di awal 2020 untuk membantu orang tua melakukan pendekatan belajar saat Pandemi Covid-19.

Pada akhirnya, ia berhasil menelurkan instrumen psikologi, Tes BRAIN untuk dewasa dan anak, berguna untuk mengungkap kecerdasan dominan, kepribadian, kekuatan dan kelemahan, dan preferensi seseorang yang berkaitan dengan fungsi belahan otak.

BRAIN Personality Assessment

Tes BRAIN Adults

Khusus usia baligh/remaja dan dewasa - asesmen psikometri - tatap muka online dengan BRAIN Konselor/Practitioner/Coach - durasi 30-45 menit - eCertificate

Tes BRAIN Kids

Khusus usia usia 4 tahun s/d pra baligh - asesmen psikometri diwakilkan orang tua/orang terdekat anak - tatap muka online dengan BRAIN Konselor/Practitioner/Coach - durasi 30-45 menit - eCertificate

Pengguna Tes BRAIN dari berbagai background
0

BRAIN Personalities Overview

BRAIN adalah singkatan dari Balancer, Reformer, Adventurer, Independent, dan Negotiator yang mewakili kecerdasan dominan yang berkaitan dengan fungsi dominan belahan otak manusia.

Penjelasan Tes BRAIN - BRAIN Personality Overview - BRAIN Test - BRAIN Personalities

Tes BRAIN (BRAIN Personality Assessment) menggunakan kuesioner prioritas sehingga mengajak pengguna untuk berpikir lebih dalam terhadap diri mereka. Ini akan memberikan kesempatan bagi diri mereka untuk menelaah diri secara lebih objektif dan fokus.

Instrumen ini menggunakan tujuh skala yaitu, cerebrum kanan, cerebrum kiri, limbik kanan, limbik kiri, midbrain, serta ekstrovert dan introvert.

Kecerdasan Dominan dan Belahan Otak

Balancer

midbrain & cerebellum dominant

Reformer

right-cerebrum dominant

Adventurer

left-limbic dominant

Independent

left-cerebrum dominant

Negotiator

right-limbic dominant

Kepribadian

Ekstrovert

Stimulus eksternal

Introvert

Refleksi internal

Ambivert

Kombinasi ektrovert dan introvert

Tipe Kepribadian BRAIN

Penggembangan konsep BRAIN Personalities melalui berhasil mengungkap 5 kecerdasan dominan dan 22 kepribadian manusia.

BRAIN Personality Types - Tipe Kepribadian BRAIN - Jenis Kepribadian Otak

Kecerdasan dominan mewakili fungsi dominan belahan otak disertai jenis kepribadian ekstrovert, introvert, dan ambivert.

Balancer

Balancer

right brain dominant ekstrovert

Balancer

right brain dominant introvert

Balancer

left brain dominant ekstrovert

Balancer

left brain dominant introvert

Balancer

midbrain dominant ambivert

Balancer

right brain generalist ekstrovert

Balancer

right brain generalist introvert

Balancer

left brain generalist extrovert

Balancer

left brain generalist introvert

Balancer

cerebellum dominant ambivert

Reformer

Ekstrovert

right-cerebrum dominant

Introvert

right-cerebrum dominant

Ambivert

Kombinasi ektrovert dan introvert

Adventurer

Ekstrovert

left-limbic dominant

Introvert

left-limbic dominant

Ambivert

Kombinasi ektrovert dan introvert

Independent

Ekstrovert

left-cerebrum dominant

Introvert

left-cerebrum dominant

Ambivert

Kombinasi ektrovert dan introvert

Negotiator

Ekstrovert

right-limbic dominant

Introvert

right-limbic dominant

Ambivert

Kombinasi ektrovert dan introvert

Tidak ada tipe kepribadian yang terbaik dari yang lain, yang ada hanya keunikan untuk menggali potensi diri dan saling bekerjasama.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri untuk saling mengenal dan menghormati sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Mengetahui.

Perbedaan Konsep BRAIN dari Instrumen Lain

DAFA (detail, akurat, fleksibel, dan aplikatif) sepertinya relevan untuk menjelaskan perbedaan konsep BRAIN dari instrumen assessment lainnya.

Perbedaan Konsep BRAIN dengan konsep kepribadian lain - Konsep BRAIN - BRAIN - BRAIN Personality

Perbedaan ini menjadikan Tes BRAIN lebih mudah untuk digunakan baik secara online maupun offline.

Uji Tes Kepribadian - Riset Tes Bakat - Tes Kecerdasan otak
Tes Kepribadian akurat
Tes Kepribadian BRAIN - Tes BRAIN - BRAIN Test - Detail - Akurat - Fleksibel - Aplikatif
Riset Tes Bakat - Riset Tes Kepribadian - Tes Kecerdasan dominan

#1 Detail

Konsep BRAIN menjelaskan bias terkait hasil fingerprint assessment berbasis pendekatan psikologi genetika. Konsep ini menyuguhkan 5 kecerdasan dominan dan 22 kepribadian sehingga mampu menjelaskan hasil asesmen lebih detail.

Tidak ada manusia yang diciptakan serupa relevan dengan konsep BRAIN. Komposisi kecerdasan manusia tidak ada yang sama meski sama-sama memiliki satu otak. Inilah yang menjadikan konsep ini lebih detail meski seseorang kesamaan jenis kecerdasan dan kepribadian.

Keakuratan asesmen kepribadian - akurasi tes bakat
Akurat - Tes Kepribadian - Tes bakat
Tes kepribadian akurat - tes bakat detail - tes potensi diri
Coaching Leadership - Growth Mindset

#2 Akurat

Apa yang menyebabkan Tes BRAIN lebih akurat? Konsep BRAIN menyoroti fungsi otak dominan yang cenderung sering digunakan dan merupakan watak asli seseorang. Hal ini berbeda dengan asesmen berdasarkan perilaku yang cenderung bisa berubah-ubah hasilnya.

Pemetaan berdasarkan fungsi otak dominan menelurkan 5 kecerdasan dominan manusia dalam Tes BRAIN, yaitu balancer, reformer, adventurer, independent, dan negotiator yang disingkat BRAIN.

Hingga awal tahun 2023, Tes BRAIN telah mencatat lebih dari 800 pengguna. Para pengguna menyatakan bahwa hasil tes dan penjelasannya begitu akurat dan mampu menjelaskan secara detail apa yang ada dalam diri mereka.

konseling online di handphone - konsultasi online di HP - one-on-one - online BRAIN Personality Counseling
Konsultasi online- konseling online - konseling BRAIN - konsultasi Tes BRAIN - BRAIN Test
Konseling dan Konsultasi Tes BRAIN - BRAIN Test - Akurat dan fleksibel
Konseling tatap muka - konselor - konselor BRAIN - konsultasi kepribadian - konsultasi bakat

#3 Fleksibel

Tes psikometri BRAIN bisa digunakan kapan saja dan dimana saja asalkan selama memiliki akses internet dan mampu membaca fasih.

Bahkan, penggunaan Tes BRAIN Kids, khusus asesmen usia 4 - 10 tahun (mendekati awal remaja) bisa digantikan oleh orang lain yang memiliki hubungan dekat dengan anak.

Tes pasutri - tes kepribadian pasangan - tes jodoh - couple test - couple assessment - personality
Tes minat bakat - tes kepribadian BRAIN - BRAIN Personality Assessment - Personality brain-based assessment
Tes BRAIN aplikatif - tes kepribadian aplikatif - tes bakat aplikatif - tes minat bakat
Tes minat bakat- Tes kepribadian - Tes Jurusan kuliah - Tes potensi diri -

#4 Aplikatif

Pendekatan berbasis kecerdasan dominan dan kepribadian yang menghasilkan hasil asesmen yang jelas dan tetap, menjadikannya BRAIN lebih aplikatif. Konsep BRAIN juga lebih mampu menjelaskan dari berbagai sudut pandang teori.

Penggunaan Konsep BRAIN yang aplikatif membuatnya bisa dikaitkan dengan berbagai bidang keilmuan, seperti pola belajar (learning style), profesi, pola asuh, couple relationship, leadership, human resources, dan bidang-bidang lain.

Reliabilitas dan Validitas Tes BRAIN

Para pengguna Tes BRAIN mengakui bahwa hasil penjelasan dari hasil asesmen sangat cocok dengan diri mereka.

Reliabilitas Tes BRAIN - Validitas Tes BRAIN - BRAIN Personality Assessment - BRAIN Personalities

Ketika mengulang asesmen, hanya 1 pengguna yang mengalami perbedaan hasil, yaitu yang sebelumnya ekstrovert menjadi introvert dengan kecerdasan dominan sama.

Studi komparatif antara Tes BRAIN dan fingerprint assessment telah dilakukan, menunjukkan bahwa memunculkan hasil dengan tipe kecerdasan dominan sama namun ada peralihan dari ekstrovert (fingerprint) ke introvert (Tes BRAIN) untuk rentan usia remaja dan dewasa usia lebih dari 40 tahun.

Tes BRAIN menunjukkan tipe kecerdasan dominan sama namun pada rentan usia ini seseorang cenderung lebih introvert dibandingkan usia muda.

Asesmen Karir Penunjang Konsep BRAIN

Bagaimanapun, potensi seseorang yang terungkap melalui Tes BRAIN masih membutuhkan pendekatan penunjang untuk memilih jurusan pendidikan atau profesi agar menghasilkan keputusan tepat.

Asesmen karir - career assessment - vocation assessment - tes jurusan kuliah - tes profesi - tes passion - tes kegigihan - TaSA - Talent to Success Assessment - profesi

Asesmen karir untuk mengukur passion dan kegigihan seseorang dibutuhkan dalam sesi pengembangan pembinaan karir (career coaching development).

Karena itu, Talent to Success Assessment (TaSA) akan sangat membantu proses pengembangan karir yang dikombinasikan dengan metode pembinaan (coaching method).

Khusus yang berencana melakukan pengembangan karir, mengikuti Tes BRAIN dan TaSA sangat kamu butuhkan untuk dapat menyadari potensi diri, melakukan refleksi objektif, dan menemukan solusi serta komitmen agar semakin dekat dengan tujuan karir.

Talent to Success Assessment (TaSA)

TaSA Adults

Khusus usia baligh/remaja dan dewasa - asesmen psikometri - tatap muka online dengan BRAIN Konselor/Practitioner/Coach - durasi 30-45 menit - eCertificate

TaSA Kids

Khusus usia usia 8 tahun s/d pra baligh - asesmen psikometri bisa diwakilkan orang tua/orang terdekat anak - tatap muka online dengan BRAIN Konselor/Practitioner/Coach - durasi 30-45 menit - eCertificate

Testimonials

“Membuka kesadaran saya akan kelebihan diri dari Tes BRAIN. Saya menemukan integrasi antara diri saya, nilai-nilai bisnis, dan personal brand untuk pertumbuhan perusahaan”
“Sangat membantu saya memetakan karir di bidang people development terkait menemukan pola dan strategi tepat, baik jangka menengah maupun jangka panjang”
Ari Yuda Laksmana
Ari Yuda Laksmana, Marketing Communications and Digital Director
“Semakin memahami diri saya dan budaya perusahaan sehingga menemukan solusi aplikatif terkait komunikasi efektif dalam tim.”
"BRAIN Coach is an experienced coach. He has good approaches in doing sessions by listening attentively. He could understand the clients' pace so that his clients felt welcomed and enjoyed the coaching process."
“Sesi coaching dengan BRAIN Career Coach sangat membantu menghasilkan insight yang bermanfaat untuk saya. Sesi coaching yang nyaman & efektif sekali. Beliau memiliki kompetensi yang qualified untuk memberikan sesi coaching, khususnya mengenai karir."
“Ada juga layanan Tes BRAIN yang memungkinkan saya memetakan kekuatan saya. Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan BRAIN Career Coaching dan pasti akan bekerja sama lagi dengannya di masa depan.”
Parenting Coaching - Family Coaching - Life Coaching - BRAIN Personalities
Leadership Coaching - Career Development Coaching - BRAIN Personalities - BRAIN Coaching

Visi BRAIN Personalities

Indahnya memahami dan membantumu serta masyarakat agar bertumbuh dan berkembang, baik karir maupun keluarga.

Memiliki visi menjadi partner bagi klien untuk mencapai tujuan karir dan keharmonisan keluarga sejahtera adalah sangat berharga dan bermakna yang selalu kami perjuangkan.

More Our Services

Karena kamu dan niat muliamu untuk menggapai impian dalam hidup dan keluarga, layanan-layanan terbaik ini ada.

BRAIN Career Coaching for Students - Siswa dan Mahasiswa

BRAIN Career Coaching for Students

Program pembinaan online tepat guna untuk pengembangan karir baik pelajar maupun mahasiswa berbasis kecerdasan dominan dan kepribadian.

BRAIN Career Coach for Professional

BRAIN Career Coaching for Professionals

Menemukan strategi perencanaan, implementasi, dan monitoring pengembangan karir bagi para profesional yang efektif dan terukur secara online.

leadership coaching - brain leadership - brain-based leadership - executive coaching - BRAIN Personalies

BRAIN Leadership Coaching

Program khusus bagi para leader mulai dari pemilik bisnis, manajer, atau supervisor untuk menemukan strategi memimpin organisasi menjadi lebih adaptif dan produktif secara online dan offline.

BRAIN Counseling - BRAIN Personalities - konseling online

BRAIN Counseling

Layanan konseling online yang memahami dan mendengarkan cerita dan pengalaman hidupmu di setiap level kehidupan untuk menemukan makna menjalani hidup yang bahagia dan bernilai.

Anak memahami Agama Islam secara mendalam - BRAIN Tahfidz Quran Coaching Program

BRAIN Couple Coaching

Pembinaan online untuk pasangan kekasih yang berencana ke jenjang pernikahan dan suami istri untuk membangun rumah tangga yang lebih harmonis.

BRAIN Writer for personal brand - penulis biografi - penulis artikel biografi - BRAIN Personalities

BRAIN Writer for Personal Branding

Menginspirasi orang lain melalui tulisan biografi yang kredibel berbasis kecerdasan dominan dan kepribadian untuk memberikan nilai positif bagi diri sendiri dan masyarakat.

Karena kamu, ada BRAIN Personalities

Biarkan kamu menjadi partner BRAIN Personalities dan berkembangan bersama untuk membangun diri, profesi, dan keluarga lebih baik dan bahagia.

BRAIN Personalities © 2023 All Rights Reserved.

Butuh bantuan, Sobat BRAIN?