Universitas Esa Unggul: Info Kuliah dan Beasiswa

Brainpersonalities.comBeragam universitas yang ada di Indonesia baik itu universitas negeri atau swasta memiliki keunggulan masing-masing di jurusan atau program pendidikan tertentu. Satu di antara universitas tersebut adalah Universitas Esa Unggul (Esa Unggul University) yang menyediakan banyak program studi bagi para calon mahasiswanya.

Selain itu, pendidikan tinggi di universitas juga memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Tentu saja, pendidikan tersebut akan sangat berguna dalam membangun masa depan para lulusannya nanti.

Di samping itu, pendidikan tinggi sarjana juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang membutuhkan jasanya.

Salah satu universitas swasta yang sangat terkenal dengan kualitas dan fasilitas pendidikannya yang bagus yaitu Universitas Esa Unggul. Kampus yang terkenal dengan sebutan Esa Unggul University ini berlokasi pusat di Jakarta Barat.

Lebih dari itu, cabang Universitas Esa Unggul ini juga tersebar di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya di wilayah Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Kemudian, fakultas di Universitas Esa Unggul juga terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan.

Kampus swasta ini juga menyediakan program perkuliahan kelas karyawan. Hal ini tentu merupakan kesempatan Sobat BRAIN yang berprofesi sebagai karyawan untuk bisa menempuh pendidikan tinggi sembari bekerja di instansi masing-masing.

Lalu, apa saja visi misi dan fasilitas pendidikan yang disediakan oleh Universitas Esa Unggul ini? Kemudian, apa saja fakultas dan jurusan yang ada di kampus tersebut serta akreditasi dan biaya kuliahnya?

Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang Universitas Esa Unggul beserta dengan program studi dan sistem perkuliahannya.

Contents

Tentang Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul dan Jurusan

Kampus yang biasa dikenal dengan sebutan UEU ini memiliki tagline berupa smart, creative, and entrepreneurial memiliki lebih dari 13.935 mahasiswa aktif dengan 10 fakultas dan 36 program studi di dalamnya, Sob.

Kampus Esa Unggul ini pertama kali didirikan pada tahun 1993 oleh Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa dan menjadikan kampus ini menjadi salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Jakarta.

Selain itu, visi misi universitas esa unggul  adalah menjadi perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreatifitas, dan kewirausahaan yang unggul terkait mutu pengelolaan dan hasil pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Kemudian, salah satu misi yang ingin dicapai oleh Esa Unggul Universisty ini yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan. 

Buat Sobat BRAIN yang penasaran dengan pucuk pimpinan universitas ini, saat ini Rektor Universitas Esa Unggul yang memimpin jabatan di kampus tersebut yaitu Dr. Ir. Arief Kusuma A.P., MBA, IPU.

Kampus yang dipimpinnya ini sudah memiliki akreditasi yang baik oleh BAN-PT dengan nilai B. Walaupun begitu, kualitas dan fasilitas yang diberikan oleh para dosen yang berjumlah sekitar 546 orang sangat baik di program perkuliahannya.

Lokasi Universitas Esa Unggul berpusat di Jakarta Barat yang mana juga memiliki cabang di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya yaitu Universitas Esa Unggul Bekasi dan Tangerang. 

Ikuti Tes BRAIN Online Gratis untuk Menemukan Jurusan Kuliah Terbaik

Fakultas dan Jurusan Universitas Esa Unggul

Fakultas dan Jurusan Universitas Esa Unggul

Beberapa fakultas di Universitas Esa Unggul sangat beragam dengan peminat yang sesuai di bidang tertentu. Jurusan untuk jenjang D3, D4, dan S1 di antaranya yaitu:

Fakultas Desain dan Industri Kreatif Esa Unggul University

Buat Sobat BRAIN yang ingin meniti karir di industri kreatif, Fakultas Esa Unggul Unversity ini menyediakan program pendidikan jenjang S1 yaitu:

S1 Desain Produk 

Jurusan desain produk di kampus Esa Unggul ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

S1 Desain Komunikasi Visual

Akreditasi pada jurusan perencanaan wilayah dan kota di Universitas jurusan desain komunikasi visual ini memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

S1 Desain Interior

Nilai akreditasi di jurusan perencanaan wilayah dan kota Universitas jurusan desain interior ini juga memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Esa Unggul University

Apabila Sobat BRAIN merasa punya arah potensi di bidang ekonomi dan bisnis, universitas swasta yang satu ini juga menyediakan prodi S1 dengan jurusan kuliah berikut ini:

S1 Manajemen bisnis

Akreditasi jurusan manajemen bisnis di Universitas jurusan manajemen bisnis ini sudah memiliki akreditasi A oleh BAN-PT. 

S1 Akuntansi Bisnis

Jurusan akuntansi bisnis di kampus Universitas akuntansi bisnis ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

Fakultas Teknik Esa Unggul University

Bicara tentang jurusan teknik, kamu juga dapat memilih jurusan kuliah dengan akreditasi yang memuaskan dari BAN-PT. Di antara jurusan teknik yang ada di Esa Unggul adalah berikut ini:

S1 Teknik Industri  

Akreditasi jurusan teknik industri di Universitas jurusan teknik industri ini sudah memiliki akreditasi baik sekali oleh BAN-PT. 

S1 Perencanaan Wilayah dan Kota 

Akreditasi jurusan perencanaan wilayah dan kota di Universitas jurusan perencanaan wilayah dan kota ini memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

D3 Survei dan Pemetaan 

Adapun akreditasi untuk jurusan D3 survei dan pemetaan di Universitas prodi survei dan pemetaan ini masih dalam proses penilaian akreditasi.

Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Esa Unggul University

Industri kesehatan senantiasa tumbuh dan membutuhkan lulusan terbaik dari unversitas jurusan kesehatan. Di fakultas ilmu kesehatan, Sobat BRAIN dapat memilih program studi Diploma dan Sarjana berikut ini:

S1 Kesehatan Masyarakat

Nilai akreditasi jurusan kesehatan masyarakat di Kampus Esa Unggul ini memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

S1 Ilmu Gizi

Jurusan ilmu gizi di Universitas Esa Unggul ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

  • Program Profesi: Dietisen – Ilmu Gizi

S1 Ilmu Keperawatan

Akreditasi di jurusan ilmu keperawatan Universitas Esa Unggul ini memiliki nilai akreditasi B oleh BAN-PT. 

  • Program Profesi: Profesi Ners

D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

Jurusan rekam medik dan informasi kesehatan di Universitas Esa Unggul ini memiliki akreditasi A oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

D4 Manajemen Informasi Kesehatan

Nilai akreditasi jurusan D4 manajemen informasi kesehatan di Universitas Esa Unggul ini memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

S1 Terapan Manajemen Informasi Kesehatan

Nilai akreditasi jurusan kesehatan masyarakat di Kampus Esa Unggul ini memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

S1 Bioteknologi

Akreditasi jurusan bioteknologi di Esa Unggul University ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT. 

S1 Farmasi

Apa akreditasi di jurusan farmasi Universitas Esa Unggul? Jurusan tersebut memiliki akreditasi B oleh BAN-PT. 

Fakultas Fisioterapi Esa Unggul University

Bagi Sobat BRAIN yang ingin kuliah jurusan fisioterapi, kampus swasta ini juga menyediakan prodi S1 Fisioterapi berikut ini:

S1 Fisioterapi

Nilai akreditasi jurusan fisioterapi di Esa Unggul University yaitu memperoleh nilai B oleh BAN-PT.

  • Program Profesi: Profesi Fisioterapi

Fakultas Ilmu Komunikasi Esa Unggul University

Mau kuliah jurusan komunikasi, Sob? Kamu juga dapat mengambil jurusan ilmu komunikasi jenjang sarjana berikut ini:

S1 Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi di Universitas Esa Unggul ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

Fakultas Ilmu Komputer Esa Unggul University

Semisal Sobat BRAIN ingin mendalami dunia digital berbasis informasi, Esa Unggul University menyediakan dua jurusan kuliah berikut ini:

S1 Teknik Informatika

Program studi teknik informatika di Kampus Esa Unggul ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

S1 Sistem Informasi

Akreditasi pada jurusan sistem informasi di Kampus Esa Unggul ini yaitu memperoleh nilai B oleh BAN-PT. 

Fakultas Hukum Esa Unggul University

Di bidang ilmu hukum, unversitas ini hanya menyediakan satu jurusan untuk jenjang S1 berikut ini:

S1 Hukum

Program studi hukum yang ada di Kampus Esa Unggul ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

Fakultas Psikologi Esa Unggul University

Apabila Sobat Ngobi punya cita-cita menjadi seorang psikolog, maka pendidikan S1 Psikologi harus ditempuh. Inilah jurusan psikologi di Esa Unggul University:

S1 Psikologi

Akreditasi pada jurusan psikologi di Kampus Esa Unggul ini yaitu memiliki nilai B dari BAN-PT. 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Esa Unggul University

Profesi guru adalah profesi yang mulia karena menjadi agen pencetak generasi emas suatu bangsa. Untuk menjadi guru, Sobat BRAIN dapat memilih jurusan pendidikan berikut ini:

S1 Pendidikan Guru SD (PGSD)

Nilai akreditasi pada jurusan PGSD di Esa Unggul University yaitu memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. 

S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Akreditasi pada pendidikan bahasa Inggris di Kampus Esa Unggul ini yaitu memiliki nilai B dari BAN-PT. 

Baca juga: Jurusan Kuliah di Universitas Harvard | Kampus Terbaik Dunia

Program Pascasarjana Universitas Esa Unggul

Program Pascasarjana Magister

Selain program reguler D3, D4, dan S1, kampus UEU ini juga memiliki program master pascasarjana yang unggul di bidangnya. Tentu saja, para lulusannya nanti diharapkan mampu menjadi tenaga profesional dan mampu berkompetensi di bidangnya masing-masing.

Lulusan pascasarjana di UEU ini diharapkan mampu menghasilkan alumni yang memiliki jiwa leadership, knowledge mastering, serta business mastering.

Di samping itu, program pascasarjana ini juga menyediakan program Universitas Esa Unggul kelas karyawan. Hal ini dikarenakan waktu kuliahnya yang tepat dan sesuai dengan jadwal para karyawan yang bekerja. Di antaranya yaitu:

  1. Kelas Malam : Senin s.d Jum’at Pukul 19.00 – 21.30 WIB.
  2. Sabtu Pagi     : Pukul 07.00 – 14.30 WIB.
  3. Sabtu Siang   : 14.30 -22.00 WIB.

Semua program dan jadwal perkuliahan tersebut menggunakan metode e-learning bagi para mahasiswanya. E-learning Universitas Esa Unggul tersebut merupakan proses belajar mengajar melalui Multi Access Learning (MAL) yang dimana bahan pembelajaran, tugas, dan quiz dapat diakses melalui internet selama 24 jam sehari.

Selain itu, ditambah pula dengan jam tambahan kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas selama satu semester.

Program Studi S2 Universitas Esa Unggul

Beberapa program studi yang bisa dipilihnya yaitu:

Magister Manajemen 

Program studi magister (S2) manajemen di Universitas Esa Unggul merupakan satu-satunya program magister yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tersebut memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam program kuliahnya.

Magister Administrasi Publik

Nilai akreditasi pada jurusan administrasi publik program magister di Universitas swasta ternama ini memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. 

Magister Akuntansi 

Akreditasi pada magister akuntansi di Kampus Esa Unggul ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT. 

Magister Hukum 

Nilai akreditasi program magister hukum Universitas Esa Unggul ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT. 

Magister Administrasi Rumah Sakit 

Akreditasi pada jurusan administrasi rumah sakit program magister di Esa Unggul University ini yaitu memperoleh akreditasi B dari BAN-PT. 

Magister Komunikasi 

Nilai akreditasi pada magister komunikasi di Esa Unggul University ini memiliki akreditasi C dari BAN-PT. 

Magister Ilmu Komputer

Akreditasi program magister ilmu komputer di Universitas University ini yaitu memiliki akreditasi C dari BAN-PT. 

Baca juga: Oxford University: Jurusan, Biaya, dan Beasiswa

Program Kelas Internasional Universitas Esa Unggul

Selain kelas reguler biasa, Esa University juga memiliki program khusus kelas internasional. Tentu saja, hal ini semakin menambah peminat para mahasiswa yang berkuliah di UEU dengan adanya program tersebut.

Beberapa fakultas dan jurusan di program kelas internasional ini yaitu:

Joint Degree

Kampus UEU ini juga menyediakan program joint degree yang dimana para lulusannya nanti akan mendapatkan dua gelar. Dalam hal ini, UEU bekerjasama dengan Nanjing Xiaozhuang University, China dengan program studi Informatics Engineering. 

Business Mandarin

Selain kelas bahasa Inggris, kampus UEU ini juga bekerjasama dengan Nanjing Xiaozhuang University, China untuk menyelenggarakan fakultas dan jurusan Business Mandarin. 

International Class

Inilah program kelas internasional berbahasa Inggris yang kebanyakan diikuti oleh para mahasiswa di UEU. Beberapa jurusan yang tersedia untuk program ini yaitu:

  1. Business Management.
  2. Accounting International.
  3. Informatics Engineering.
  4. Informatics System.
  5. Communication and Visual Design.

Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Esa Unggul

Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Esa Unggul University dapat melakukan pendaftaran online melalui website Universitas Esa Unggul, yaitu di https://siakad.esaunggul.ac.id.

Pendaftaran masuk Universitas Esa Unggul sendiri memiliki empat jalur masuk kelas reguler yang harus dipahami dengan baik sebelum memutuskan untuk mendaftar kuliah di UEU ini.

Beberapa jenis jalur masuk yang bisa dipilih yaitu:

Jalur Undangan

Bagi para mahasiswa yang masuk ke Esa Unggul University dengan jalur ini akan mendapatkan potongan uang pangkal sebesar 100% dengan melampirkan syarat:

  1. Nilai rata-rata raport kelas 1 dan 2 SMA/SMK tidak kurang dari 7.7.
  2. Melampirkan pula surat rekomendasi sekolah.

Jalur Raport

Pada jalur ini para calon mahasiswa dipersyaratkan untuk melampirkan nilai rata-rata raport kelas 1 dan 2 SMA/SMK tidak kurang dari 7.25.

Jalur Ujian Saringan Masuk

Pada jalur ini para calon mahasiswa akan mengikuti ujian tertulis dengan baik.

Jalur Beasiswa

Program jalur masuk melalui beasiswa ini disediakan bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang tertentu sesuai keahliannya.

Kemudian, biaya Universitas Esa Unggul 2021 ini memiliki perbedaan di tiap program studi dan fakultasnya dan sesuai dengan kebutuhannya. Rentang biaya kuliah per semesternya yaitu antara Rp 7 juta – Rp 11 juta.

Selain biaya kuliah per semester, biaya uang pangkal juga dibebankan kepada para mahasiswanya. Selain itu, terdapat pula biaya sebelum perkuliahan dan jas almamater yang harus dibayarkan.

Walaupun banyak biaya kuliah yang harus dibayarkan, para mahasiswa UEU ini dapat mendaftar dan mengikuti program beasiswa kuliah yang disediakan oleh kampus. Sehingga, biaya kuliah yang harus dibayarkan di UEU ini menjadi lebih ringan.

Beasiswa di Universitas Esa Unggul

Beasiswa di Universitas Esa Unggul

Para mahasiswa yang mengikuti program kuliah di Esa Unggul University juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang tersedia di kampus tersebut.

Selain beasiswa untuk program D3, D4, dan S1, beasiswa S2 Universitas Esa Unggul ini juga tersedia. Dengan banyaknya program Esa Unggul University beasiswa ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki.

Beberapa beasiswa yang tersedia yaitu:

Beasiswa Unggulan 100%

Program beasiswa unggulan Universitas Esa Unggul ini akan memberikan biaya full selama 4 tahun program perkuliahan. Tentu saja, beasiswa ini dikhususnya bagi para mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata minimal 8 di raport dan nilai ujian nasionalnya dengan beragam prestasi lain minimal di tingkat kabupaten. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan beasiswa ini dengan mudah.

Beasiswa Prestasi

Jenis beasiswa ini cukup berbeda dengan beasiswa unggulan. Beasiswa ini mensyaratkan adanya prestasi yang dimiliki dalam bidang olahraga atau seni dengan minimal tingkat provinsi. Selain itu, nilai rata-rata ujian sekolahnya memiliki nilai minimal 7.5. 

Beasiswa Indonesia Timur

Program beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang berasal dari daerah Indonesia Timur yang memiliki prestasi. Nilai rata-rata raport dan ujian nasional yang harus diperoleh minimal 7.5 dengan prestasi yang dimiliki minimal tingkat kabupaten.

Beasiswa Anak Guru SMA/SMK

Jenis beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki orang tua dengan profesi guru SMA/SMK. Jumlah total beasiswa yang akan didapatkan sebesar 35% saja dari semester 1-8 dengan syarat melampirkan FC KK dan SK pengangkatan sebagai orang tuanya sebagai guru. 

Ungkap Fungsi Dominan Otak dan Jurusan Kuliah dengan Tes BRAIN Online Gratis Di Sini

Alamat Universitas Esa Unggul

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Esa Unggul Univeristy ini memiliki empat cabang kampus yang tersebar di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Di antaranya yaitu:

Alamat Universitas Esa Unggul Jakarta

Kampus yang berlokasi di daerah Jakarta ini, beralamat lengkap di Jalan Arjuna Utara No. 9, Kebon Jeruk, Jakarta 11510. Lokasi kampus ini merupakan kampus utama dari Esa Unggul University.

Alamat Universitas Esa Unggul Tangerang

Selain daerah Jakarta, cabang kampus UEU ini juga berlokasi di daerah Tangerang, yaitu di Jalan Citra Raya Boulevard-Ecopolis SA Blok VD. 02, Citra Raya, Tangerang.

Alamat Universitas Esa Unggul Bekasi

Daerah Bekasi juga memiliki cabang Esa Unggul University yang berdiri kokoh. Alamat lengkapnya pun terletak di Jalan Harapan Indah Boulevard No. 2, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214. 

International Campus

Khusus untuk program kuliah internasional, lokasi kampusnya berbeda dengan program-program regular biasa. Kampus ini sering dijuluki dengan International Campus yang berlokasi di Jalan Raya Legok –Karawaci, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait Universitas Esa Unggul dengan program kuliah kelas reguler dan international campus nya. Di samping itu, beragam program studi dari jenjang D3, D4, S1, bahkan hingga program pascasarjana (S2) tersedia bagi para mahasiswanya.

Walaupun kampus UEU tersebut masih terakreditasi B oleh BAN-PT, kampus swasta tersebut sudah masuk di peringkat ketiga sebagai kampus swasta terbaik di Jakarta dengan beragam fasilitas pendidikan yang mumpuni.

Di samping itu, kampus Esa Unggul University juga menyediakan program beasiswa bagi para mahasiswanya yang berprestasi. Jadi, para mahasiswa tidak perlu khawatir terkait biaya kuliah di kampus tersebut.

Selain itu, kampus UEU ini juga menyediakan program perkuliahan bagi karyawan. Tentu saja, kelas karyawan tersebut sangat tepat dilakukan bagi para mahasiswa yang juga berstatus sebagai pekerja karyawan di instansi tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *