Oxford University: Jurusan, Biaya, dan Beasiswa

Oxford University (Universitas Oxford) Jurusan, Biaya, dan Beasiswa

Brainpersonalities.comOxford University merupakan universitas di Inggris yang menempati peringkat pertama dalam kategori universitas terbaik di dunia menurut The World University Ranking. Hal menjadikan setiap jurusan di Universitas Oxford (University of Oxford) sebagai tujuan utama setiap orang yang ingin kuliah di luar negeri.

Universitas Oxford adalah tempat kuliah bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi, sehingga universitas di Inggris ini tentunya merupakan universitas bergensi di dunia. Banyak tokoh yang terkenal di dunia antara lain yaitu Bill Clinton, Aung San Suu Kyi yang pernah menempuh pendidikan disana.

Sebelum menjelaskan lebih dalam terkait Universitas Oxford dan jurusannya, sangat menarik apabila Sobat BRAIN mengetahui tentang sejarah universitas tertua ini.

Bagi Sobat BRAIN yang ingin mengetahui lebih dalam terkait Universitas Oxford yuk simak penjelasan menganai sejarah, profil, lokasi, jurusan, dan fakta-fakta unik tentang fakultas dan jurusan di Oxford University S1 dan S2 berikut ini.

Sejarah Universitas Oxford

Sejarah University of Oxford

Universitas Oxford adalah universitas yang paling tua di dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan.

Masa lalu Oxford sangat menarik yaitu mencakup mulai dari mahasiswa yang riuh rendah sampai alumni- alumni yang begitu mengesankan.

Tidak ada tanggal resmi ketika universitas tertua di Inggris ini didirikan. Hanya saja ada catatan yang menunjukkan bahwa Oxford University ini mulai melakukan pengajaran kuliah pada tahun 1096.

Alhasil selama abad ke-12 University of Oxford sudah benar-benar mulai berkembang dan tumbuh. Dosen-dosen yang dihormati dari universitas ini mulai memberikan nasehat, ceramah, dan para mahasiswa berdatangan untuk tinggal serta belajar di Oxford.

Pada tahun 1967 Henry II tidak membolehkan mahasiswa Inggris menghadiri University of Paris. Hal ini yang menyebabkan jumlah Universitas Oxford meningkat cukup pesat.

Sudah sejak awal terjadi gesekan antara mahasiswa dengan penduduk kota. Hal ini yang menimbulkan kerusuhan sehingga banyak mahasiswa yang harus melarikan diri dari Oxford ke Cambridge dan mendirikan lembaga belajar mereka sendiri.  Kejadian ini terjadi pada tahun 1209, lembaga belajar ini bernama Universitas Cambridge.

Di abad ke-13 awal, perguruan tinggi didirikan dengan masing- masing bangunan dan tanah mereka sendiri, mereka didesak untuk pindah ke akomodasi universitas sebagai gantinya.

Mahasiswa pada saat itu tidak diperbolehkan untuk menginap dengan penduduk kota lagi sehingga mahasiswa-mahasiswa tersebut mau tidak mau harus tinggal di asrama College.

Sejarah Oxford University dan Politik di Inggris

Universitas merupakan pusat kontroversi politik dan agama yang berlangsung selama berabad-abad, sehingga menyebabkan perpustakaan rusak dan buku-buku dijual serta dihancurkan selama reformasi di abad ke-16.

Selain itu, dukungannya dari partai Royals selama Perang Saudara Inggris (1642- 1649)- terlepas dari kota yang mendukung penyebab Parlemen yang berlawanan. Akan tetapi, dari pertengahan abad ke-18, universitas memainkan peran yang sangat kecil dalam setiap konflik politik.

Pada tahun 1878, ruang akademik didirikan dengan tujuan khusus untuk wanita, dan pada tahun 1920, wanita diberikan keanggotaan penuh di universitas. Namun, sekarang ini semua perguruan tinggi mengakui baik itu pria maupun wanita.

Oxford University terkenal karena keunikan tradisinya termasuk dalam mengenakan pakaian akademis lengkap, ini digunakan untuk ujian, ruang formal (pakaian duduk dalam pakaian resmi) di perguruan tinggi serta dasi putih dan bola dasi hitam, hal ini tentunya sangat unik untuk Sekolah Tinggi Perorangan.

Universitas di Kota Oxford ini juga mempunyai alumni yang sangat mengesankan yaitu pemenang hadiah Nobel 58 ( yang telah belajar atau mengajar di Oxford), 27 Perdana Menteri Inggris, penulis terkenal seperti Lewis Carroll, JRR Tolkien, Philip Larkin, Vikram Seth serta WH Auden, bersama para aktor contohnya Michael Palin, Hugh Grant, dan Kate Beckinsale.

Tidak hanya itu Oxford juga bisa menghasilkan 12 saints serta 20 Archbishops of Canterbury.

Sekarang ini Universitas Oxford menerima lebih dari  aplikasi 19.000 dari siswa potensial si seluruh dunia tiap tahunnya, untuk sekitar tempat 3.200 hal ini berkat reputasinya sebagai pusat pengajaran, pembelajaran serta penelitian terdepan di dunia.

Baca juga: Jurusan di Universitas Harvard | Universitas Terbaik di Dunia

Profil Universitas Oxford

Profil University of Oxford

Universitas Oxford sudah berusia lebih dari 900 tahun. Dengan demikian, selama 9 abad itu mereka telah membangun reputasi sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

Di samping itu, Universitas Oxford mendapat predikat sebagai universitas terbaik dan juga kampus tertua di dunia. Sehingga universitas Oxford sudah menjadi merek yang bersifat global yang sangat dikagumi oleh banyak orang, dihormati serta terkenal di penjuru dunia.

Letak Oxford University

Apabila Sobat BRAIN yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas tertua di dunia ini, apakah kamu sudah tahu dimana lokasi Universitas Oxford ?

Bicara tentang lokasi kampus, di Inggris yang satu ini, Universitas Oxford terletak di kota tua Oxford yang mempunyai jarak sekitar 97 km di sebelah Barat Laut London.

Untuk Sobat BRAIN bisa menempuh Universitas Oxford London dalam satu jam perjalanan menggunakan kereta. Pada saat ini universitas Oxford mempunyai kurang lebih 240 gedung yang terdapat di 13 lokasi yang berbeda.

Nuansa internasional di universitas Oxford sangat terasa. Pada saat ini terdapat sebanyak 24 ribu mahasiswa yang terdiri dari 40%  mahasiswa asing.

Di samping itu, Oxford memiliki jumlah penduduk sekitar 150 ribu jiwa sehingga para mahasiswa universitas Oxford turut menyumbang  sebanyak 16% dari seluruh populasi kota.

Suasana di Universitas Oxford

Suasana di Universitas Terbaik Dunia

Dengan menempuh pendidikan universitas Oxford maka Sobat BRAIN akan dibuat nyaman dari sistem belajarnya. Tidak hanya itu, Oxford merupakan kota impian yang mempunyai pemandangan kota sangat menakjubkan.

Terdapat banyak bangunan kuno yang dijadikan ikon kota yaitu diantaranya museum Ashmolean, gedung teater Sheldonian, perpustakaan Bodleian dan kampus itu sendiri.

Hal lain yang mendukung nyamannya belajar di Universitas Oxford yaitu Oxford dipenuhi dengan ruang hijau, terdapat sungai di tengah kota, taman botani yang sangat luas dan taman kampus yang indah.

Meskipun bukan merupakan kota yang besar, Sobat BRAIN yang ingin menempuh pendidikan disini tidak akan merasa kesepian di sini.

Di pusat kota Oxford juga mudah menemukan banyaknya bioskop, kafe, toko serta restoran. Sehingga walaupun Oxford merupakan kota tua dengan hadirnya mahasiswa membuat kota ini selalu tampak dinamis.

Kini, Alumni Oxford yang berjumlah lebih dari 250 ribu alumni telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Banyak prestasi besar yang telah dicapai oleh alumni yaitu diantaranya 26 hadiah nobel, 120 medali olimpiade serta lebih dari 30 alumni pernah menjadi pemimpin negara.

Banyak alumni yang terkenal yaitu diantaranya Bill Clinton, Tony Balir, Indira Ghandi, Hugh Grant, Stephen Hawking, Richard Dawkins. Dan sekitar 26 Perdana Menteri Inggris telah menjadi bagian dari alumni Universitas Oxford.

Ikuti Tes Kepribadian BRAIN Online Gratis Sebelum Memilih Jurusan

Universitas Oxford dan Berbagai Jurusannya

Universitas Oxford dan Berbagai Jurusannya

Universitas Oxford  terdiri dari 44 college yang setiap college-nya mempunyai ciri khas dan keunikan. College itu bersifat otonom, sehingga mereka berhak untuk menentukan peraturan sendiri.

Tidak ada college yang menawarkan seluruh jurusan, dengan demikian Sobat BRAIN harus memilih college yang mengajarkan prodi di Oxford University yang Sobat BRAIN cari.

Secara akademik, fakultas serta jurusan University of Oxford ada di bawah divisi akademik. Ada empat divisi akademik di Universitass Oxford yaitu diantaranya (1.) Humanities (Humaniora), (2.) Mathematical, Physucal, and Life Sciences (Matematika, Fisika dan Ilmu Hayati), (3.) Medical Sciences (Ilmu Kesehatan) dan (4) Sosial Sciences (Ilmu Sosial).

Agar Sobat BRAIN lebih mengenal jurusan di Oxford University, di bawah ini ada beberapa fakultas serta jurusan di Universitas yang ada di Oxford tersebut.

Oxford Humanities (Divisi Humaniora)

Humanities (Divisi Humaniora)

Salah satu divisi yang menarik di University of Oxford adalah divisi humaniora. Yuk simak Jurusan di Universitas Oxford Inggris berikut ini!

  1. Institut Amerika (Rothermere American Institute).
  2. Sekolah Kesenian (Ruskin School of Art).
  3. Fakultas Klasik (Faculty of Classics)
  4. Fakultas Bahasa dan Sastra Inggris (Faculty of English Language and Literature)
  5. Faculty of History (Fakultas Sejarah).
  6. Faculty of Linguistics, Philology and Phonetics and Phonetics Laboratory (Linguistik, Filologi dan Fonetik).
  7. Fakultas Bahasa Abad Pertengahan dan Modern (Faculty of Medieval and Modern Languages)
  8. Faculty of Music (Musik).
  9. Faculty of Oriental Studies (Studi Oriental).
  10. Fakultas Filsafat (Faculty of Philosophy).
  11. Faculty of Theology and Religion (Teologi dan Agama).

Oxford Mathematical, Physical, and Life Scienses

Oxford Mathematical, Physical, and Life Scienses

Buat Sobat BRAIN yang lebih tertarik dengan jurusan berkaitan dengan matematika, fisika, atau sains, jurusan-jurusan yang ada di Oxford University dapat kamu pilih. Inilah beberapa jurusan sains di Oxford University :

  1. Kimia (Department of Chemistry).
  2. Ilmu Komputer (Departement of Computer Science).
  3. Ilmu Bumi (Departement of Earth Sciences).
  4. lmu Teknik (Department of Engineering Sciences).
  5. Material (Department of Materials).
  6. Institut Matematika (Mathematical Institute).
  7. Fisika (Department of Physics).
  8. Ilmu Tumbuhan (Department of Plant Sciences).
  9. Statistik (Departement of  Statistics)
  10. Zoologi (Department of Zoology).

Medical Sciences of Oxford University (Divisi Ilmu Kesehatan)

Medical Sciences (Divisi Ilmu Kesehatan)

Selain itu, Universitas Oxford juga memiliki jurusan di bidang kesehatan, Sob. Jurusan kedokteran, psikologi, atau ilmu bedah ada di universitas yang ada di Inggris ini.

Sobat BRAIN dapat menyimak beberapa jurusan sains kesehatan di Oxford University berikut ini :

  1. Biokimia (Departement of Biochemistry).
  2. Kedokteran Klinik (Nuffield Department of Clinical Medical).
  3. Neurosains Klinis (Nuffield Departement of Clinical Neurosciences).
  4. Psikologi Eksperimental (Departement of Experimental Psychology).
  5. Kodekteran (Radcliffe Department of Medicine).
  6. Onkologi (Department of Oncology).
  7. Ilmu Ortopedi, Rematologi dan Muskuloskeletal (Nuffield Department of Orthopaedics, Rheumatology and Musculoskeletal Sciences).
  8. Pediatri (Department of Paediatrics).
  9. Patologi (Sir William Dunn Shool of Pathology).
  10. Farmakologi (Department of Pharmacology).
  11. Fisiologi, Anatomi & Genetika (Department of Physiology, Anatomy and Genetics).
  12. Kesehatan Penduduk (Nuffield Department of Population Health).
  13. Ilmu Kesehatan Perawatan Primer (Nuffield Department of Primary Care Health Sciences).
  14. Psikiatri (Department of Psychiatry).
  15. Ilmu Bedah (Nuffield Department of Surgical Sciemces).

Oxford Social Sciences (Divisi Ilmu Sosial)

Social Sciences (Divisi Ilmu Sosial)

Jurusan sains sosial juga dapat pelajari ketika kuliah di Universitas Oxford, Sob. Di antara jurusan ilmu sosial yang ada di Oxford University adalah sebagai berikut :

  1. Antropologi (School of Anthropology and Museum Ethnography).
  2. Arkeologi (School of Archaelogy).
  3. Sekolah Bisnis.
  4. Ekonomi (Department of Economics).
  5. Pendidikan (Department of Education).
  6. Geografi dan Lingkungan (School of Geography and the Environment).
  7. Studi Global serta Area (School of Interdisciplinary Area Studies).
  8. Pemerintahan (Blavatnik School of Goverment).
  9. Pengembangan Internasional (Department of Internasional Development).
  10. Hukum (Faculty of Law).
  11. Politik dan Hubungan Internasional (Departement of Politics and International Relations).
  12. Kebijakan dan Intervensi Sosial (Department of Social Policy and Intervention).
  13. Sosiologi (Department of Sociology).

Nah itulah jurusan- jurusan yang ada universitas Oxford.  Untuk informasi tambahan bahwa di universitas Oxford jurusan Filsafat, Bahasa Modern, Geografi, serta bahasa Inggris dan Sastra menjadi unggulan karena mempunyai peringkat tinggi dalam QS World Uniersity Rangking by subject.

Biaya Kuliah di Oxford University

Biaya Kuliah di Oxford

Bicara soal biaya kuliah, Universitas Oxford sama halnya dengan kebanyakan universitas di Inggris.  Biaya kuliah di Oxford University juga dibedakan dari kewarganegaraan. Mahasiswa dari UK, Uni Eropa, ataupun non Uni Eropa akan diberlakukan biaya kuliah yang berbeda-beda.

Mahasiswa asing akan dikenai biaya kuliah yaitu sebesar antara 24.750 sampai 34.678 Poundsterling atau apablia dirupiahkan menyentuh Rp 445 sampai Rp 625 juta per tahun.

Biaya kuliah di Universitas Oxford memang sangat tinggi, Sob.  Hanya saja hal ini dikarenakan Oxford University merupakan universitas terbaik sehingga biaya yang dikeluarkan otomatis tidak bisa dibandingkan dengan universitas-universitas lainnya.

Namun, sebetulnya biaya kuliah Oxford lebih murah apabila dibandingkan dengan universitas di Amerika Serikat.

Biaya kuliah di universitas Oxford yang terkenal mahal janganlah sampai menghalangi kamu untuk menggapai mimpi kalian, SOb. Untuk Sobat BRAIN janganlah khawatir akan hal ini dikarenakan banyak beasiswa University of Oxford yang tersedia bagi pelajar berprestasi di Indonesia.

Meskipun persaingan kuliah Universitas Oxford cukup susah dan ketat, janganlah  mudah untuk menyerah, Sobat BRAIN harus mencoba dan giat belajar yang diiringi dengan doa.

Dengan demikian apabila kamu takut untuk mencoba terlebih dahulu maka Sobat BRAIN tidak akan tahu kemampuan diri sendiri sebenarnya sebelum kalian bertanding atau mencoba untuk mendaftar kuliah di University of Oxford.

Temukan Jurusan Kuliah Tepat Sesuai Potensi Diri dengan Tes BRAIN Online Gratis

Beasiswa Oxford University

Beasiswa Oxford University

Adapun beasiswa Universitas Oxford yang dapat kamu daftar yaitu beasiswa Chevening, Jardine Foundation, Reach Oxford Scholarship, dan Simon and June Li Scholarship.

Pertanyaannya, bagaimana jika sudah mendaftar dan tetap gagal untuk meraih beasiswa tersebut?

Tenang saja. Soalnya, Sobat BRAIN akan dikasih solusi agar mendapatkan beasiswa di Oxford University.

Tentunya jumlah pendaftar beasiswa ke Inggris sangat banyak. Misalkan gagal mendapat beasiswa-beasiswa kuliah di Oxford tersebut, jangan sampai kamu berputus asa, Sob.

Contohnya, Sobat BRAIN bisa bekerja sambil kuliah di Oxford. Di Inggris banyak sekali lowongan kerja part time yang terbuka buat mahasiswa. Dengan bisa bekerja part time maka mampu membantu menutup kebutuhan hidup sehari-hari.

Cara Daftar Kuliah di Universitas Oxford

Cara Daftar Kuliah di Universitas Oxford

Universitas Oxford memang sangatlah menarik minat mahasiswa dari mana saja. Setiap tahunnya, jumlah rata-rata pendaftaran Oxford University menerima lebih dari 20 ribu aplikasi guna untuk memperebutkan kurang lebih 3.250 kursi mahasiswa.

Untuk Sobat BRAIN yang ingin kuliah di Universitas Oxford, maka harus mendaftar secara online melalui website www.ucas.com satu tahun sebelum perkuliahan dimulai.

Pada aplikasi UCAS akan dibuka pada awal bulan Juni dan ditutup pada tanggal 15 Oktober jam 18.00 waktu Inggris. Pada aplikasi UCAS, calon mahasiwa harus memberikan data seperti berikut ini :

  • Data pribadi.
  • Data riwayat pendidikan serta prestasi yang pernah diraih atau dicapai.
  • Personal statement program studi yang telah dipilih beserta alsannya.
  • Referensi.

 Sekedar informasi untuk pendaftaran Universitas Oxford melalui UCAS tidaklah gratis, melainkan kalian harus membayar sejumlah biaya guna menyelesaikan proses aplikasi.

Nah, setelah Sobat BRAIN menyelesaikan aplikasi UCAS maka kamu akan mendapat nomor entry atau nomor masuk sebagai peserta ujian, Sob.

Adapun tahapan berikutnya yang harus dijalani yaitu ujian tertulis, written work, serta wawancara. Seluruh test tersebut yang telah dirancang guna mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa.

Selanjutnya untuk hasil akhir kandidat telah terpilih akan diumumkan pada pertengahan Bulan Januari. Dengan demikian universitas akan membuat keputusan berdasarkan atas hasil tes secara keseluruhan.

Fakta Unik Universitas Oxford

Fakta Unik Universitas Oxford

Di sini penulis akan memberikan fakta- fakta menarik lainnya terkait universitas Oxford. Yuk simak uraian tentang fakta Universitas Oxford di bawah ini!

1. Oxford University Punya Perpustakaan Terbesar

Universitas Oxford mempunyai perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan koleksi  buku yang berjumlah sekitar 11 juta eksemplar.

2. Dijadikan Lokasi Syuting

Oxford University merupakan universitas yang digunakan sebagai tempat syuting dari film yang terkenal yaitu film Harry Potter. Dari  masa ke masa, waktu ke waktu, dari seluruh edisi film Harry Potter, lokasi atau tempat pengambilan gambar dilakukan di Universitas Oxford.

3. Alumni Oxford University Dicari Perusahaan

Universitas Oxford lebih mementingkan dunia riset dan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Internasonal, Sob. Alhasil, menyebabkan lulusan- lulusan dari University of Oxford sangat dicari para pelaku bisnis internasional.

4. Memiliki Tempat-tempat Unik

Universitas Oxford adalah ide tim pembuat film Harry Potter guna membuat konsep Sekolah Sihir Hogwarts dalam bentuk visual. Tempat-tempat yang ada di universitas terbaik di dunia ini sangat mencuri perhatian siapapun yang menontonnya dan di antara tempat menariknya yaitu Christ Church di universitas Oxford.

5. Tempat Berdirinya Christ Church

Christ Church merupakan gereja di dalam Universitas Oxford.  Christ Church merupakan salah satu gereja yang tergabung dalam satu gedung dengan kampus.

6. Kerjasama Riset dengan Indonesia

Terkait Malaria, Universitas Oxford pernah mengundang para peneliti, dosen, dan mahasiswa Indoensia untuk bekerja sama dalam melakukan penelitian di Inggris.

7. Suju Super Junior Kuliah di Universitas Oxford

Boyband asal korea, yaitu Super Junior atau dikenal dengan Suju, juga pernah memberikan kuliah umum di Universitas Oxford.

8. Oxford University Memiliki Lembaga Pers

Universitas Oxford juga mempunyai lembaga pers tingkat universitas dengan percetakan terbesar di dunia. Lembaga pers tersebut dikenal Oxford University Press (OUP).

9. Dinobatkan Jadi Universitas Terbaik di Dunia 11 kali

Pada tahun 2013, Times Good University Oxford Guide menjelaskan bahwa selama sebelas tahun berturut-turut Universitas telah berhasil menduduki posisi pertama dengan predikat universitas terbaik di dunia..

10. Universitas Luar Negeri yang Berpengaruh

Dengan meraih peringkat tersebut, maka Universitas  Oxford menjadi universitas yang sangat berpengaruh di dunia.

11. Memancing Kreativitas Calon Mahasiswa

Dalam melakukan proses penyeleksian mahasiswa di Universitas Oxford ada satu proses yang penting yaitu tahap interview. Pada tahap ini, para dosen atau akademisi akan sengaja menanyakan sesuatu yang berbeda.  Dengan hal itu maka dapat memancing kreativitas calon mahasiswa Oxford tersebut dalam berpikir.

Nah seperti itulah ulasan sejarah serta jurusan program studi, biaya, beasiswa, dan fakta-fakta menarik terkait dengan Universitas Oxford. Untuk Sobat BRAIN yang ingin melanjutkan kuliah disana semoga informasi ini membantu kamu, Sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *