Jurusan Kuliah Universitas Harvard | Universitas Terbaik di Dunia

Jursan unggulan di Universitas Harvard

Bagi para pembelajar sejati di dunia akademik, akan menjadi sesuatu yang membanggakan apabila bisa belajar di salah satu jurusan kuliah universitas Harvard sebagai universitas terbaik di dunia, Sob.

Tempat dimana berkumpul pejuang-pejuang untuk menempa diri menjadi lebih terpelajar dengan bertemu dengan berbagai mahasiswa pilihan dari penjuru dunia.

Perjuangan mereka pun bermacam-macam , lho. Ada yang berlatar belakang keluarga mapan.

Di sisi lain, banyak juga yang berjuang untuk memperoleh beasiswa dari kalangan keluarga menengah ke bawah.

Sobat BRAIN harus tahu, terlepas dari mana dan apa pun latar belakang keluarga, impian mereka sama yakni ingin belajar di universitas terbaik di dunia.

Yang terpenting Sobat BRAIN menentukan pilihan jurusan kuliah universitas Harvard terbaik sesuai bakat dan passion.

Karena dengan menemukan potensi diri dan mengenali kepribadian, Sobat BRAIN lebih tahan banting untuk mengasah diri menjadi expert.

Ketika Sobat BRAIN diterima untuk belajar di universitas terbaik , tidak hanya diri sendiri yang merasa bangga,  keluarga dan kampus tempat belajar sebelumnya juga ikut bangga.

Universitas Terbaik di Dunia

universitas kelas dunia harvard

Yang harus Sobat BRAIN tahu, penilaian universitas terbaik dunia melalui tahap yang tidak mudah, lho.

Setiap tahunnya, penilaian secara berkelanjutan di setiap universitas terus berlangsung.

Dibutuhkan kredibilitas yang tinggi selama bertahun-tahun untuk memperoleh predikat sebagai universitas terbaik di dunia.

Kriteria Universitas Terbaik Dunia

Untuk menilai dan menentukan apakah suatu universitas termasuk terbaik di dunia, ternyata terdapat empat aspek.

Keempat aspek penilaian itu adalah persence, visibility, excellence, dan tansparency.

Di antara keempat aspek tersebut terdapat aspek yang memiliki bobot tertinggi mencapai 50 %.

Aspek visibility ini ditentukan dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung dengan laman web institusi.

Jurusan Kuliah Universitas Harvard

Daripada bingung memikirkan bagaimana menentukan syarat penetapan jurusan kuliah terbaik di dunia, yuk lanjutkan saja menyimak salah satu universitas terbaik di dunia 2020 versi Webometrics Juli 2020 berikut ini!

Universitas Harvard

jurusan terbaik di Universitas Harvard

Universitas tertua di Amerika Serikat ini awalnya bernama New College ini didirikan pada 8 September 1636.

Nama Harvard sengaja disematkan karena sebagai bentuk penghormatan kepada penyumbang terbesarnya yakni John Harvard, Sob.

Ternyata beliau adalah seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge, lho. Akhirnya, nama belakangnya diabadikan sebagai nama salah satu universitas terbaik di dunia.

Buat Sobat BRAIN yang belum memiliki cita-cita belajar ke luar negeri dan menjadikan Universitas Harvard sebagai tujuan utamanya, sebaiknya mengenal lebih jauh tentang berbagai fakultas di sana, Sob.

Agar Sobat BRAIN memperoleh gambaran tentang berbagai fakultas dan jurusan yang disediakan, yuk simak penjelasan berikut ini!

Harvard Business School

jurusan bisnis di Universitas Harvard

Universitas bergengsi ini memang selalu mengundang banyak perhatian, Sob. Salah satu kebanggan dari Universitas Harvard adalah fakultas bisnisnya, lho.

Fakultas ini menawarkan empat program yakni Master of Business Administration (MBA), Executive Education, Harvard Business School Online, dan Program Doktoral.

Kalau dilihat dari statistik tahun 2019, program MBA terdapat 71 negara yang terdiri dari mahasiswa dari seluruh dunia mengikuti program ini, lho.

Kemudian, tercatat sebanyak 292 universitas dari penjuru dunia menyalurkan mahasiswa mereka mengikuti program MBA.

Dan, 43% di antara mahasiswa program MBA di fakultas ini adalah wanita. Wah, wanita saja rela belajar sampai ke luar negera.

Sobat BRAIN juga harus bersemangat sampai ke Fakultas Bisnis Harvard mewakili Indonesia dan menjadi bagian lulusan dari universitas terbaik di dunia, ya.

Di program Executive Education, pendidikan bagi para profesional yang ingin memperdalam pendidikan terkait profesi yang sedang ditekuni, ternyata diikuti oleh mahasiswa dari 146 negara.

Bagi yang memiliki keterbatasan, Fakultas Bisnis Harvard juga menyediakan pendidikan berbasis online, Sob.

Tidak tanggung-tanggung lho jumlah peserta mencapai 19.304 pendaftar. Mahasiswa internasional mencapai 44% dengan total mahasiswa wanita mencapai 37%, Sob.

Terus, bagaiamana dengan program doktoral? Peminatnya pun cukup tinggi, Sob.

Pendaftar sebanyak 131 peserta yang mana 48% di antaranya adalah dari peserta internasional dan 52% peserta didominasi oleh wanita, Sob.

Ingin tahun jumlah alumni dari Fakultas Bisnis Harvard? Berikut ini data statistik resmi jumlaah alumni fakultas ini tahun 2019:

  • Lulusan Program MBA sebanyak 47.104 alumni.
  • Program Executive Education sebanyak 37.124 almuni.
  • Lulusan program Doktoral sebanyak 843 almuni.
Faculty of Arts & Sciences

jurusan kesenian di universitas Harvard

Mungkin Sobat BRAIN lebih berminat melanjutkan pendidikan di bidang seni dan sains.

Sobat BRAIN bisa menengok Fakultas Seni dan Sains Universitas Harvard. Di sini anda bisa mengeksplorasi banyak hal terkait bidang ini.

Di Fakultas ini Sobat BRAIN akan dihadapkan pada dua orientasi pembelajaran.

Pertama adalah divisi akademik yang cenderung belajar berbasis teori dan lebih kepada penelitian ilmiah tertulis.

Sedangkan, divisi yang kedua adalah School of Engineering & Applied Sciences (SEAS) atau lebih dikenal dengan ilmu sains terapan.

Continuing Education

sekolah lanjutan di universitas harvard

Fakultas ini melayani para peserta didik dari berbagai jenjang yakni setingkat SLTA dan dewasa setara mahasiswa.

Sobat BRAIN bisa mempertimbangkan empat kategori pendidikan yang disesuaikan dengan usia, profesi, dan kebutuhan.

Keempat kategori itu adalah Extension School, Professional Development, Summer School, dan Learning at Retirement.

Nah, buat Sobat BRAIN yang ingin memulai pendidikan di Harvard mulai SLTA bisa banget untuk bergabung di Fakultas Pendidikan Lanjutan Harvard.

Harvard School of Dental Medicine

jurusan kesehatan gigi di Universitas Harvard

Apakah Sobat BRAIN memiliki cita-cita untuk berkarir di bidang kesehatan, khususnya kesehatan gigi?

Di Fakultas Kedokteran Gigi Harvard, Sobat BRAIN akan diajak untuk belajar dan meneliti di dunia kesehatan gigi.

Mulai dari laboraturium penelitian, kemudian melakukan penelitian seputar klinik kesehatan, pelayanan kesehatan, dan laporan kesehatan akan dipelajari, lho.

Dari fakultas inilah banyak lahir para dokter gigi profesional yang menjadi fasilitator kesehatan gigi di Amerika Serikat dan dunia.

Ingin melanjutkan pendidikan doktoral di sini? Tentu saja bisa karena fakultas ini juga menyediakan program PhD Biological Science in Medical Medicine, Sob.

Harvard University Graduate School of Design

jurusan teknik desain di Universitas Harvard

Punya keinginan menjadi arsitek, Sob? Kalau memang punya passion untuk menjadi seorang arsitek, Fakultas Pascasarjana Desain Harvard layak dipilih, lho.

Dunia desain dan digital sangat berkaitan erat yang memiliki industri tersendiri. Keduanya sejalan dengan tren perkembangan ilmu dan teknologi.

Fakultas ini menyediakan program pendidikan arsitektur, arsitektur lansekap, desain dan perencanaan tata letak kota, dan juga desain engineering, Sob.

Jadi, buat Sobat BRAIN yang suka dengan urusan desain web dan hal-hal yang relevan dengan bidang ini, bisa juga melanjutkan pendidikan di fakultas ini, lho.

Harvard Divinity School

apa itu harvard university

Ternyata di Universitas Harvard terdapat fakultas yang dikhususkan untuk mempelajari pengetahuan keagamaan, lho.

Fakultas Divinity Harvard sangat intens melakukan penelitian setiap agama dengan sudut pandang sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.

Sobat BRAIN bisa memilih mana yang sesuai dengan minat belajarnya. Secara umum, arah pendidikan di fakultas ini mengarah ke non-sekatarian studi agama dan teologi.

Harvard Graduate School of Education

lokasi universitas harvard

Banyak sekali mahasiswa Indonesia yang lulusan dari universitas yang menyandang gelar Sarjana 1 (S1).

Buat Sobat BRAIN yang bercita-cita melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar Master atau Doktor di bidang pendidikan, boleh juga menengok Fakultas Pendidikan Harvard.

Fakultas ini menyediakan beberapa program jurusan di antarannya adalah program anak usia dini, program pendidikan tinggi, dan program-program online.

Tentukan mana pilihan Sobat Ngobi dan jadilah profesional di bidang pendidikan yang mewakili Indonesia.

Harvard John A. Paulson School of Engineering & Applied Sciences

jurusan engineering terbaik di Universitas Harvard

Kalau Sobat BRAIN ingin menjadi seorang ahli ilmu teknik dan terapan, Universitas Harvard juga menyediakan fakultas engineering, lho.

Mulai dari Matematika terapan, komputasi, fisika, bio-engeenering, sain komputer, dan jurusan yang berkaitan dengan pengembangan teknologi ada di sana.

Mungkin Sobat BRAIN ingin menjadi penerus Mark Zuckerberg selanjutnya? Dia juga kuliah di teknik yang sekarang menjadi pengusaha start up kelas dunia.

Keren banget semisal ada pemuda Indonesia yang memperoleh gelar Master dari Fakultas Engineering Harvard. Mungkin Sobat BRAIN adalah pemuda itu.

Harvard Kennedy School of Government

jurusan kepemetintahan harvard universitas terbaik di dunia

Nah, buat Sobat BRAIN yang suka sekali membahas tentang pemerintahan, sangat disayang kalau energi yang digunakan hanya sekedar mengkritisi.

Lebih baik dialihkan untuk menekuni jurusan yang berikaitan dengan pemerintahan.

Fakultas Kepemerintahan Kennedy Harvard siap menampung mahasiwa berbakat seperti Sobat BRAIN yang ingin menjadi profesional di dunia pemerintahan atau kenegaraan.

Program yang ditawarkan pun sangat menarik meliputi program Master, pendidikan Eksekutif, program Doktor, kursus, dan Public Leadership Credential.

Bagaimana, Sob? Apakah Sobat BRAIN siap menjadi calon negarawan yang profesional dan berwawasan luas?

Tokoh Indonesia yang Kuliah di Universitas Harvard

Kurang lengkap rasa kalau Sobat BRAIN mempelajari Universitas Harvard tanpa mengetahui siapa sosok pemuda Indonesia yang pernah belajar di sana.

Indonesia memiliki sosok sukses yang memiliki karakter kuat yang telah terbukti mampu mendorong perubahan besar terhadap perekonomian nasional.

Yuk simak selengkapnya siapakah sosok pemuda lulusan universitas terbaik di dunia, Universitas Harvard!

Nadiem Makarim

Beliau adalah sosok pemuda yang dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, lho.

Sosok inspiratif, Nadiem Makarim, merupakan sosok utama dibalik kesuksesan Start Up Go-Jek yang kini telah menjadi perusahaan raksasa dan melakukan ekpansi ke pasar luar negeri, lho.

Sobat BRAIN harus tahu tentang Nadiem Makarim lebih jauh agar memperoleh inspirasi dan memajukan Indonesia. Nyatanya, beliau juga lulusan dari Universitas Harvard, Sob.

Adamas Belva Syah Devara

Sobat BRAIN pernah belajar online di Ruangguru? Lulusan dari Universitas Harvard yang menjadi agen perubahan di dunia pendidikan Indonesia dialah Adamas Belva Syah Devara.

CEO dari Ruangguru yang sekarang telah mendirikan platform kursus keahlian terapan secara online.

Berbicara tentang Devara kamu juga harus mencari tahu hal-hal inspiratif CEO Ruangguru ini, Sob. Tujuannya, agar semakin bersemangat meraih masa depan.

Keren-keren banget kan lulusan dari Universitas Harvard di atas, Sob? Indonesia bangga memiliki putra bangsa yang memiliki karya yang mampu berkontribusi terhadap kemajuan negeri.

Apakah Sobat BRAIN siap menjadi sosok pemuda sukses seperti mereka?

Penutup

Itulah informasi penting tentang jurusan kuliah Harvard sebagai universitas terbaik di dunia dan alumni-almuninya dari Indonesia yang telah sukses dan merubah dunia.

Sekarang, giliran Sobat BRAIN untuk milih jurusan kuliah terbaik di Universitas Harvard. 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *