Universitas Hayam Wuruk Surabaya: Info Kuliah dan Beasiswa

hayam wuruk surabaya
Universitas Hayam Wuruk Surabaya.

Stie Perbanas Surabaya adalah nama awal  penyelenggarakan program pendidikan yang dinamai Kursus Kader Bank Tingkat “A” untuk lulusan SLTP dan Kursus Kader Bank Tingkat “B” untuk lulusan SLTA Universitas Hayam Wurukini. Di samping kursus tertulis yang telah ada tersebut, pada tahun 1967-1968 diselenggarakan pula Pendidikan Kader Bank “B” untuk para karyawan dan karyawati Bank-Bank di Surabaya, baik Bank Pemerintah maupun Bank swasta.

Kemudian, sesuai peraturan DIKTI tentang penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang tidak diperkenankan membuka cabang di tempat lain, maka di Jawa Timur didirikan Yayasan Pendidikan Perbanas Jawa Timur dengan akte notaris Gusti Djohan No. 57 tanggal 14 Desember 1977, yang kemudian diperbarui dengan akte notaris Suyati Subadi, SH No. 59 tanggal 22 April 1997.

Baca Juga:

Pada tahun 1982 dibuka Program Studi Sarjana Manajemen, dan dengan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0356/1982 tanggal 2 Nopember 1982 dan nama Akademi Ilmu Perbankan PERBANAS Surabaya diubah menjadi Akademi Ilmu Perbankan dan Manajemen Perbanas Surabaya (Aipm Perbanas Surabaya).

Deskripsi Jurusan di Tiap Fakultas Universitas Hayam Wuruk

Perubahan bentuk dan nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya pada  tangal 12 Agustus 1985 dilaksanakan yang menyelenggarakan pendidikan untuk 2 (dua) jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Sedangkan Program Studi Manajemen (S2) mulai diselenggarakan sejak tahun 2006 dengan SK no 4892/D/T/2006.

Universitas Hayam Wuruk beralih nama dari Perbanas tertanggal 15 April 2021 kemarin dengan status akreditasi berdasarkan keputusan badan akreditasi nasional perguruan tinggi nomor : 2985 / sk / ban-pt/ akred / pt / xii / 2016 berperingkat A atau Unggul. Saat ini Universitas Hayam Wuruk memiliki 2 fakultas dan 9 prodi yang mana dalam pengajarannya menempati dua kampus masing masing berada di Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya dan Kampus Nginden : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Akuntansi

Orientasi lulusannya ini  menjadikan seorang yang unggul dan kompeten dalam akuntan. Jurusan ini memliliki peluang berkarir bidang auditor, analis keuangan, pengembang sistem informasi akuntansi. analisis laporan keuangan, perpajakan, metode pengauditan, adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika berkuliah di jurusan ini.

Manajemen

Pengembangan strategi, merancang rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika kuliah di jurusan ini. Karena orientasi lulusan jurusan ini menjadikan seorang yang kompeten dan unggul di bidang manajerial bidang ekonomi bisnis.

Ekonomi Syariah

Program Studi Ekonomi Syariah  mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam bidang Ekonomi berbasisi syariah. Jenjang karir lulusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah dapat berkarir di berbagai lembaga keuangan, baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuanga, baik berbasis syariah maupun non-syariah.

Baca Juga:

Adapun untuk akreditasinya semua jurusan di rumpun fakultas ini sudah terakreditasi dengan nilai A, kecuali untuk jurusan Ekonomi syariah masih berpredikat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Fakultas Teknik dan Desain

Desain Komunikasi Visual

Pembelajaran pada jurusan ini Sob, tidak jauh jauh terkalit desain grafis. Bagi kalian yang tertarik di jurusan ini akan diproyeksikan menjadi soarang yang kompeten dalam pembuatan aset karakter, environment sebuah cerita, dan  mengaplikasikan 2D atau 3D, animasi, kartun series dan seterusnya. Selain itu, nanti di jurusan ini kalian banyak belajar tentang desain yang diaplikasikan pada web, iklan visual produk, animator industrial.

Informatika

Orientasi jurusan informatika Universitas  Hayam Wuruk mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang  unggul dan kompeten dalam bidang programmer, manager teknologi informasi, perancang sistem informasi, konsultan teknologi informasi, analisis dan administrator, computer network administrator dan masih banyak lagi.

Sistem Informasi

Mengoptimalkan  para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten dalam bidang pengembangan sistem informasi dan software, terutama berbasis teknologi internet,  aplikasi dan mobile start up. Adapun untuk akreditasinya semua jurusan di rumpun fakultas ini sudah terakreditasi dengan nilai B, kecuali untuk jurusan Desain Komunikasi Visual lantaran masih jurusan baru dalam  proses akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Program Diploma

universitas hayam wuruk
Selain Program Diploma dan Sarjana, Universitas Hayam Wuruk Juga membuka Program Studi Jenjang Magister.

Diploma Akuntansi

Mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam akuntan internal, akuntan public , selain itu peluang berkarir bidang ini bisa menjadi auditor, analis keuangan, pengembang sistem informasi akuntansi.

Diploma Perbankan dan Keuangan

Pengembangan strategi, merancang rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika kuliah di jurusan ini. Orientasi lulusan jurusan ini menjadikan seorang yang kompeten dan unggul di bidang manajerial bidang Pengelolaan modal dan investasi.

Pascasarjana

Magister Manajemen Terakreditasi Unggul

Syarat Pendaftar Mahasiswa Baru Univeritas Hayam Wuruk

Sobat,  bagi kalian yang menaruh minat mendaftarkan diri menjadi bagian almamater civitas academika Universitas Hayam Wuruk, kira-kira apa saja sih  syarat dan ketentuan mendaftar menjadi mahasiswa Uniwa.  Pendaftaran dapat dilakukan dengan langsung mendatangi sekretariat bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIE Perbanas Surabaya di Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya. Atau dengan melakukan daftar online di alaman resmi universitas di spmb.perbanas.ac.id.

Baca Juga:

Ada bebrapa syarat juga yang harus kalian penuhi sebelum menfdaftar, sudah tahu belum apa saja berkat persyaratanya. Tenang, berikut sudah penulis himpun dari beberapa sumber khusus untuk kalian:

  1. Nilai rata-rata kumulatif raport Kelas XI masing-masing untuk Matematika dan Bahasa Inggris (pengetahuan) minimal sebesar 77,5
  2. Melakukan Pendaftaran secara online di spmb.perbanas.ac.id atau off line melalui counter pendaftaran STIE Perbanas Surabaya dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 350.000,-
  3. Fotokopi raport Kelas XI atau UNAS yang telah dilegalisasi oleh sekolah (1 lembar)
  4. Foto berwarna/hitam putih ukuran 3×4 (1 lembar)
  5. Daftar Ulang sesuai dengan ketentuan pembayaran. Bagaimana mudah kan?

Daftar Beasiswa yang disedikan Universitas Hayam Wuruk Surabaya

Universitas Hayam Wuruk Surabaya menyediakan dua beasiswa yang disediakan untuk membantu meringankan beban biaya perkuliahan bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di Univeritas Hayam Wuruk ini. Adapun beaiswa tersebut seperti:

Beasiswa Penuh

Merupakan program bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat untuk semua kalangan dan berprestasi dalam berbagai kompetisi. Merupakan Jalur masuk pendaftaran dengan biaya kuliah 0 rupiah

Beasiswa KIP Kuliah

Merupakan program bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi. Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pengganti Bidikmisi yang diluncurkan pemerintah sebelumnya.

Baca Juga:

Baiklah, segitu dulu ya ulasan terkait Universitas Hayam Wuruk Surabaya. Jangan lupa  ikuti Tes BRAIN Online gratis untuk mengenali potensi dan karakter diri kalian. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *