Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Simak Jurusan dan Info Pendaftarannya

universitas Adi Buana
Universitas Adi Buana Surabaya.

BRAIN Personalities – Hai Sobat Brain, bahasan seputar kampus kembali akan membuka wawasan dan pengetahuan kalian yang akan melanjutkan kuliah. Kali ini Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya yang kita ulas. Universitas yang memiliki motto “Semangat PAGI” merupakan hasil penggabungan dari IKIP PGRI Surabaya dengan Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Adi Buana Surabaya (STTL Adi Buana Surabaya).

Nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sarmidi Mangunsarkoro adalah Cikal Bakal lahirnya Pada tahun 1971, pada saat itu IKIP Sarmidi Mangunsarkoro memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan jurusan Pendidikan Umum.

Setelah mengalami banyak perkembangan dan perubahan , akhirnya pada 23 Juni 1998. IKIP PGRI Surabaya memperoleh perluasan mandat untuk dapat menyelenggarakan program kependidikan maupun non-kependidikan. IKIP PGRI Surabaya berubah menjadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa Surabaya) setelah merger dengan Sekolah Tinggi Teknik Adi Buana Surabaya (STT Adi Buana Surabaya) yang dikuatkan dengan SK MENDIKBUD RI No. 47/D/O/1998.

Baca Juga:

Oh iya perlu kalian ketahui nih Sob, hasil klasterisasi Kemenristekdikti terhadap semua perguruan tinggi baik swasta maupun negeri Tahun 2018, Universitas PGRI Surabaya masuk 100 besar universitas terbaik dengan duduk di peringkat 92.

Saat ini Universitas yang  berkedudukan di Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan ini, terakreditasi Sangat Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan kini telah memiliki 6 fakultas, 2 program studi pascasarjana, dan 1 program kebidanan, program studi yang ada seluruhnya berjumlah 22 program studi.

Bagaimana kalian tertarik mendaftar jadi bagian almamater Universitas PGRI Adi Buana? Yuk simak daftar jurusan dan Akreditasinya, apakah jurusan impian kalian ada di sini.

Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

  1. Bimbingan dan Konseling – Terakreditasi A
  2. Kesejahteraan Keluarga – Terakreditasi B
  3. Moral Pancasila dan Kewarganegaraan – Terakreditasi A
  4. Bahasa dan Sastra Indonesia  – Terakreditasi B
  5. Matematika – Terakreditasi B
  6. Bahasa Inggris – Terakreditasi B
  7. Kepelatihan Olahraga – Terakreditasi A
  8. Seni Rupa – Terakreditasi B
  9. Guru Sekolah Dasar – Terakreditasi A
  10. Pendidikan Guru – PAUD – Terakreditasi B

Baca Juga:

 Fakultas Ekonomi

  1. Akuntansl (S1) – Terakreditasi A
  2. Manajemen (S1) – Terakreditasi B

Fakultas Teknologi Industri

  1. Teknlk Industri (S1) – Terakreditasi B
  2. Toknik Elektro (S1) – Terakreditasi B

Fakultas Teknik Sipil & Perancangan

  1. Teknik Lingkungan (S1) – Terakreditasi B
  2. Perancangan Wilayah dan Kota (S1) – Terakreditasi B

Fakultas MIPA

  1. Biologi (S1) – Terakreditasi B
  2. Statistika (S1) – Terakreditasi B

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)

  1. Farmasi (S1) – Terakreditasi C
  2. Kebidanan (S1) – Terakreditasi B
  3. Kebidanan (D3) – Terakreditasi B
  4. Profesi Bidan (Profesi) – Terakreditasi B

Baca Juga:

Program Pascasarjana Magister

  1. Teknologi Pendidikan (S2) – Terakreditasi A
  2. Pendidikan Jasmani (S2) – Terakreditasi B

Fasilitas Kuliah dI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

universitas adi buana surabaya
Beragam Fasilitas Disediakan Universitas Adi Buana Untuk Menunjang Perkuliahan.

Dalam menunjang pembelajaran yang  efektif dan efisien selain gedung perkuliahan, di Universitas Adi Buana menyediakan pelbagai fasilitas  yang bisa dimanfaatkan para mahasiswanya. Adapun fasilitas tersebut di antaranya: Gedung Kuliah, GOR Hasta Brata, Lapangan Olahraga, Klinik Utama Rawat Inap,Rusunawa, Perpustakaan, Pengembangan Model Pembelajaran, Sanggar Seni Rupa, Sanggar Sastra, Masjid.

Baca Juga:

Selain itu, pelbagi laboratorium penunjang mata kuliah di antaranya: Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi Dasar, Laboratorium Mikro Biologi, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Teknik Elektro, Laboratorium Teknik Industri. Laboratorium Teknik Lingkungan, Laboratorium Komputer Akuntansi, Laboratorium Tata Busana, Laboratorium Tata Boga, Laboratorium Bimbingan dan Konseling, Laboratorium Tata Rias, Laboratorium PPKn, Laboratorium Microteaching dan Microcounseling, Laboratorium Keperawatan Dasar dan Kebidanan, Laboratorium Kewirausahaan, Laboratorium Perencanaan Wilayah dan Kota, Laboratorium Bank Mini, Laboratorium Pendidikan Khusus, Laboratorium Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Laboratorium Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Laboratorium Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga, Laboratorium Produksi Media, dan masih banyak lagi.

Beasiswa Unipa Surabaya

Ada empat kategori beasiswa edukasi Unipa yang diberikan, yaitu beasiswa prestasi akademik, prestasi nonakademik, sosial, dan bidikmisi. Ketentuan tersebut berdasar pada Surat Keputusan Rektor Unipa Surabaya Nomor: 067/SK/III/2020 yang tertera secara resmi.

Beasiswa prestasi akademik ditujukan kepada camaba yang berhasil mendapat peringkat 5 besar di SMA/SMK sederajat dan 5 besar hasil tes PMB Unipa. Selain itu, camaba yang berprestasi 5 besar ekstrakulikuler di SMA/SMK sederajat, berprestasi sebagai atlit aktif tingkat propinsi, nasional, dan internasional bisa ikut seleksi di beasiswa prestasi non akademik. Ada pula beasiswa khusus bagi hafiz dan hafizah. Beasiswa sosial berlaku bagi mahasiswa umum, suami/istri/anak asuh pegawai dan dosen luar biasa. Sementara bidik misi berdasarkan hasil seleksi pemerintah melalui LLDIKTI Wilayah VII dan Dikti.

Syarat Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Bagi kalian yang  WNA (Warga Negara Asing) harus mendapatkan surat izin pendidikan dari Dikti.
  3. Sudah pasti kalian harus lulusan tingkat SMA / SMK / MA atau yang sederajat
  4. Melampirkan  legalisir Ijazah atau SKHUN dari  pihak sekolah sebanyak 2 lembar.
  5. Lampirkan foto copy rapor 2 rangkap yang telah dilegalisir.
  6. Memberikan pasphoto warna 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  7. Membayar biaya pendaftaran masuk.
  8. Bebas dari obat obatan terlarang dan tindak kriminal.
  9. Sehat jasmani / rohani disertakan dengan bukti berkasnya dari sekolah dan dokter.

Baca Juga:

Itulah informasi penting tentang profil dan  jurusan kuliah Universitas Adi Buana, sebagai salah  satu alternatif kalian  kuliah di Surabaya.  Sekarang, tinggal  Sobat BRAIN untuk milih jurusan kuliah terbaik di Universitas Kartini apa? jangan lupa   Tes BRAIN Online. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *