Jurusan Universitas Telkom dan Info Biaya Kuliah

Brainpersonalities.comUniversitas Telkom merupakan universitas swasta terbesar dan ter modern di Indonesia. Jurusan Universitas Telkom pun mempunyai sistem pendidikan yang fokus terhadap pendidikan serta penelitian yang berbasis ICT (Information and Communication Techhnology).

Di Indonesia juga terdapat universitas-universitas Telkom, di antaranya adalah Universitas Telkom Bandung, Universitas Telkom Surabaya, Universitas Telkom Jakarta, dan Universitas Telkom Purwokerto.

Nah bagi Sobat BRAIN yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Telkom yang penulis sebutkan di atas, yuks simak uraian di bawah ini.

Pelajari juga Universitas Esa Unggul: Info Kuliah dan Beasiswa

Contents

Jurusan Universitas Telkom Bandung

Jurusan universitas telkom bandung

Buat Sobat BRAIN yang kebetulan tinggal di Kota Bandung atau ingin belajar di Kota Lautan Api ini, Universitas Telkom dapat kamu jadikan pilihan tempat kuliah di Bandung.

Sebelum kuliah di universitas yang ada di Bandung ini, sebaiknya kamu ikuti Tes BRAIN Online gratis untuk memilih jurusan kuliah. Miliki juga sertifikat hasil tesnya karena di dalamnya juga menjelaskan kepribadian dan fungsi otak yang berkaitan dengan kecerdasan alami.

Lokasi Universitas Telkom Bandung

Telkom Unversity merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta No.1 di Indonesia, Sob. Telkom University ini berlokasi di Bandung Jawa Barat,  Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa Kota Bandung merupakanadalah Ibu Kota dari Provinsi Jawa Barat dan terletak 140 km sebelah Tenggara dari Kota Jakarta.

Pelajari juga Universitas Bakrie: Info Kuliah dan Beasiswanya

Fakultas dan Jurusan Telkom University

Universitas Telkom Bandung mempunyai 7 Fakultas yaitu Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif dan Ilmu Terapan.

Sebelum memilih jurusan di Telkom University, yuk ikuti Tes BRAIN Online yang mengenali potensi kecerdasan dan kepribadian kamu, Sob.

Program Studi Fakultas Teknik Elektro Telkom

Berminat memilih jurusan teknik di Telkom University, Sob? Kamu dapat memilih jurusan fakultas Teknik Elektro terbaik dari Telkom berikut ini:

Sarjana (S1) Teknik Telekomunikasi

Buat Sobat BRAIN yang berniat untuk kuliah jurusan Teknik Telekomunikasi di Universitas Telkom, kini program studi ini sudah mengantongi sertifikat akreditasi Unggul dengan nomor SK 8479/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2020 dari BAN-PT, Sob.

Sarjana (S1) Teknik Elektro

Saat ini program studi S1 Teknik Elektro Universitas Telkom terakreditasi Unggul tahun 2021. Akreditasi jurusan ini memiliki nomor SK dari BAN-PT yaitu BAN-PT No.2977/SK/BAN-PT/AK-ISK//S/V/2021.

Sarjana (S1) Teknik Fisika

Nah, untuk jurusan S1 Teknik Fisika di Universitas Telkom, BAN-PT sudah memberikan akreditasi A dengan nomor SK 3200/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019, Sob.

Sarjana (S1) Teknik Komputer

Kini giliran jurusan S1 Teknik Komputer. Kali ini Universitas Telkom berhasil mendapatkan akreditasi B dengan nomor SK dari BAN-PT yaitu 4840/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/VIII/2020.

Sarjana (S1) Sistem Komputer

Program studi yang ada di Telkom University ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT dengan nomor SK 0942/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016.

Sarjana (S1) Teknik Biomedis

Selanjutnya, Universitas Telkom berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi BAN-PT yaitu dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan saja, Sob. Kamu dapat cek nomor SK program pendidikan ini yaitu 1021/M/2020.

Pascasarjana (S2) Teknik Elektro

Apabila Sobat BRAIN tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Telkom jenjang Magister, sebaiknya juga melihat akreditasi jurusan ini, Sob. Nomor SK Program S2 Teknik Elektro di kampus ini adalah 3101/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017 dari BAN-PT dengan akreditasi A.

Pelajari juga Universitas Pelita Harapan (UPH): Info Kuliah dan Biayanya

Program Studi Fakultas Rekayasa Industri Telkom

Buat kamu yang tertarik dengan jurusan fakultas Rekayasa Industri, simak beberapa prodi yang ada di Universitas Telkom berikut ini!

Sarjana (S1) Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri yang ada di Universitas Telkom ini sudah mendapatkan akreditasi A dengan SK 3503/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019 dari BAN-PT.

Sarjana (S1) Sistem Informasi

Tahun 2021 ini, jurusan Sistem Informasi Universitas Telkom berhasil mencatat akrediatasi Unggul yakni dengan SK dari BAN-PT yaitu 2722/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/V/2021. Kamu dapat memilih program studi S1 jika memilih passion di bidang sistem informasi dan digital.

Sarjana (S1) Teknik Logistik

Saat ini industri logistik berkembang seiring dengan adanya pertumbuhan bisnis di sektor belaja online. Universitas Telkom sudah menyediakan program studi S1 Teknik Logistik yang terakreditasi Baik dengan nomor SK 1915/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IV/2021 sebagai pondasi karirmu di bidang ini.

Pascasarjana (S2) Teknik Industri

Khusus buat kamu ingin menekuni bidang teknik industri secara mendalam, program magister untuk jurusan ini ada di Universitas Telkom. Prodi S2 Teknik Industri ini terakreditasi B dengan nomor SK 960/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2018.

Pascasarjana (S2) Sistem Informasi

Buat Sobat BRAIN yang ingin memperdalam keterampilan di bidang sistem informasi, Universitas Telkom kini sudah menyediakan program studi magister. Soal akreditasi, jurusan S2 ini memiliki SK dengan nomor 144/E/O/2021 dengan status minimum.

Sebelum kuliah, ikuti Tes BRAIN online gratis untuk mengetahui jurusan terbaikmu dengan mengungkap potensi kepribadian dan fungsi otak.

Program Studi Fakultas Informatika Telkom

Big data yang berkaitan dengan data science saat ini menjadi hal penting bagi perusahaan untuk memenangkan pasar, Sob. Pendidikan tersebut ada di Fakultas Informatika Universitas Telkom. Kamu dapat mempelajari akreditasi berbagai jurusan fakultas Fakultas Informatika universitas ini:

Sarjana (S1) Informatika

Jurusan Informatika jenjang Sarjana di Universitas Telkom ini sudah memiliki akreditasi A. Kamu cek sendiri tentang nomor SK-nya yaitu 006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000.

Sarjana (S1) Teknologi Informasi

Apabila Sobat BRAIN memilih jurusan teknologi informasi, Universitas swasta ini sudah mengantongi akreditasi B dengan nomor SK BAN-PT 1637/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Sarjana (S1) Rekayasa Perangkat Lunak

Bagi Sobat BRAIN yang sangat intens dengan dunia software, program studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak adalah jawaban pendidikannya. Di Universitas Telkom, kamu dapat menemukannya dan sudah terakreditasi B dengan SK 1637/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Sarjana (S1) PJJ Informatika

Semisal kamu ada keterbatasan jarak sehingga membutuhkan media online untuk kuliah S1 Informatika, Telkom University memiliki program studi S1 PJJ Informatika SK BAN-PT 472/KPT/I/2019 dengan status minimum.

Sarjana (S1) Sains Data

Jurusan Sains Data kini sudah ada di Universitas Telkom. Namun, karena masih tergolong baru prodi yang mengelola big data ini masih bertaraf minimum dengan SK BAN-PT 144/E/O/2021.

Pascasarjana (S2) Informatika

Universitas Telkom memiliki program magister untuk jenjang S2 Informatika, Sob. Jurusan ini telah terkareditasi A  dengan SK BAN-PT 839/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021.

Pascassarjana (S2) Ilmu Forensik

Khusus buat Sobat BRAIN yang memiliki jiwa penegak hukum dan memiliki keterampilan di bidang kedokteran, program studi S2 Ilmu Forensik adalah pendidikan yang dibutuhkan. Di Universitas Telkom, jurusan magister ini memiliki akreditasi minimun dengan SK BAN-PT 1258/M/2020.

Pascasarjana (S3) Informatika

Gelar doktor untuk program studi Informatika telah ada di Universitas Telkom, Sob. Jurusan S3 Informatika di unversitas swasta ini terakreditasi minimum dengan SK BAN-PT 192/E/O/2021.

Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom

Dunia ekonomi dan bisnis akan menjadi topik perbincangan di berbagai industri dan terus berkembang, Sob. Oleh sebab itu, fakultas ini pun ada di Universitas Telkom. Beberapa jurusan fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kampus Telkom adalah berikut ini:

Sarjana (S1) Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika

Jurusan S1 Manajemen Bisnis Telekomunukasi Informatika (MBTI) Universitas Telkom ini telah mendapatkan akreditasi A. Akreditasi ini dapat kamu lihat pada SK BAN-PT 1888/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018.

Sarjana (S1) Akuntansi

Jurusan akuntasi adalah salah satu program studi yang paling banyak peminatnya. Bicara akreditasi S1 Akuntansi Universitas Telkom, jurusan ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT dengan SK 3727/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017

Passcasarjana (S2) Manajemen

Apabila kamu memiliki tekad untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di bidang manajemen, Universitas Telkom memiliki program studi S2 Manajemen dengan akreditasi A dengan SK BAN-PT 2213/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2017.

Pascasarjana (S2) PJJ Manajemen

Untuk program studi magister PJJ Manajemen, Telkom University telah menyediakannya, Sob. Hanya saja belum memiliki akreditasi yang mumpuni dengan SK BAN-PT 1018/M/2020.

Program Studi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom

Telkom University berusaha menghadirkan fakultas yang saling terkait satu sama lain. Oleh sebab itu, di universitas swasta ini memiliki fakultas komunikasi dan bisnis. Kamu dapat mempelajari jurusan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom berikut ini :

Sarjana (S1) Administrasi Bisnis

Jurusan yang berkutat seputar administrasi bisnis yang ada di Universitas Telkom ini memiliki akreditasi A, Sob. Akreditasi dengan SK BAN-PT 3672/SK/BAN-PT/Akred/S/X2017 ini cukup menjadi alasan untuk kamu pilih.

Sarjana (S1) Ilmu Komunikasi

Dunia bisnis merupakan kumpulan interaksi melalui komunikasi sehingga berkaitan dengan jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. Jurusan ini sudah mendapatkan SK BAN-PT 3400/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017 dan terakreditasi A.

Sarjana (S1) Hubungan Masyarakat

Apabila Sobat BRAIN memiliki keinginan untuk terjun di lingkungan masyarakat berbekal wawasan pendidikan, Universitas Telkom memiliki program studi S1 Hubungan Masyarakat. Jurusan sosial ini sudah mendapatkan SK 637/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 dengan akreditasi B.

Program Studi Fakultas Industri Kreatif Telkom

Mahasiswa di bidang industri kreatif memiliki tempat kuliah dengan program pendidikan terstruktur di Universitas Telkom. Kamu akan mendapatkan lingkungan untuk berkembang di industri tersebut. Sebelum memilihnya, pelajari dulu jurusan fakultas Fakultas Industri Kreatif Telkom ini, ya :

Sarjana (S1) Desain Komunikasi Visual

Bagaimana cara menyatukan ilmu komunikasi dan ilmu visual ada di jurusan desain komunikasi visual. Universitas Telkom sudah menerima SK BAN-PT 4310/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 prodi ini dengan akreditasi A.

Sarjana (S1) Desain Produk

Program studi untuk desain produk jenjang sarjana sudah ada di Universitas Telkom. Jurusan S1 Desain Produk dari Telkom ini terakreditasi A dengan SK BAN-PT 890/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018.

Sarjana (S1) Desain Interior

Industri kreatif interior memiliki perhatian khusus saat ini di dunia properti. Kamu dapat mempertimbangkan masuk jurusan S1 Desain Interiror Universitas Telkom. Pasalnya, jurusan desain ini terakrediasi A lewat SK BAN-PT 1000/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018.

Sarjana (S1) Kriya Tekstil dan Fashion

Industri tekstik dan fashion kini tumbuh subur di Indonesia. Melihat potensi itu, Univeristas Telkom menyediakan fasilitas kuliah jenjang S1 Kriya dan Fashion. Jurusan untuk industri kreatif ini terakreditasi A lewat SK BAN-PT 1866/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018.

Sarjana (S1) Seni Rupa

Tertarik bidang seni rupa, Sob? Kamu juga dapat menemukan jurusan kuliah ini di Universitas Telkom. Program Studi S1 Seni Rupa Telkom sudah terakreditasi A dengan SK BAN-PT 4832/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/VIII/2020.

Pascasarjana (S2) Desain

Meskpun Universitas Telkom sudah menyandang akreditasi A untuk program kuliah S1, tapi tidak demikian dengan program studi magister desain. Pendidikan Pascasarjana S2 Desain Universitas Telkom belum terakreditasi dengan SK 200/M/2020.

Program Studi Fakultas Ilmu Terapan Telkom

Tidak semua pendidikan di perguruan tinggi hanya mengedepankan teori semata, Sob. Universitas Telkom sudah memiliki fakultas ilmu terapan yang dapat kamu manfaatkan. Di antara jurusan Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom adalah sebagai berikut :

D3 Teknologi Telekomunikasi

Program studi diploma untuk teknologi Telekomunikasi sudah tersedia di Universitas Telkom. Kabar baiknya jurusan ilmu terapan ini terakreditasi A dengan nomor SK 4831/SK/BAN-PT/Ak-PNB/Dipl-III/VIII/2020 dari BAN-PT.

D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi

Jurusan teknik program studi diploma rekayasa perangkat lunak aplikasi sudah tersedia di Telkom University, Sob. Menariknya, jurusan untuk industri software ini sudah terakrediasi A dengan SK BAN-PT 2631/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/V/2021.

D3 Sistem Informasi

Jurusan Diploma Sistem Informasi Universitas Telkom ini memiliki SK BAN-PT 4837/SK/BAN-PT/Ak-PNB/Dipl-III/VIII/2020 dan  menyandang akrediasi A, Sob. Ini dapat menjadi pertimbanganmu ketika ingin mendapatkan pendidikan ilmu terapan sistem informasi.

D3 Sistem Informasi Akuntansi

Ilmu akuntansi memiliki tempat kuliah program studi di Universitas Telkom. Jurusan akuntansi yang satu ini mengantongi SK BAN-PT 4833/SK/BAN-PT/Ak-PNB/Dipl-III/VIII/2020 dan memiliki akreditasi A.

D3 Teknologi Komputer

Ilmu tentang teknologi komputer dapat kamu pelajari ketika menjadi mahasiswa Univeristas Telkom, Sob. Univeristas ini menyediakan jurusan Diploma Teknik Komputer dari BAN-PT dengan SK 6092/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/VI/2021 dan sudah terakreditasi A.

D3 Manajemen Pemasaran

Bicara tentang ilmu manajemen pemasaran, Universitas Telkom punya jurusan Diploma untuk ilmu ini, Sob. Program studi D3 Manajemen Pemasaran yang terakreditasi A dan SK BAN-PT 6883/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/XI/2020 di universitas ini dapat kamu pertimbangkan.

D3 Perhotelan

Buat Sobat BRAIN yang bercita-cita bekerja di industri perhotelan, Program Studi Diploma Telkom ini layak kamu pertimbangkan, nih. Pasalnya, jurusan perhotelan Univeristas Telkom ini terakreditasi A dan memiliki SK BAN-PT 4558/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017.

D4 Teknologi Rekayasa Multimedia

Keahlian teknologi rekayasa multimedia kini berkembang pesat dan butuh tenaga kerja yang andal, Sob. Menilik pertumbuhan industri tersebut, Telkom University menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk mempelajari ilmu teknolgi media melalui program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia dengan akreditasi C dan SK BAN-PT 4848/SK/BAN-PT/Ak-PNB/ST/VIII/2020.

Pelajari juga Universitas Terbuka Malang: Info Kuliah dan Biayanya

Panduan Pendaftaran Telkom University

Apabila Sobat BRAIN sudah mantap ingin kuliah di jurusan Universitas Telkom, kamu tinggal ikuti langkah pendaftaran berikut ini:

  1. Buka Website http://smb.telkomuniversity.ac.id
  2. Membuat akun calon mahasiswa baru. Apabila sudah memiliki akun sebelumnya, maka langsung login dan menuju ke point 5.
  3. Login Akun. Aktivasi akun di Email yang digunakan saat mendaftar, yaitu isi username dan password kemudian klik login.
  4. Lalu langkah selanjutnya yaitu mengisi data diri yaitu dengan menyiapkan berkas rapor dan foto 4×6 ( ukuran/ size maksimal 1 MB).
  5. kemudian pilih PIN untuk mengikuti jalur seleksi masuk Tel- U (PIN online atau pin offline).
  6. Aktifkan nomor peserta jalur selesksi Tel-U dengan menginput kode aktivasi dari PIN online atau PIN offline.
  7. Scan dan Upload berkas Rapor Asli / legalisir (size / ukuran maksimal 1MB). Apabila memilih jalur raport maka isi berkas raport.
  8. Pilih program studi secara urut berdasarkan minat peserta.
  9. Kemudian pilih lokasi ujian (ini untuk jalur seleksi tes tulis).
  10. Tahap selanjutnya yaitu dengan mengakhiri pendaftaran dengan mencetak Kartu Peserta.
  11. Ikuti Ujian tulis sesuai dengan jadwal ujian yang tertera dalam kartu peserta ( ini untuk jalur seleksi test tulis).
  12. Cek Pengumuman Kelulusan dengan login di website smb.telkomuniversity.ac.id

Biaya Pendidikan di Universitas Telkom

Bicara tentang Universitas Telkom, maka tidak lengkap apabila belum membahas biaya kuliah di universitas ini. Penjelasan terkait Biaya Pendidikan Universitas Telkom terdiri dari:

  1. UP3 atau Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan yaitu uang pembangunan.
  2. SDP2 ( Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler ) ialah uang sumbangan.
  3. BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) ialah uang semesteran.

Pengembalian Biaya Pendidikan Kuliah Telkom

Meskipun Sobat BRAIN ingin telah mendaftar dan ingin mengundurkan diri untuk kuliah di Universtas Telkom, kamu tetap dapat mengambil biaya pendidikan. Syarat pengembalian uang pendidikan dari universitas swasta ini yaitu:

  1. Biaya pendidikan di Universitas Telkom akan kembali seluruhnya (UP3, SDP2, dan BPP) jika mahasiswa baru tidak lulus UN.
  2. Biaya pendidikan tersebut akan dikembalikan jika melakukan pengunduran diri karena diterima PTN melalui jalur SNMPTN serta SBMPTN yaitu SDP2 dan BPP. Sementara untuk biaya UP3 tidak dikembalikan.

Pelajari juga Universitas Negeri Yogyakarta: Info Kuliah S1

Biaya Pendidikan Jalur Seleksi Reguler

Preferensi jurusan kuliah di Universitas Telkom menentukan besaran biaya yang harus kamu investasikan, Sob. Namun biaya tersebut tidaklah sebesar harapanmu untuk menggapai karir dan profesi impian setelah lulus kuliah. Beberapa informasi biaya pendidikan universitas ini adalah sebagai berikut:

Biaya Kuliah Fakultas Teknik Elektro Telkom

Jurusan Fakultas Teknik Elektro UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Telekomunikasi 10.000.000 15.000.000 10.000.000
S1 Teknik Elektro 9.000.000 11.000.000 11.000.000
S1 Teknik Komputer 9.000.000 11.000.000 9.000.000
S1 Teknik Fisika 9.000.000 9.000.000 8.000.000
S1 Teknik Biomedis 9.000.000 9.000.000 8.000.000
S1 Teknik Telekomunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Teknik Elektro 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Rekayasa Industri Telkom

Jurusan Fakultas Rekayasa Industri UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Industri 10.000.000 15.000.000 12.000.000
S1 Sistem Informasi 9.000.000 11.000.000 11.000.000
S1 Teknik Logistik 9.000.000 11.000.000 8.000.000
S1 Teknik Industri 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Sistem Informasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Informatika Telkom

Jurusan Fakultas Informatika UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Informatika 10.000.000 15.000.000 13.000.000
S1 Teknologi Informasi 9.000.000 11.000.000 10.000.000
S1 Rekayasa Perangkat Lunak 9.000.000 9.000.000 9.000.000
S1 Informatika 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Data Sains 9.000.000 11.000.000 8.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom

Jurusan Fakultas Komunikasi dan Bisnis UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Ilmu Komunikasi 8.000.000 12.000.000 12.000.000
S1 Administrasi Bisnis 8.000.000 12.000.000 12.000.000
S1 Digital Public Relation 8.000.000 18.000.000 10.000.000
S1 Ilmu Komunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Administrasi Bisnis 20.000.0000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Industri Kreatif Telkom

Jurusan Fakultas Industri Kreatif UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Desain Komunikasi Verbal 8.000.000 12.000.000 11.000.000
S1 Kriya Tekstil dan Mode 8.000.000 5.000.000 10.000.000
S1 Product Inovation & Managment 8.000.000 5.000.000 8.000.000
S1 Creative Art 8.000.000 4.000.000 10.000.000
S1 Desain Komunikasi Visual 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Terapan Telkom

Jurusan Fakultas Ilmu Terapan UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

D3 Teknologi Komunikasi 8.000.000 10.000.000 7.500.000
D3 Teknik Informatika 8.000.000 10.000.000 7.500.000
D3 Digital Marketing 7.000.000 6.000.000 6.000.000
D3 Teknologi Komputer 7.000.000 5.000.000 7.500.000
D3 Sistem Informasi 7.000.000 5.000.000 7.500.000
D3 Sistem Informasi Akuntansi 7.000.000 5.000.000 7.500.000
D3 Perhotelan 7.000.000 4.000.000 7.500.000
D4 Teknologi Rekayasa Multimedia 7.000.000 4.000.000 7.500.000

Pelajari juga Universitas Widyatama: Info Kuliah dan Beasiswanya

Biaya Pendidikan Jalur Seleksi USM

Untuk mahasiswa yang memilih jalur seleksi Ujian Saringan Masuk (USM) di Universitas Telkom memiliki biaya pendidikan yang berbeda dengan jalur reguler, Sob.

Kamu dapat melihat rincian biaya kuliah untuk mahasiswa Universitas Telkom melalui jalur seleksi USM berikut ini:

Biaya Kuliah Fakultas Elektro Telkom USM

Jurusan Fakultas Teknik Elektro UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Telekomunikasi 10.000.000 35.000.000 10.000.000
S1 Teknik Elektro 9.000.000 22.500.000 11.000.000
S1 Teknik Komputer 9.000.000 22.500.000 9.000.000
S1 Teknik Fisika 9.000.000 20.000.000 8.000.000
S1 Teknik Biomedis 9.000.000 9.000.000 8.000.000
S1 Teknik Telekomunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Teknik Elektro 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Rekayasa Industri Telkom USM

Jurusan Fakultas Rekayasa Industri UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Industri 10.000.000 35.000.000 12.000.000
S1 Sistem Informasi 9.000.000 22.500.000 11.000.000
S1 Teknik Logistik 9.000.000 22.500.000 8.000.000
S1 Teknik Industri 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Sistem Informasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Informatika Telkom USM

Jurusan Fakultas Informatika UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Informatika 10.000.000 35.000.000 13.000.000
S1 Teknologi Informasi 9.000.000 22.500.000 10.000.000
S1 Rekayasa Perangkat Lunak 9.000.000 9.000.000 9.000.000
S1 Informatika 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Data Sains 9.000.000 22.500.000 8.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom USM

Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 MBTI 10.000.000 25.000.000 13.000.000
S1 Akuntansi 8.000.000 20.000.000 12.000.000
S1 Akuntansi (International Class) 18.000.000 38.000.000 20.000.000
S1 International ICT Business 20.000.000 38.000.000 20.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom USM

Jurusan Fakultas Komunikasi dan Bisnis UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Ilmu Komunikasi 8.000.000 12.000.000 12.000.000
S1 Administrasi Bisnis 8.000.000 20.000.000 12.000.000
S1 Digital Public Relation 8.000.000 20.000.000 10.000.000
S1 Ilmu Komunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Administrasi Bisnis 20.000.0000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Industri Kreatif Telkom USM

Jurusan Fakultas Industri Kreatif UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Desain Komunikasi Visual 8.000.000 20.000.000 11.000.000
S1 Kriya Tekstil dan Mode 8.000.000 15.000.000 10.000.000
S1 Desain Interior 8.000.000 15.000.000 10.000.000
S1 Product Innovation & Management 8.000.000 15.000.000 8.000.000
S1 Creative Art 8.000.000 15.000.000 10.000.000
S1 Desain Komunikasi Visual 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Terapan Telkom USM

Jurusan Fakultas Ilmu Terapan UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

D3 Teknologi Komunikasi 8.000.000 16.000.000 7.500.000
D3 Teknik Informatika 8.000.000 16.000.000 7.500.000
D3 Digital Marketing 7.000.000 16.000.000 6.000.000
D3 Teknologi Komputer 7.000.000 15.000.000 7.500.000
D3 Sistem Informasi 7.000.000 15.000.000 7.500.000
D3 Sistem Informasi Akuntansi 7.000.000 15.000.000 7.500.000
D3 Perhotelan 7.000.000 15.000.000 7.500.000
D4 Teknologi Rekayasa Multimedia 7.000.000 15.000.000 7.500.000

Pelajari juga Jurusan Kuliah Universitas Harvard | Universitas Terbaik di Dunia

Biaya Pendidikan Kelas Internasional Telkom

Sama seperti kategori biaya pendidikan reguler dan USM, Universitas Telkom untuk kelas internasional juga menawarkan jurusan yang sama. Hanya saja perbedaan biaya lebih mahal dibandingkan kedua kategori biaya kuliah sebelumnya.

Namun, mahalnya biaya kuliah pasti juga sebanding dengan kualitas pendidikan di kelas Internasional Universitas Telkom, Sob. Kamu bisa tengok biaya pendidikan kelas tersebut berikut ini:

Biaya Kuliah Fakultas Teknik Elektro Internasional

Jurusan Fakultas Teknik Elektro UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Telekomunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Teknik Elektro 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Rekayasa Industri Internasional

Jurusan Fakultas Rekayasa Industri UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Teknik Industri 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Sistem Informasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Informatika Internasional

Jurusan Fakultas Informatika UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Informatika 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Akuntansi (International Class) 20.000.000 38.000.000 20.000.000
S1 International ICT Business 18.000.000 38.000.000 20.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Jurusan Fakultas Komunikasi dan Bisnis UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Ilmu Komunikasi 20.000.000 38.000.000 18.000.000
S1 Administrasi Bisnis 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Biaya Kuliah Fakultas Industri Kreatif

Jurusan Fakultas Industri Kreatif UP3

Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan

SDP2

Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler

BPP

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan

S1 Desain Komunikasi Visual 20.000.000 38.000.000 18.000.000

Pelajari juga Oxford University: Jurusan, Biaya, dan Beasiswa

Beasiswa Telkom University

Beasiswa APERTI BUMN

Yaitu beasiswa yang diadakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN , antara lain, Telkom University, (TEL-U), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Pertamina (UP) dan lainnya. Nah beasiswa ini dikhususkan bagi seluruh SMA/SMK/ MA di Indonesia. Bagi seluruh peserta yang telah lolos pada beasiswa APERTI ini maka akan mendapatkan Full Beasiswa sampai dengan lulus.

Beasiswa KIP Kuliah Merdeka Telkom University 2021

Jalur beasiswa ini ialah jalur seleksi beasiswa yang diselenggarakan oleh Telkom University yang ditujukan bagi seluruh siswa siswi SMA/SMK/MA yang mempunyai kesulitan dalam ekonomi akan tetapi berprestassi guna melanjutkan studi di perguruan tinggi. Beasiswa ini menggunakan jalur non- tulis. Beasiswa ini gratis biaya pendaftaran serta proses seleksi menggunakan nilai rapor.

Syarat Beasiswa KIP Kuliah Merdeka yaitu :

  1. Penerima KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah lulus pada 2 tahun sebelumnya, dan mempunyai NISN, NPSN, NIK yang valid.
  2. Mempunyai akademik yang baik akan tetapi ada keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti dokumen yang sah.
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan akademik yang baik dan mempunyai kartu KIP.
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik serta mempunyai nilai Kartu Keluarga Sejahtera.
  5. Lulus seleksi SMB Telkom University pada prodi dengan akreditasi A atau B.
Prosedur Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Merdeka
  1. Pastikan log in ke laman kip.kuliah.kemendikbud.go.id atau di KIP Kuliah Mobile Apps.
  2. Selanjutnya input NIK, NISN, NPSN serta alamat email yang aktif.
  3. Berikutnya yaitu validasi NISN, NPSN dan NIK serta bantuan sosial oleh lembaga yang terkait.
  4. Siswa memperoleh Nomor Pendaftaran serta Kode Akses
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah
  6. Lalu pilihlah Jalur Seleksi Mandiri Telkom University dan mendaftar ke laman sbm.telkomuniversity.ac.id
  7. Berikutnya yaitu proses verifikasi.
Alur Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Merdeka

Adapun Pendaftaran beasiswa KIP  Kuliah Merdeka yaitu :

  1. Pendaftaran dilakukan melalui website : smb.telkomuniversity.ac.id
  2. Lalu upload berkas- berkas dibawah ini pada akun pendaftaran Telkom :
  • Kartu Peserta KIP Kuliah
  • Formulir KIP Kuliah
  • Untuk peserta yang tidak mempunyai KIP Kuliah maka bisa melampirkan salah satu form berikut ini :
  1. KIP atau Kartu Indonesia Pintar
  2. Keluarga Peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Akte kelahiran
  • Ijazah atau bisa juga SKL
  • Rapor semester 1 – 5
  • Foto tempat tinggal
  • KK Beasiswa FOJB

Beasiswa FOJB

Telkom University dalam beasiswa ini menggandeng Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) dalam program FOJB Scholarship. Untuk siswa yang lolos pada FOJB Scholarship maka akan mendapatkan Beasiswa Unggulan.

Beasiswa Unggulan terdiri dari :

  1. Free Biaya Pangkal (UP3 dan SDP2)
  2. Free Biaya Semester BPP sampai dengan lulus
  3. Jalur Beasiswa Kompetisi 2021

SBM Telkom University membuka jalur Beasiswa yang ditujukan untuk seluruh siswa SMA/SMK/ MA  seluruh Indonesia. Jalur ini melalui tes online. Kategori beasiswa yaitu beasiswa unggulan ( Gratis Biaya Pangkal (UP3 & SDP2) serta gratis Biaya semesteran (BPP sampai dengan lulus).

Pendaftaran jalur Beasiswa yaitu peserta harus untuk membeli PIN Pendaftaran. Adapun harga PIN tersebut adalah Rp 200.000.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Universitas Telkom di Bandung. Bagi Sobat BRAIN yang ingin melanjutkan kuliah di sana semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan serta pengetahuanmu sebelum menentukan jurusan kuliah.

Ikuti Tes BRAIN Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *