Profil dan Informasi Lengkap Universitas Airlangga

unair surabaya
Universitas Airlangga Surabaya.

BRAIN Personalities –  Hai semuanya, kalian pasti tidak asing dengan nama kampus UNAIR? Yups, UNAIR atau Universitas Airlangga merupakan salah satu universitas yang ada di Kota Surabaya, Jawa Timur. UNAIR menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia, sehingga banyak para calon mahasiswa baru menjadikan UNAIR sebagai kampus tunjuan kuliah.

Universitas Airlangga berdiri tepat di Hari Pahlawan pada  10 November 1954. Namun, di balik berdirinya Universitas Airlangga terdapat sejarah yang cukup panjang Sob. NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) merupakan  pendidikan dokter di Surabaya yang dikelola Pemerintah Belanda pada tahun 1849, adalah cikal bakal universitas ini.

Kemudian, tahun 1923 gedung NIAS dipindahkan ke Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo Surabaya, dimana saat ini merupakan lokasi Fakultas Kedokteran UNAIR. Pada tahun 1948 Universitas Airlangga merupakan cabang dari Universitas Indonesia yang memiliki 2 fakultas, yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Sampai pada akhirnya, Universitas Airlangga resmi berdiri pada tahun 1954 dan diresmikan oleh Presiden RI tepat tanggal 10 November 1954.

Baca Juga:

UNAIR saat ini sudah tersertifikasi akreditasi BAN-PT dengan peringkat A, berdasarkan pada SK No. 362/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Pada tahun 2020, UNAIR mengalami peningkatan peringkat menjadi posisi 521-530 kampus terbaik dunia. UNAIR saat ini  menduduki peringkat 4 kampus terbaik di Indonesia, setelah UGM, UI, dan ITB versi Kemendikbud.

Saat ini Universitas Airlangga telah memiliki 16 fakultas, jika kalian berencana untuk berkuliah di Universitas Airlangga, kamu wajib baca sampai tuntas artikel ini, karena disini akan menyediakan informasi seputar  profil universitas, daftar jurusan, fakultas, lokasi, akreditasi tiap jurusannya, sampai informasi jalur masuk Unair. Yuk, langsung simak artikel di bawah ini, ya.

Contents

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Program Profesi

Pendidikan Profesi Akuntansi (Terakreditasi A).

Program Sarjana

Akuntansi (Terakreditasi A), Ekonomi Pembangunan (Terakreditasi A), Manajemen (Terakreditasi A), Ekonomi Islam (Terakreditasi A), dan jurusan Akuntansi (Pdd Banyuwangi) (Terakreditasi B).

Program Magister

Ilmu Ekonomi (Terakreditasi A), Akuntansi (Terakreditasi A), Sains Manajemen (Terakreditasi A), dan Magister Manajemen (Terakreditasi A).

Program Doktoral

Ilmu Ekonomi Islam (Terakreditasi A), Ekonomi (Terakreditasi B), Akuntansi (Terakreditasi A), dan Ilmu Manajemen (Terakreditasi A).

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Program Sarjana Airlangga

Sosiologi (Terakreditasi A), Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A), Ilmu Hubungan International (Terakreditasi A), Ilmu Administrasi Negara (Terakreditasi A), Antropologi (Terakreditasi A), Ilmu Informasi dan Perpustakaan (Terakreditasi A), dan Ilmu Politik (Terakreditasi A).

Program Magister Airlangga

Kebijakan Publik (Terakreditasi A), Sosiologi (Terakreditasi A), Hubungan Internasional (Terakreditasi B), Ilmu Politik (Terakreditasi B), serta Media dan Komunikasi (Terakreditasi A).

Program Doktoral

Ilmu Sosial (Terakreditasi A).

Fakultas  Psikologi

Program Sarjana

Psikologi (Terakreditasi A).

Program Magister

Psikologi Terapan (Terakreditasi B), Magister Psikologi (Terakreditasi A), dan Psikologi Profesi (Terakreditasi A).

Program Doktoral Airlangga

Psikologi (Terakreditasi A).

Fakultas Kedokteran

Profesi

Pendidikan Dokter (Terakreditasi A)dan Pendidikan Bidan (Terakreditasi A).

Program Sarjana

Pendidikan Dokter (Terakreditasi A) dan  Pendidikan Bidan (Terakreditasi A).

Program Magister

Ilmu Kesehatan Reproduksi (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Olahraga (Terakreditasi A), Ilmu Kedokteran Tropis (Terakreditasi A), Ilmu Kedokteran Dasar (Terakreditasi A), dan Ilmu Kedokteran Klinik (Terakreditasi B).

Baca Juga:

Program Doktoral

Ilmu Kedokteran (Terakreditasi A).

Program Spesialis

Urologi (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Mata (Terakreditasi A), Ilmu Penyakit Dalam (Terakreditasi A), Neurologi (Terakreditasi B), Bedah Plastik Rekonstruksi Dan Estetik (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin (Terakreditasi A), Anestesiologi Dan Reanimasi (Terakreditasi B), Obstetri dan Ginekologi (Terakreditasi A), Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi (Terakreditasi A), Ilmu Bedah (Terakreditasi A), Psikiatri (Terakreditasi A), Ilmu Bedah Anak (Terakreditasi B), Ilmu Kardiologi Dan Kedokteran Vaskular (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher (Terakreditasi A), Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Terakreditasi A), Patologi Anatomi (Terakreditasi A), Patologi Klinik (Terakreditasi A), Radiologi (Terakreditasi A), Ilmu Bedah Saraf (Terakreditasi A), Andrologi (Terakreditasi B), Mikrobiologi Klinik (Terakreditasi A), Bedah Toraks Kardiovaskular (Terakreditasi A), Orthopaedi Dan Traumatologi (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Anak (Terakreditasi A), Ilmu Kedokteran Forensik Dan Medikolegal (Terakreditasi A).

Program Sub Spesialis

Ilmu Penyakit Dalam, Anestesiologi Dan Reanimasi, Obstetri Dan Ginekologi, Ilmu Kesehatan Anak, Patologi Klinik, Psikiatri Anak Dan Remaja, Bedah Kepala Leher,  dan Bedah Digestif.

Fakultas Kedokteran Gigi

Program Sarjana

Pendidikan Dokter Gigi (Terakreditasi A).

Program Magister

Ilmu Kesehatan Gigi (Terakreditasi B).

Program Doktoral

Kedokteran Gigi (Terakreditasi B).

Program Spesialis

Ilmu Konservasi Gigi (Terakreditasi A), Bedah Mulut Dan Maksilofasial (Terakreditasi A), Ilmu Penyakit Mulut (Terakreditasi A), Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Terakreditasi A), Prostodonsia (Terakreditasi A), Orthodonsia (Terakreditasi A), dan spesialis Periodonsia (Terakreditasi A).

Fakultas Farmasi

Profesi

Pendidikan Apoteker (Terakreditasi A).

Program Sarjana

Ilmu Farmasi (Terakreditasi B).

Program Magister

Ilmu Farmasi (Terakreditasi A) dan Farmasi Klinik (Terakreditasi A).

Program Doktoral

Farmasi (Terakreditasi A).

Spesialis

Spesialis Farmasi (Terakreditasi B).

Fakultas Hukum

Program Sarjana

Ilmu Hukum (Terakreditasi A).

Program Magister

Ilmu Hukum (Terakreditasi A) dan Magister Kenotariatan (Terakreditasi B).

Program Doktoral

Ilmu Hukum (Terakreditasi B).

Fakultas Kedokteran Hewan

Program Profesi

Pendidikan Dokter Hewan (Terakreditasi A).

Program Sarjana

Pendidikan Dokter Hewan (Terakreditasi A) dan Pendidikan Dokter Hewan (PDD Banyuwangi) (Terakreditasi B).

Program Magister

Vaksinologi Dan Imunoterapetika (Terakreditasi A), Ilmu Penyakit Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Terakreditasi A), Ilmu Biologi Reproduksi (Terakreditasi A), dan Agribisnis Veteriner (Terakreditasi A).

Program Doktoral

Sains Veteriner (Terakreditasi A).

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Sarjana

Matematika (Terakreditasi A), Fisika (Terakreditasi A), Biologi (Terakreditasi A), Kimia (Terakreditasi A), Sistem Informasi (Terakreditasi A), Statistika (Terakreditasi A), Teknik Biomedis (Terakreditasi A), dan sarjana Ilmu Teknologi Lingkungan (Terakreditasi A).

Baca Juga:

Program Magister

Biologi (Terakreditasi A), Kimia (Terakreditasi A), dan Teknik Biomedis (Terakreditasi B).

Program Doktoral

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Terakreditasi B).

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Program Sarjana

Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi A), Ilmu Gizi (Terakreditasi A), Kesehatan Masyarakat (PDD Banyuwangi) (Terakreditasi B).

Program Magister

Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi A), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Terakreditasi A), Kesehatan Lingkungan (Terakreditasi A), dan Epidemiologi (Terakreditasi A).

Program Doktoral

Ilmu Kesehatan (Terakreditasi A).

Program Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin

Program Sarjana

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknik Elektro, Teknik Industri, Rekayasa Nano Teknologi, dan Teknologi Sains Data .

Fakultas Ilmu Budaya

Program Sarjana

Ilmu Sejarah (Terakreditasi A), Sastra Jepang (Terakreditasi B), Sastra Indonesia (Terakreditasi A), dan Sastra Inggris (Terakreditasi A).

Program Magister

Kajian Sastra Dan Budaya (Terakreditasi B) dan Ilmu Linguistik (Terakreditasi B).

Fakultas Keperawatan

Program Sarjana

Pendidikan Ners (Terakreditasi A).

Program Magister

Keperawatan (Terakreditasi A).

Fakultas Perikanan dan Kelautan

Program Sarjana

Budidaya Perairan (Terakreditasi A), Teknologi Industri Hasil Perikanan (Terakreditasi B), dan Budidaya Perairan (PDD Banyuwangi) (Terakreditasi B).

Program Vokasi

unir
Kampus Unair Surabya Memiliki Program Vokasi Diploma 3 dan Diploma 4.

Diploma 3

Analis Medis, Fisioterapi (Terakreditasi B), Radiologi, Pengobat Tradisional, Teknik Kesehatan Gigi, Manajemen Perbankan (Terakreditasi A), Manajemen Kesekretariatan Dan Perkantoran (Terakreditasi B), Akuntansi (Terakreditasi A), Perpajakan, Manajemen Pemasaran (Terakreditasi A), Manajemen Perhotelan (Terakreditasi A), Kesehatan Ternak, Teknisi Perpustakaan, Kepariwisataan / Bina Wisata (Terakreditasi A), Otomasi Sistem Instrumentasi, Sistem Informasi, Hiperkes Dan Keselamatan Kerja (Terakreditasi A), dan Bahasa Inggris (Terakreditasi B).

Baca Juga:

Program D4

Pengobat Tradisional (Terakreditasi B), Fisioterapi (Terakreditasi B), dan Teknologi Radiologi Pencitraan (Terakreditasi B).

Sekolah Pascasarjana

Program Magister

Ilmu Forensik, Imunologi, Sains Hukum Dan Pembangunan, Sains Ekonomi Islam, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bioteknologi Perikanan Dan Kelautan, Kajian Hak Atas Kekayaan Intelektual, Kajian Ilmu Kepolisian, Teknobiomedik, serta Manajemen Bencana.

Program Doktoral

Ilmu Ekonomi Islam dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Beasiwa  Kuliah di Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga Surabaya menyediakan beberapa beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan.

Beasiswa yang tersedia di Unair  berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Untuk Informasi detail Beasiswa kalian bisa akses di laman resmi universitas ya Sob, sebab masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa tersebut di antaranya:

Beasiswa PPA,  Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua, Beasiswa,  Bidik Misi, dan Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Pemkab Bojonegoro, Beasiswa Pemkab Bondowoso, Beasiswa DIKTI, Beasiswa BNC BRI, CIMB Niaga, Beasiswa Pemkot Surabaya, Beasiswa Penuh dan Beasiswa Ikatan Alumni Airlangga.

Baca Juga:

Beasiswa ETOS (Dompet Dhuafa), Beasiswa Yayasan Salim, Beasiswa Super Semar, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa Mindo Campus adalah beberapa beasiswa yang berasal dari lembaga swasta.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas  Airlangga Surabaya

uniar
Jalur Pendaftaran Mahasiswa Universitas Airlangga Bisa Melalui SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Reguler/ Mandiri.

Seperti yang kita ketahui Sob, Universitas  Airlangga  merupakan perguruan tinggi berstatus negeri. Jadi Unair  hanya membuka 3 jalur seleksi penerimaan mahasiswa program Sarjananya antara lain:  Jalur undangan nilai rapor atas rekomendasi sekolah atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian ada jalur tes tertulis berbasis Komputer (UTBK) atau yang sering kita sebut dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir ada seleksi Ujian Jalur Mandiri.

Baca Juga:

Oh iya perlu kalian catat nih Sob, untuk jalur masuk Mandiri atau Reguler  kalian bisa akses di laman resmi universitas terkait, karena syarat, jadwal dan ketentuan pendaftaran memiliki perbedaan di tiap Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini juga berlaku juga jika kalian akan melakukan pendaftaran program Pascasarjana  ya Sob.

Baiklah, segitu dulu  ya ulasan terkait Universitas Airlangga Surabaya.  Jangan lupa  ikuti Tes BRAIN Online  gratis untuk mengenali potensi dan karakter diri kalian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *