Mengenal Jurusan Seni Musik: Mulai Pengertian Hingga Propsepek Lulusannya

jurusan seni musik
Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme.

Brain Personalities – Adakah dari Sobat Brain yang tertarik dengan dunia musik? Ternyata di jenjang perguruan tinggi saat ini telah banyak lho kampus yang memberikan pengajaran terkait  Seni Musik. Sobat Barin dapat memilih kuliah jurusan musik untuk memperdalam ilmu dan juga bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

Baca juga:

Oh iya berbicara tentang jurusan musik tak hanya akan mahir memainkan banyak jenis alat musik, tapi juga mengerti model-model penelitian musikologi hingga pengabdian masyarakat di bidang ini.

Pengetahuan Dasar Tentang Jurusan Seni Musik

Sebelum beranjak ke pembahasan yang lebih serius? Kenali dulu yuk apa sih sebenarnya jurusan seni music. Secara umum program studi Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Tapi tak hanya itu saja, di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, manajemen industri musik, hingga komposisi musik.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa universitas yang memiliki jurusan di bidang music lho. Mau tahu apa saja kampus yang bisa dipilih? Sebelum membahas lebih jauh tentang kuliah jurusan musik yuk kenali dulu  ragam apa saja mata kuliah yang bisa dipelajari ketika mengenyam kuliah di jurusan Musik. Mari simak ulasan lengkapnya sebagai berikut. 

Macam Kampus yang Menyediakan Jurusan Seni Musik

Selain bakat, teknik dan mempelajari ilmu, sangat penting mencari kesempatan sebanyak mungkin untuk memperluas wawasan dan menambah pengalaman. Di luar Indonesia, mahasiswa jurusan musik dapat menimba ilmu lewat pertunjukan musik, baik itu vokal maupun instrumental untuk menambah wawasan kalian Sob.

Baca juga:

Jurusan seni musik sendiri bisa kamu temukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Institut Kesenian Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Musik Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah beberapa contoh perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

Ruang Lingkup Kuliah Jurusan Seni Musik

Seni Musik Ikj
Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari banyak hal. Mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, manajemen industri musik, hingga komposisi musik.

Untuk masuk di Jurusan Seni Musik, setidaknya kamu harus mengetahui dasar teori musik serta skill alat musik yang kamu pilih. Misalnya biola, gitar, piano atau alat musik lainnya. Karena ketika masuk nanti, selain tes teori kamu juga diharuskan untuk tes skill yang kamu miliki.

Tapi tak usah khawatir, ketika masuk di Jurusan Seni Musik nanti kamu akan belajar lagi. Tapi, alangkah lebih mudah jika kamu sudah memahami dasar teori musik serta dapat memainkan salah satu alat musik. Oleh karena itu, jika kamu tertarik masuk Jurusan Seni Musik alangkah baiknya kamu dapat mulai belajar sejak SMA.

Prospek Lulusan Seni Musik

Lulusan jurusan ini tidak harus menjadi musisi di panggung ya Sob. Banyak juga kok dari lulusan ini yang menjadi pengajar, profesor, hingga musikolog. Selain itu juga banyak pekerjaan yang bisa kalian dapat jika menjadi lulusan ini, termasuk pekerjaan-pekerjaan besar dalam bidang film maupun teater. Berikut ini beberapa prospek pekerjaan yang umum bisa didapat ketika berkarir pasca lulus dari kuliah jurusan ini.

Administrator A&R

Kesempatan yang pertama terbuka bagi kalian lulusan sen music adalah menjadi representatif Artists & Repertoire (A&R). Adapun bidang ini selalu dibutuhkan untuk perusahaan rekaman atau perusahaan manajemen artis.

Accompanist

Posisi ini bertugas mengadakan pertunjukan bersama kelompok ansambel. Selain itu, juga menemani murid-murid dari sekolah musik, peserta kelompok ansambel, koor gereja dan kongregasi, atau kelas-kelas menari untuk latihan konser dan pertunjukan bersama musisi lainnya.

Baca juga:

Agen Musik

Pekerjaan ini biasanya bekerja sama dengan perusahaan manajemen artis. Yang umum dikerjakan di bagian ini antara lain mengatur jadwal gig alias pertunjukan musik bagi artis, band, atau kelompok musik lainnya di berbagai tempat umum.

Representatif A&R

Selanjutnya kalian berpeluang berkarir di bidang Representatif A&R. Profesi ini bertugas menyeleksi kandidat untuk perusahaan rekaman dan mengurus kontrak antara artis dan perusahaan.

Pelaku/ Instruktur Teknik Musik

Profesi ini umumnya bergerak secara mandiri atau  independen. Tentu saja  tugasnya memberikan motivasi kepada musisi agar mereka percaya diri.

App Developer

Mengingat aplikasi musik semakin populer, tentu dibutuhkan seorang app developer. Tak hanya membuat aplikasi, profesi ini juga dapat memberikan jasa konsultasi, testing, atau mengevaluasi sebuah aplikasi musik.

Arranger/ Arasenmen

Profesi ini bertugas membuat lagu atau mengharmonisasi karya dari komposer lain. Musik yang dibuat beragam, bisa untuk band musik hingga film.

Audio Engineer

Seorang audio engineer punya spesialis musik yang mengatur bagaimana suara dimanipulasi, direkam, dan digabungkan dalam suatu rekaman audio.

Ulasan Penutup

Kesuksesan atas suatu pekerjaan diperoleh melalui tanggung jawab yang diemban. Begitu pula Seni Musik yang dibebani sederet tanggung jawab, terutama tentang penguasaan dan pendalaman terhadap jurusan ini. Oleh karena itu, kemampuan manajemen industri musik, produksi musik, hingga komposisi musik melalui bunyi dan ritme menjadi poin penting yang harus dikuasai.

Nah, jika Sobat Brain berminat melanjutkan kuliah di jurusan Seni Musik sebaiknya kenali dulu potensi diri melalui Tes Brain. Mengetahui potensi diri akan membantu Sobat Brain dalam memaksimalkan kinerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan, Sobat BRAIN?