Kuliah Jurusan Bisnis Ternyata Ada di Berbagai Fakultas

BRAIN Personalities – Hai, Sobat Brain! Menjamurnya bisnis berdampak positif bagi peningkatan peminat jurusan bisnis. Selama ini banyak orang mengira bahwa kuliah jurusan bisnis hanya dimiliki oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Bisnis memiliki jenis yang beragam sehingga jurusan kuliahnya pun bisa berada di fakultas manapun. Apalagi ilmu bisnis merupakan ilmu yang aplikatif, yaitu dapat diterapkan di berbagai bidang.

Artikel ini akan memaparkan serba-serbi kuliah jurusan bisnis. Apa itu ilmu bisnis yang dipelajari di perkuliahan? Jurusan apa saja yang berhubungan dengan ilmu bisnis? Universitas mana saja yang punya jurusan bisnis terbaik?

Yuk, simak dan catat hal menarik yang Sobat Brain temukan!

Pelajari juga:

 

Ilmu Bisnis di Perkuliahan

Potret keseharian mahasiswa
Potret keseharian mahasiswa

Definisi Ilmu Bisnis 

Ilmu bisnis adalah cabang ilmu yang membahas skema pemasaran produk, pengelolaan keuangan, dan pembukuan serta keberlanjutan usaha. Subtansinya penting dipahami sebagai bekal untuk mengembangkan bisnis milik pribadi maupun perusahaan.

Kampus Penyelenggara Kuliah Jurusan Bisnis Terbaik

Ada lembaga yang rutin mengeluarkan daftar kampus terbaik setiap tahunnya. Salah satu lembaga yang berdedikasi merilis daftar kampus terbaik adalah The World University Rankings (The WUR).

Pemeringkatan universitas atau kampus didasarkan pada lima indikator, yaitu sitasi, pendapatan industri, pandangan internasional, serta riset dan pengajaran. Nilai dari seluruh indikator ditampilkan dalam bentuk angka.

Pada tahun 2022 The WUR merilis daftar universitas terbaik di Indonesia bidang ilmu bisnis dan ekonomi. 10 kampus terbaik bidang ilmu bisnis menurut The WUR 2022 adalah:

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Terdiri dari empat jurusan, yaitu Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Syariah yang semuanya terakreditasi A.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB menyelenggarakan dua program sarjana terakreditasi A, yaitu Manajemen dan Kewirausahaan.

3. Bina Nusantara University (Binus University)

Kampus swasta ini ternyata memiliki penjurusan kuliah yang beragam di bidang bisnis. Ada Manajemen, Business Creation, Global Business Marketing, Creativepreneurship, Business Management, dan Entrepreneurship.

4. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusannya meliputi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, dan Manajemen yang keseluruhannya terakreditasi A.

5. Diponegoro University (UNDIP)

Terdapat jurusan Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, dan Manajemen yang terakreditasi A.

6. Gadjah Mada University (UGM)

Seluruh jursan ekonomika dan bisnis UGM meraih akreditasi A, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

7. Universitas Indonesia (UI)

Sederet jurusan bisnis yang ada di UI meliputi Bisnis Islam, Ilmu Ekonomi Islam, Ekstensi Akuntansi, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Keselruhan jurusan memiliki akreditasi A.

8. Padjadjaran University (UNPAD)

Salah satu jurusan yang bisa dipillih untuk mempelajari bisnis di UNPAD adalah Ilmu Ekonomi yang memiliki Akreditasi A.

9. Universitas Sebelas Maret (USM)

Penjurusan bidang ekonomi dan bisnis di USM terdiri dari Manajemen, Akuntansi, dan Manajemen Perusahaan yang terakreditasi A.

10. Telkom University (Tel U)

Ekonomi dan bisnis dapat juga dipelajari melalui jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika serta jurusan Akuntasi. Keduanya telah terakreditasi A.

Pelajari juga:

Mengenal Kuliah Jurusan Bisnis di luar Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Forum diskusi mahasiswa yang kuliah jurusan bisnis
Forum diskusi mahasiswa yang kuliah jurusan bisnis

Opini populer yang beredar di masyarakat terkait jurusan bisnis adalah jurusan tersebut hanya berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Namun, realitanya jurusan yang mempelajari ilmu bisnis ada di fakultas lainnya.

Aplikatifnya ilmu bisnis dapat diterapkan di manapun sehingga wajar saja jika ilmu ini dipelajari di luar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, seperti bidang pariwisata. Di samping mempelajari kepariwisataan, pengelolaan terkait bisnis pariwisata pun penting untuk dipelajari.

Agar memperoleh gambaran yang lebih jelas, simak ragam kuliah jurusan bisnis lainnya di bawah ini!

Kuliah Bisnis Jurusan Sistem Informasi Bisnis

Sistem Informasi Bisnis adalah perkuliahan yang mempelajari ilmu bisnis dan ilmu sistem informatika. Porsi pembelajaran antara kedua ilmu pun setara sehingga tercipta lulusan yang handal di bidang sistem informatika dan pengelolaan bisnis.

Technopreneur menjadi tujuan utama lulusan Sistem Informatika dan Bisnis dipersiapkan. Oleh karena itu, tamatannya dibekali keilmuan terkait teknologi sistem informasi untuk membentuk dan mengatur perusahaan rintisan (startup).

Kuliah jurusan bisnis di bidang sistem informasi pun membekali mahasiswanya sejumlah ilmu bisnis. Contohnya, Akuntansi, Supply Chain Management, Enterprise Resource Planning, dan E Business.

Lulusan Sistem Informasi Bisnis memiliki peluang kerja yang beragam. Pekerjaan yang bisa dijalaninya, seperti Arsitek Database, Auditor, Konsultan Pemasaran Digital, dan Perencanaan Bisnis Berkelanjutan.

Pelajari juga:

Matematika Bisnis

Tak sekadar matematika, Matematika Bisnis ternyata diimbuhi dengan ilmu bisnis dan penerapan matematika di ranah bisnis. Hal ini berguna untuk menyelesaikan persoalan bisnis.

Keberadaan ilmu matematika dalam operasional bisnis berperan sebagai fasilitator kerangka logis. Sementara itu, identifikasi masalah, proses analisis, dan penyusunan prediksi bisnis memerlukan kerangka logis. Artinya, eksistensi matematika dan bisnis saling terhubung.

Contoh mata kuliah yang dipelajari berupa Kalkulus, Logika Matematika, Komunikasi Bisnis, Teori Peluang, Makroekonomi, dan Pemrograman. Intinya, mata kuliah yang diajarkan berasal dari rumpun ilmu matematika dan ilmu bisnis.

Oh iya, Sob. Agar dapat memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai potensi diri, sebaiknya kamu mengikuti Tes BRAIN. Secara akurat dan cepat, tes ini mampu mengungkap kecerdasan dominan dan kepribadian.

Ikuti Tes BRAIN hanya 5 menit

Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis Unggas

Berada di kategori  pertanian, Manajemen Bisnis Unggas memfasilitasi kuliah jurusan bisnis dengan mata kuliah dari ilmu peternakan dan ilmu bisnis. Segala hal tentang manajemen dan unggas dipelajari di jurusan ini.

Manajemen merupakan cabang ilmu bisnis yang mempelajari planning, organizing, actuating, dan controlling. Seluruh tahapan manajemen bisnis unggas dipelajari di jurusan ini.

Selain manajemen, kuliah jurusan bisnis ini pun mengajari mahasiswanya terkait pasca panen, produksi, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia. Kemudian, seleksi bibit unggas hingga pengelolaan hasil ternak unggas pun dipelajari.

Agribisnis

Agribisnis disebut pula sebagai kuliah jurusan bisnis bidang sosial ekonomi pertanian. Aktivitas di jurusan ini direkomendasikan untuk Sobat Brain yang gemar bercocok tanam dan berladang serta berminat menjual hasilnya.

Perkuliahan jurusan Agribisnis membekali mahasiswanya dengan ilmu pertanian dan ilmu bisnis. Misalnya, Biologi, Fisika, Manajemen Agribisnis, Ekonomi Pertanian, Manajemen Usaha Tani, dan Dinamika Pasar Agribisnis.

Pelajari juga:

Penutup

Usai menyimak paparan di atas, Sobat Brain jadi tahu kan bahwa kuliah jurusan bisnis ternyata banyak pilihannya. Bahkan kuliahnya pun tak harus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Berhubung ilmu bisnis bisa diterapkan di mana saja, mempelajari ilmu ini sangat penting. Semakin menariknya ilmu bisnis karena bisa disesuaikan dengan minat Sobat Brain.

Bagi Sobat Brain yang berminat di bidang pertanian tapi berkeinginan pula kuliah jurusan bisnis, pilih saja jurusan Agribisnis. Fleksibilitas ini semakin optimal jika disandingkan dengan potensi yang Sobat Brain miliki.

Gali potensi diri Sobat Brain melalui Tes Brain agar pemilihan jurusan kuliah lebih optimal. Jurusan kuliah yang tepat menjadi awal persiapan karir pada masa depan.

Ikuti Tes Brain dan miliki sertifikat hasil tes di sini.

Tes Brain Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan, Sobat BRAIN?