CEO Microsoft, Satya Nadella Dapat Pelajaran Kerja Tim dari Kriket

CEO Microsoft

Jika Sobat Brain mendengar kata Microsoft pasti yang dikenal adalah Bill Gates, sang pendiri Microsoft Corporation. Namun, Sobat Brain perlu tau nih, bahwa ada satu tokoh Microsoft yang hebat untuk diulik. Tokoh tersebut adalah Satya Nadella yang menduduki kursi CEO Microsoft saat ini.

Kepemimpinan Satya sangat berperan dalam mengembangkan perusahaan IT Microsoft. Kehidupan pria berdarah India ini pun berubah drastis setelah bergabung dengan perusahaan perangkat lunak raksasa ini. Dalam perusahaan, Satya berhasil mengambil peluang besar dan meneruskan untuk membawahi beberapa divisi perusahaan.

Nah Sobat Brain yuk lebih dekat dengan Satya Nadella. Berikut profil dan kehidupan Satya Nadella.

Pelajari juga:

Tentang Satya Nadella, CEO Microsoft

Masa Kecil  dan Pendidikan 

CEO Microsoft

Pria berkacamata ini terlahir dengan nama lengkap Satya Narayana Nadella di Anantapur, Andhra Pradesh, India pada 19 Agustus 1967. Satya tumbuh di kelarga yang menggunakan bahasa Telugu. Ayahnya bernama Bukkapuram Nadella Yugandher, seorang PNS Layanan Administrasi India.

Sebelum memperoleh gelar sarjana di teknik listrik dari institut Teknologi Manipal, Karnataka tahun 1998, Satya bersekolah di sekolah uumum Hyderabad.

Selanjutnya Satya pindah ke Amerika Serikat untuk belajar ilmu komputer di University of Wisconsin Milwaukee. Satya pun lulus pada tahun 1990 dan menyandang gelar Master of Science (M.S Ilmu Komputer).

Satya kemudian melanjutkan studinya di University of Chicago Booth School of Business dan memperoleh gelar MBA di bidang administrasi bisnis.

Buat Sobat Brain, penting banget buat kamu untuk mengetahui potensi diri dalam memilih jurusan kuliah sehingga dapat mempercepat laju karir. Ikuti Tes BRAIN online yang dapat mengungkap kecerdasan dan kepribadian secara akurat berdasarkan fungsi dominan otak.

Pelajari juga:

Kehidupan Pribadi Satya Nadella

Satya Nadella menikah dengan Anupama pada tahun 1992. Anupama merupakan putri dari India Administration Service (IAS) batchmate, KR Venugopal. Keluarga Satya dan Anupama sudah saling kenal 30 tahun lamanya. Acara pernikahan merekan digelar sesuai adat India yang berlaku pada umumnya.

Dari pernikannya ini, Satya Nadella dikaruniai tiga anak, yaitu seorang cowok dan dua orang cewek. Kini keluarga kecil ini menetap di  Bellevue, Washington.

CEO Microsoft

Hobi Satya Nadella

Sosok CEO Microsoft yang satu ini adalah puisi India dan pembaca setia Amerika. Dirinya juga memiliki hobi di bidang olahraga tim kriket. Bahkan, Satya juga pernah bergabung di tim sekolahnya untuk bertanding kriket. Dia mengaku banyak mendapat pelajaran tentang kepemimpinan dan kerja sama dari olahraga tim ini.

Agar membangun tim, sebagai pemimpin atau pengusaha, kamu harus menempatkan karyawan berdasarkan potensi terbaik dan mampu memunculkan prestasi terbaik tim. Di sinilah peran Tes BRAIN dapat memberikan solusi melalui penjelasan detail melalui sertifikat hasil tes.

Pelajari juga:

Karir Sukses Satya Nadella

Bergelut di bidang ilmu komputer memang menjadi impian Satya Nadella sejak dulu. Untuk itu, Satya mengawali karirnya dengan masuk ke Sun Microsystems sebagai staff teknologi.

Barulah di tahun 1992, dirinya bergabung bersama perusahaan Microsoft. Selama bekerja di Microsoft banyak sekali proyek-proyek besar yang dihasillannya. Diantaranya adalah komputasi awan dan melakukan pengembangan salah satu infrastruktur cloud paling besar di dunia.

Pada saat itu, satya masih menempati jabatan senior wakil presiden Penelitian dan Pengembangan (R & D) yang bertanggung jawab di Divisi Layanan Online. Satya juga menjadi wakil presiden untuk Divisi Bisnis Microsoft.

Trobosan Satya Nadella yang lain adalah menciptakan presiden Microsoft $ 19.000.000.000 Server dan Alat Bisnis. Lalu, Satya juga mempunyai trobosan memimpin transformasi teknologi dan bisnis budaya perusahaan dari jasa klien untuk infrastruktur service dan cloud.

Satya juga dipercaya untuk mengembangkan database Microsoft, alat pengembang Azure Cloud, dan Windows Server. Di bawah komando Satya, pendapatan Cloud Services mengalami peningkatan, dari $ 16.6 menjadi $ 20,3 per 2011.

Baca juga:

Diangkat Jadi CEO Microsoft

Satya Nadella resmi menjadi pengganti Steve Ballmer sebagai CEO Microsoft pada 4 Februari 2014. Sebelumnya, selain satya Nadella ada beberapa nama yang digadang-gadang akan menjadi calon CEO perusahaan perangkat lunak ini. Diantaranya adalah mantan CEO Nokia Stephen Elop, CEO Ford Alan Mulally, pimpinan Skype Tony Bates, dan CEO Qualcomm Steve Mollenkopf. Orang-orang ini dipilih langsung oleh dewan Microsoft.

Setelah melalui pertimbangan yang sengit, akhirnya nama Satya Nadella terpilih untuk menyandang jabatan CEO Microsoft berikutnya. Menurut Bloomberg terpilihnya Satya karena dirinya cukup diplomatik bagi perusahaan tersebut. Satya telah memiliki pengalaman selama 22 tahun bekerja di bawah kepemimpinan Bill Gates dan Ballmer.

Satya dianggap telah membangun dan menciptakan karakter yang sesuai dengan Microsoft. Dirinya memiliki kepribadian yang lucu, sama halnya dengan Ballmer yang suka melucu di setiap kesempatan.

Pelajari juga:

Gaji CEO Microsoft

Kira-kira berapa sih gaji bekerja di Microsoft? Gaji pokok yang diperoleh Satya di Microsoft  sudah sekitar $ 700.000 pada tahun 2013. Belum lagi kompensasi total dengan bonus saham yang mencapai $ 7.600.000.

Posisi Jabatan yang Pernah Dipegang Satya Nadella

Sebelum menduduki kursi CEO, Satya Nadella pernah menempati beberapa posisi di perusahaan Microsoft, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Maret 2007-Februari 2011 sebagai Senior Vice¬President of Research dan Pengembangan untuk Divisi Layanan Online
  • Februari 2011-Februari 2014 sebagai Presiden Server & Peralatan Divisi
  • Wakil Presiden Divisi Bisnis
  • Corporate Vice¬President of Business Solutions dan Search & Advertising Platform Group
  • Executive Vice¬President of Cloud dan Enterprise Group

Pelajari juga:

Penutup

Perlu Sobat Brain ketahui, bahwa Satya Nadella selalu berkata “Ingin membangun sesuatu”. Ilmu komputer ternyata mengantarkannya untuk membangun sesuatu itu. Demikian informasi terkait Satya Nadella, CEO Microsoft saat ini. Semoga bermanfaat!

Tes BRAIN Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *