Menilik Ilmu Komunikasi: Info Kuliah Hingga Prospek Kerja Lulusannya

kuliah jurusan ilmu komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang sangat bagus.

BRAIN Personalities –  Percaya tidak sampai saat ini jurusan ilmu komunikasi masih menjadi salah satu prodi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Penyebabnya tidak lain  karena komunikasi adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang dan selalu dibutuhkan.

Apakah Sobat Brain tertarik dengan jurusan ini? Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang sangat bagus lho, hal ini  karena kebutuhan komunikasi yang baik saat ini sudah menjadi aspek penting bagi sebuah perusahaan. Misalnya pentingnya bagaimana strategi dan negosiasi. Dengan begitu, teori-teori komunikasi akan penting untuk kalian mengerti.

Baca juga:

Nah, kalau Sobat Brain tertarik dengan Program studi ilmu komunikasi tapi masih bingung apa saja sih yang dipelajari di jurusan ini. Yuk mari kita cari tahu sama sama lewat ulasan secara lebih dalam ya, yuk di simak selengkapnya di sini!

Tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara garis besar, pada program studi Ilmu Komunikasi Sobat akan diajarkan mengenai bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan bisa menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Ilmu Komunikasi yang akan Sobat pelajari pun sangat luas, sebab dalam kehidupan sehari-hari pastinya Sobat tidak terlepas dari komunikasi. 

Maka dari itu, biasanya di dalam ilmu komunikasi terdapat peminatan. Hal ini beralasan agar Sobat Brain bisa terfokus pada salah satu cabang Ilmu Komunikasi. Komunikasi itu juga banyak bentuknya. Tidak hanya berbicara, gambar dan tulisan pun juga merupakan bentuk komunikasi.

Oleh karena itu, Sobat Brain akan belajar bagaimana cara menyampaikan pesan yang efektif. Tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktekkan dalam kehidupan nyata. Teori yang dipelajari tidak akan membosankan, karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Mata Kuliah dan Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

public relation ilmu komunikasi
Kuliah jurusan Ilkom akan difokuskan dengan peminatan, di antaranya Public Relation, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Broadcasting, Periklanan, Advertising, atau Marketing Communication.

Pada perkuliahan tahun pertama, kalian  masih akan diajarkan mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi, dan Sosiologi Komunikasi. Biasanya di semester tiga kalian  bisa memilih jurusan atau peminatan sesuai dengan keinginan kalian. Pilihan peminatan ini akan berbeda-beda, tergantung dengan universitas.

Beberapa contoh peminatan yang bisa Sobat ambil, yaitu Public Relation, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Broadcasting, Periklanan, Advertising, atau Marketing Communication. Setiap peminatan akan mempelajari hal-hal yang berbeda.

Baca juga:

Di peminatan public relations Sobat akan belajar bagaimana cara membentuk dan menjaga citra baik suatu perusahaan. Sedangkan di marketing, belajar bagaimana cara membentuk suatu strategi pemasaran untuk sebuah produk agar laku dijual.

Advertising-lah yang berperan untuk mengemas strategi pemasaran tersebut. Broadcasting akan mempelajari cara penyajian pesan yang menarik dan bermanfaat yang disalurkan dengan dalam media massa.

Rekomendasi Kampus Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Berbicara jurusan komunikasi  saat ini telah bisa  Sobat temukan dengan mudah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia baik perguruan tinggi berstatus negeri maupun swasta. Sebagai informasi, jurusan ilmu komunikasi berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) atau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) ya.

 Berikut ini rekomendasi yang bisa kalian jadikan rujukan ketika memilih perguruan tinggi program studi ilmu komunikasi. Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Telkom University, Universitas Airlangga, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, UIN Jakarta, UPN Veteran Jakarta, Binus University, London School Public Relation,  dan masih banyak lagi.

Skill Wajib Dikuasai di Jurusan Komunikasi

Di Ilmu Komunikasi, public speaking merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib untuk Sobat Brain pelajari. Public speaking sendiri merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar bisa memahami perkataan yang diucapkan. Tak hanya berbicara, di dalam public speaking Sobat Brain juga akan belajar tentang gestur tubuh.

Sobat Brain juga akan belajar skill marketing dengan mengetahui sistem penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran. Ada juga kemampuan riset, pengolahan data, keterampilan menganalisis dan bersikap kritis.

Baca juga:

Adapun selanjutnya kalian akan belajar cara menulis berita atau script yang baik, videografi, fotografi, hingga desain grafis. Bagaimana banyak sekali kan ilmu baru yang akan berguna untuk kalian di masa depan.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi Apa?

prospek kerja lulusan ilmu komunikasi
Salah satu lapangan kerja utama adalah di media, baik itu di media cetak, elektronik, atau online.

Melihat bidang ilmunya yang luas dan pesatnya perkembangan media di Indonesia, maka peluang karir bagi para lulusannya pun sangat terbuka lebar karena hampir di semua perusahaan membutuhkan anak Komunikasi.  Tentu yang paling relevan jika lulus dari jurusan ini, salah satu lapangan kerja utama adalah di media, baik itu di media cetak, elektronik, atau online.

Sobat bisa menjadi humas atau Public Relation di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat media, jurnalis, pengamat komunikasi politik, penulis, content creator, Representatif Layanan Konsumen,Tim kreatif, floor director, Spesialis Hubungan Masyarakat, Public Relation, Pengajar Komunikasi, Telemarketer, Perencana Meeting, Convention dan Acara, Biro  Periklanan, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas, Pengajar atau Dosen, Content Creator, Jurnalis, dan masih banyak lagi ya.

Penutup Pembahasan

Nah itulah tadi ulasan tentang program studi ilmu komunikasi yang sudah sobat baca. Kira- kira Sobat Brain tertarik melanjutkan kuliah masuk jurusan ini? Bagi kalian yang masih bingung menentukan akan mengambil studi  apa, kenali kepribadian diri  untuk menakar potensi dan kecerdasan pada bidang yang akan kalian tekuni.

Yuk, ungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarkan fungsi dominan otak melalui Tes BRAIN Online  hanya 5 Menit. Semoga informasi ini dapat menambah referensi kalian yang sedang mencari perguruan tinggi, salam Brain, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *