Profil Founder dan CEO Janji Jiwa serta Perjalanan Bisnisnya

Brain Personalities – Hai, Sobat Brain! Kali kita akan membahas tentang Pemilik Kopi Janji Jiwa yang sukses membangun cabang di Indonesia. Tak dipungkiri gerai Kopi Janji Jiwa ada di berbagai penjuru. Lalu, siapa pencetus Kopi Janji Jiwa? Bagaimana cara Founder dan CEO Janji Jiwa mengelola bisnisnya?

Melalui tulisan ini Sobat Brain akan diajak untuk mengulik sosok di balik kesuksesan Kopi Janji Jiwa. Yuk, simak perjalanan karir pendiri Kopi Janji Jiwa yang inspiratif!

Pelajari juga:

Tentang Janji Jiwa

Apa itu Janji Jiwa?

Janji Jiwa adalah salah satu brand kopi lokal yang booming di kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan keluarga. Mengusung tagline “kopi dari hati”, Janji Jiwa berkomitmen menyuguhkan kopi dengan cita rasa klasik untuk para penikmat kopi.

Logo Janji Jiwa
Logo Janji Jiwa

Tak hanya itu, dari hati yang disebut Janji Jiwa membawa brand ini berinovasi sepenuh hati. Di samping kopi klasik, Janji Jiwa juga mengukuhkan branding-nya melalui kehadiran ragam varian kopi khas Janji Jiwa dan Jiwa Toast. Jiwa Toast merupakan gaya baru toast bread dengan berbagai varian rasa.

 

Kilas Balik Founder Sekaligus Owner Janji Jiwa

Brand Janji Jiwa dihadirkan oleh Founder-nya setelah melalui dinamika bisnis. Tercatat sebanyak 9 bidang usaha pernah dirintis oleh Pemilik Janji Jiwa Toast sebelum bisnis kopi franchise ini dirilis.

Diluncurkan pada pertengahan tahun 2018, kesuksesan Janji Jiwa nampak pada tahun pertama. Kesuksesan ini diraih berkat pemikiran brilian Founder-nya.

 

Siapa Founder Janji Jiwa?

Sebuah nama menyimpan sebuah cerita. Nama Janji Jiwa bermula dari kisah Founder Janji Jiwa, yaitu Billy Kurniawan yang memiliki minat atau passion terhadap kopi. Janji Jiwa merepresentasikan janji Billy untuk menyuguhkan kopi dari hati kepada seluruh penikmat kopi.

Pelajari juga:

 

Founder dan CEO Janji Jiwa, Billy Kurniawan

Profil Billy Kurniawan

Founder dan CEO Janji Jiwa
Founder dan CEO Janji Jiwa, Billy Kurniawan

Owner Janji Jiwa, Billy Kurniawan adalah lulusan Seattle University tahun 2017 dan sosok bersahaja yang berpedoman teguh pada kalimat “Menikmati Proses”. Proses yang dilalui Billy kini berbuah dan layak dinikmati hasilnya.

Billy Kurniawan tampak seperti pribadi yang tak suka mengumbar kehidupan pribadinya. Hal ini terlihat dari akun instagramnya @billy_k yang digembok. Namun, Billy bukan lah sosok yang pelit ilmu. Secara terbuka Billy menjelaskan perjalanannya dalam mengelola Janji Jiwa.

 

Perjalanan Billy dalam Menemukan Janji Jiwa

Usai lulus dari Seattle University pada tahun 2017, Billy sempat membangun bisnis minuman bubble tea dengan merk Calais. Bisnis Billy saat itu terhitung sukses karena 40 gerai Calais berhasil dibuka olehnya. Namun, Billy menemukan ketertarikan lain yang berlebih dari dirinya terhadap pengembangan kopi.

Akhirnya bermodalkan Rp70 juta dari penjualan saham bisnis sebelumnya, Billy membuka bisnis kopi yang dinamai Janji Jiwa. Gerai Janji Jiwa yang pertama atau Janji Jiwa Jilid 1 dibuka di ITC Kuningan, Jakarta. Nama Janji Jiwa dipilih sebagai representasi dari passion dan komitmen Billy sebagai Founder dan CEO Janji Jiwa dalam menyuguhkan produk dengan sepenuh hati.

 

Prestasi Billy Bersama Janji Jiwa

Rekor MURI kepada Billy Kurniawan
Penyerahan Rekor MURI

Selaku Founder dan CEO Janji Jiwa, Billy berhasil membuka 700 gerai Janji Jiwa yang tersebar di 50 kota di Indonesia dalam waktu satu tahun. Pencapaian ini diganjar penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (rekor MURI) untuk Pertumbuhan Tercepat Kedai Kopi dalam Satu Tahun. Penghargaan ini diberikan kepada Billy pada 23 Desember 2019 di Jakarta oleh Manajer MURI, Andre Purwandono, S.S.

Bicara bisnis sama artinya dengan membangun tim. Nah, buat Sobat Brain yang memilih atau mengetahui kepribadian dan kecerdasaan dominan dengan Tes BRAIN secara online.

Ikuti Tes BRAIN Online untuk mengetahui potensi tim Anda di sini

Strategi Bisnis Billy di Industri Kopi

Sang Owner Kopi Janji Jiwa, Billy Kurniawan menuturkan bahwa peluncuran Janji Jiwa untuk pertama kalinya pada tahun 2018 hanya mampu menjual 10 hingga 20 cup  per hari atau sekitar 600 cup dalam sebulan. Bahkan, kantor pertama Janji Jiwa saat itu terbuat dari kontainer bekas yang diisi oleh 5 karyawan.

Seiring waktu berlalu dan berkat strategi bisnis yang dijalankan Billy Selaku Founder dan  CEO Janji Jiwa, penjualan Janji Jiwa dari seluruh gerai yang tersebar di Indonesia pun mencapai 5 juta cup dalam sebulan. Selain itu, Janji Jiwa mampu mempekerjakan hingga 3.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Gerai Janji Jiwa
Gerai Janji Jiwa

Kecemerlangan capaian bisnis Janji Jiwa tentunya tak lepas dari strategi bisnis yang diterapkan oleh Billy. Penguatan branding Janji Jiwa dilakukan oleh Billy melalui penyesuaian rasa kopi dengan selera penikmat kopi di Indonesia serta pengembangan brand story.

Branding kopi Janji Jiwa semakin mantap di kancah persaingan brand kopi lainnya melalui kampanye digital. Janji Jiwa aktif mempublikasikan eksistensinya melalui media sosial dengan melibatkan Key Opinion Leader (KOL) dan influencer serta berkolaborasi dengan brand besar dari bidang lain maupun partner potensial lainnya.

 

Project Kolaborasi Janji Jiwa

Janji Jiwa tercatat pernah berkolaborasi dengan barista yang menjadi wakil Indonesia dalam World Barista Championship 2018, Muhammad Aga. Dalam rangka menciptakan varian kopi terbaru pun Janji Jiwa tercatat pernah berkolaborasi dengan Sasa Santan, Oreo, Milo, Hydro Coco dan Oreo Thin.

Tak hanya itu, kolaborasi Janji Jiwa juga menjangkau produk lintas bidang, seperti kosmetik, seni, dan fashion. Sebut saja brand Benefit Indonesia, Luxcrime, United, Lock&Lock, St Ives Indonesia, dan Ayang Cempaka pun pernah sepakat berkolaborasi dengan Janji Jiwa.

Begitu pula berbagai gelaran event  tak luput dari bidikan proyek kolaborasi Janji Jiwa. Ada Warteg Gratis, Podcast Menjadi Manusia, Kick Avenue, layanan musik Joox dan gelaran olahraga PSSI.

Upaya promosi dan branding melalui Project kolaborasi berbuah manis untuk pertumbuhan bisnis Janji Jiwa. Tagline “Kopi dari Hati” yang gencar digaungkan pun semakin menunjukkan passion Billy dan seluruh karyawan Janji Jiwa untuk mencurahkan menyuguhkan produk yang dibuat sepenuh hati.

Pelajari juga:

Penutup

Berbekal passion dan tekad yang kuat, bisnis yang semula sepi peminat kini punya ribuan peminat. Promosi dan kolaborasi menjadi bagian penting dalam perkembangan Janji Jiwa.

Kesuksesan Founder dan CEO Janji Jiwa tercapai berkat semangat menyalurkan passions serta menerapkan strategi bisnis yang tepat. Sekarang giliran Sobat Brain untuk menemukan passion agar dapat menyusun strategi bisnis yang tepat melalui Tes Brain.

Ikuti Tes Brain untuk menggali potensi dan miliki sertifikat hasil tes di sini.

Tes Brain Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *