CEO Google, Mengulik Sosok Sundar Pichai dari Kehidupan Hingga Penghasilannya

CEO Google

Brainpersonalities.com – Sosok yang akan kita bahas kali ini adalah orang nomor satu di Google. Dia adalah Sundar Pichai CEO Google saat ini sekaligus CEO Alphabet Inc. Pichai merupakan salah satu orang yang berpengaruh dalam sejarah perkembangan mesin pencarian ini. Dirinya andil dalam perancangan produk-produk Google seperti Chrome, Gmail, Google Maps, Google Drive, dan sistem operasi Android.

Sundar Pichai merintis karirnya dari nol, hingga akhirnya dia bergabung dengan Google di tahun 2004. Kemudian selang 11 tahun tepatnya 15 Oktober 2015 dia diangkat menjadi CEO Google menggantikan Lary Page, setelah menutuskan menjadi CEO Alphabet Inc. Nah Sobat Brain, berikut ini kami sajikan biografi Sundar Pichai mulai kehidupan kecil hingga Penghasilannya di Google.

Pelajari juga:

Kehidupan CEO Google, Sundar Pichai Saat Kecil

Nama aslinya adalah Pichai Sundararajan. Lahir pada 17 Juli 1972 di Madurai, Tamil Nadu India. Saat kecil laki-laki bermata coklat ini sering tidur di ruang tamu dalam rumah sempit bersama adik laki-lakinya yaitu Srinivasan Pichai.

Dahulu kehidupan keluarga Pichai kerap dihadapkan dengan masalah keuangan. Ayahnya bernama Regunatha Pichai hanyalah seorang teknisi listrik di perusahaan multinasional GEC. Sementara ibunya bernama Lakshmi Pichai adalah Stenografer.

Mengizinkan Pichai kuliah di luar negeri sebenarnya merupakan keputusan yang sulit bagi ayah Pichai lantara kondisi ekonomi yang pas-pasan saat itu. Namun, ayah Pichai melihat dalam diri Pichai ada bakat besar yang terpendam. Sejak kecil Pichai sudah tertarik dengan ilmu teknologi. Dia mempunyai daya ingat yang luar biasa, terutama dalam mengingat nomor telepon.

Akhirnya sang ayah rela menyisihkan uang gajinya untuk biaya Sundar ke luar negeri. Uang tersebut terkumpul hingga Rp 14 juta lebih.

Pelajari juga:

Kehidupan Pribadi

Sundar Pichai menikah dengan wanita cantik bernama Anjali Pichai. Dari pernikahan ini, mereka dikaruiniai dua orang anak.

CEO Google
Anjali Pichai dan Sundar Pichai

Background Pendidikan CEO Google, Sundar Pichai

CEO Google ini adalah lulusan sarjana Institut Teknologi Kharagpur, India. Dari studinya ini, Sundar mendapat gelar B.Tech dalam bidang Teknik Metalurgi.

Kemudian Sundar Pichai mendapat beasiswa S2 di Universitas Stanford, California, Amerika Serikat. Di sini Sundar mengambil ilmu material dan fisika semikonduktor dan lulus dengan gelar M.S dari Universitas Stanford.

CEO Google
CEO Google, Sundar Pichai Saat Menjadi Mahasiswa

Tidak hanya sampai di situ, pendidikan Sundar berlanjut hingga S3 di Universitas Wharton Pennsylvania, Amerika Serikat. Semasa S3, Sundar dijuluki Siebel Scholar dan Palmer Scholar lantaran dirinya termasuk mahasiswa multitalenta di Universitas ini. Dia pun berhasil menyelesaikan pendidikan S3 nya dengan gelar Doctor di tahun 2002.

Pelajari juga:

Kisah Sundar Pichai Berkarir dengan Google

CEO Google
Kantor Google

Sempat Bekerja di McKinsey & Company

Sebelum berkarir bersama Google pada 1 April 2004, Sundar Pichai pernah tergabung dalam perusahaan perusahaan logam bernama McKinsey & Company. Karena ketertarikannya di bidang teknologi, akhirnya Sundar pun berani keluar dan bergabung dengan perusahaan Google. Uniknya, bergabungnya Sundar Pichai di Google waktu itu bersamaan dengan hari dirilisnya Gmail oleh Google.

Bergabung di Tim Google Toolbar

Awal berkarir di Google, Sundar digabungkan dengan tim Google Toolbar yang menangani Internet Explorer dan Firefox supaya penggunanya mudah mengakses ke mesin pencarian Google. Kemudian dia beralih sebagai kepala manajemen dan pengembangan produk.

Terjun di Google Chrome

Tahun-tahun berikutnya, Sundar terlibat langsung dalam pengembangan browser Google yaitu Chrome yang dirilis pada tahun 2008. Pada awalnya, Eric Schmidt, CEO terdahulu tidak yakin akan meriliskan Chrome ini karena biaya pengembangannya yang mahal. Tetapi berkat cetusan ide dari Sundar Pichai, kini Google Chrome menjadi web browser terpopuler di dunia, bahkan mengalahkan pesaingnya yaitu Internet Explorer dan Firefox.

Di tahun itu juga Sundar naik jabatan sebagai wakil presiden pengembangan produk. Aktivitas Sundar di depan publik pun mulai banyak dan padat.

Menjabat Wakil Presiden dan kepala Produk

Sundar menjabat wakil presiden senior pada 2012, kemudian dirinya menyandang jabatan sebagai kepala produk di Google dan sistem operasi Android. Awalnya sistem operasi android ini diatur oleh Andy Rubin, namun karena Rubin berencana beralih menjadi CEO Microsoft, Rubin pun berpkir untuk mempercayakan sistem tersebut kepada Sundar Pichai. Pada akhirnya Rubin tidak jadi hengkang di Microsoft, melainkan dialihkan ke divisi lain di Google.

Sundar Diperebutkan Banyak Pihak

Pada 2011, Sundar Pichai dikabarkan hendak mengundurkan diri dari Google karena ingin mengejar pekerjaan di Twitter. Tetapi, pihak Google tidak ingin dia keluar. Dilansir dari Tribunnews.com, Sundar ditawari uang senilai Rp 712 Miliar oleh Google agar ia mau bertahan.

Sundar sebenarnya juga sempat berkerjasama dengan Satya Nadella sebagai calon CEO Microsoft di tahun 2014. Dirinya juga digadang-gadang akan dicalonkan sebagai CEO Microsoft. Lagi-lagi, pihak Google bergerak cepat memagari aset Sundar agar dia tidak berpaling ke Microsoft. Sundar pun lebih memilih melanjutkan karirnya bersama Google.

Pelajari juga:

Sundar Pichai Diangkat Jadi CEO Google

10 Agustus 2015, sang pendiri Google, Larry Page resmi mengumumkan bahwa Sundar Pichai adalah CEO Google berikutnya. Di tahun 2015 pula Sundar diminta untuk membantu dalam penyelesaian Alphabet Inc, yaitu perusahaan milik keluarga Google.

Kemudian pada 2019, setelah Sergey Brin mundur dari kursi presiden Alphabet, Sundar didapuk sebagai CEO Alphabet menggantikan dirinya. Itu berarti, pria berdarah India ini merangkap jabatan sebagai CEO di dua perusahaan sekaligus. Sebab, perlu Sobat Brain ketahui bahwa Alphabet tidak ada posisi presiden.

Baca juga:

Kekayaan CEO Google

Berbicara tentang kekayaan Sundar Pichai, saat awal diangkat sebagai CEO saja dirinya mendapat uang penghargaan saham berbasis kinerja sebesar  Rp 3,5 Miliar selama tiga tahun depan. Jumlah saham tersebut adalah bentuk penghargaan tertinggi dalam sejarah Google dan termasuk tertinggi kedua setelah Apple, pada 22 Desember 2019.

Sumbar data Starsunfolded, Sundar Pichai memiliki aset tetap berupa rumah mewah di Los Altos Hills, California yang harganya di taksir lebih dari Rp 96 Miliar. Besaran gaji bulanan Sundar diperkirakan mencapai lebih dari Rp 28 Miliar pada tahun 2020.  Dari penghasilannya itu, Sundar memiliki barang inventaris dengan harga tinggi.

Pelajari juga:

Penutup

Demikian biografi Sundar Pichai, CEO Google yang bisa kami bagikan kepada Sobat Brain. Semoga bermanfaat ya!

Penting sekali mengenali potensi diri dan tim kerja melalui Tes BRAIN online. Tes ini mampu menggungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarkan fungi dominan otak manusia. Tes kepribadian akurat untuk menempatkan tim pada profesi terbaik dan membantu perencanaan karir.

Ikuti tes Brain Online disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *