Administrasi Perkantoran: Pengertian, Mata Kuliah, Hingga Kampus Terbaiknya

pekerjaan lulusan administrasi perkantoran
Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi, baik di perusahaan atau kantor menjadi fokus pengajaran jurusan ini.

BRAIN Personalities – Hai semua apa kabar sobat Brain semuanya? jurusan administrasi perkantoran merupakan salah satu program studi atau jurusan di tingkat universitas yang mempelajari bagaimana perencanaan anggaran keuangan dan juga mengenai pembayaran dan pendapatan dari sebuah kantor atau perusahaan.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan dibekali keterampilan dalam menyelesaikan pekerjaan organisasi dan membantu menangani tugas-tugas dari pimpinan.

Baca juga:

Tak hanya melulu soal keterampilan di atas, keterampilan seperti korespondensi, mengetik, manajemen kearsipan, manajemen perkantoran, bahasa Inggris, teknologi informasi dan internet, dan lain sebagainya juga diajarkan di jurusan ini.

Ruang Lingkup

keterampilan yang dipelajari jurusan administrasi perkantoran
Beberapa keterampilan yang akan diasah antara lain meliputi, belajar mata kuliah khusus seperti Mengetik Elektronik, Simulasi Kantor, dan masih banyak lagi.

Perlu sobat ketahui, jurusan ini sangat populer dan bisa dikatakan sebagai jurusan favorit di pelbagai universitas di Indonesia dan juga dunia. DIkatakan demikian karena setiap tahunnya jurusan ini tak pernah sepi dari peminat.

Meski sering disamakan dengan istilah manajemen perkantoran, akan tetapi istilah administrasi perkantoran lebih berkaitan dengan urusan-urusan negara, sedangkan manajemen perkantoran berkaitan dengan perusahaan.

Seorang administrator tugas dan tanggung jawabnya tentu lebih ke dalam perencanaan kerja bagi pegawai, pengawasan pegawai, serta meminta pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan atau perbaikan peralatan kantor yang sudah ada. Berikut ini adalah Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran selengkapnya:

Aktivitas Kantor

Beberapa aktivitas kantor yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi perkantoran diantaranya:

Perencanaan Perkantoran, Pengorganisasian Perkantoran, Pengarahan Perkantoran, dan Pengawasan Perkantoran.

Sarana/ Fasilitas Kerja Perkantoran

Beberapa sarana/ fasilitas yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran adalah: Lokasi kantor, Gedung, Peralatan, Interior, Mesin-Mesin Kantor

Mata Kuliah dan Keterampilan yang Dipelajari

Setelah menyimak pengertian administrasi perkantoran, mari kita beranjak pada rancangan studi yang akan ditempuh ketika masuk di jurusan ini. Tentu di jurusan ini kita akan belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi, baik di perusahaan atau kantor.

Baca juga:

Segala hal yang kita pelajari di jurusan ini kita dibekali dengan kemampuan manajerial, komunikasi, mengelola organisasi, berpikir strategis, bahkan pengetahuan matematika. Beberapa keterampilan yang akan diasah antara lain meliputi, belajar mata kuliah khusus seperti Mengetik Elektronik, Simulasi Kantor, Manajemen Komplain, Stenografi, Praktek Komputer, dan berbagai macam mata kuliah Administrasi Perkantoran yang lain.

Prospek Kerja Jika Sudah Lulus

Prospek kerja lulusan ini sangat terbuka lebar. Setelah lulus, sobat bisa bekerja sebagai berikut. Belajar jurusan ini bukan hanya melulu administrasi perkantoran.

Sobat juga belajar bagaimana berkomunikasi yang efektif, korespondensi, teknologi informasi  masih banyak lagi. Hal ini akan menjadi jalan kalian untuk berkarir semakin luas di dunia kerja. Berikut alternative pekerjaan yang bisa ditekuni setelah lulus.

Sekretaris

Menjadi seorang sekretaris akan menuntut kalian untuk memfilter informasi seputar bisnis bagi pimpinan, termasuk juga sebagai pihak perekam sampai pengingat berbagai kegiatan pimpinan dalam perusahaan.

Staff Personalia

Prospek kerja berikutnya ialah menjadi staff personalia. Payroll, database, presensi, pinjaman, hingga pencatatan cuti karyawan merupakan tugas Administrasi Perkantoran seorang staff personalia.

Baca juga:

Personal Assistant

Di luar sana personal assistant akan banyak dibutuhkan mengingat orang penting dengan tingkat kesibukan yang tinggi, biasanya membutuhkan bantuan seorang personal assistant untuk meringankan tugas mereka

Public Relations

Prospek kelima, yaitu menjadi public relations. Kecakapan  dalam hal berkomunikasi, akan berpeluang bekerja di bidang Hubungan Masyarakat untuk menjembatani dunia luar dan perusahaan.

Dosen/Pengajar

Bagai sobat yang tertarik di dunia pendidikan, sobat bisa kok untuk menjadi tenaga pendidik. Berbekal pengalaman jika tidak mengajar di kampus, sobat bisa mengajar di tingkat SMK.

Kampus Terbaik Administrasi Perkantoran

Berbicara jurusan administrasi perkantoran saat ini telah bisa  Sobat temukan dengan mudah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia baik perguruan tinggi berstatus negeri maupun swasta.

Baca juga:

Sebagai informasi, jurusan ilmu komunikasi biasanya terbagi menjadi dua jenjang baik S1 ataupun D3 yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi.

Berikut ini rekomendasi yang bisa kalian jadikan rujukan ketika memilih perguruan tinggi program studi program studi ini. Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Telkom University, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, UIN Jakarta, UPN Veteran Jakarta, Binus University, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan Ulasan

Nah itulah tadi ulasan tentang program studi administrasi perkantoran yang sudah penulis rangkum dari pelbagai sumber. Kira- kira Sobat Brain tertarik melanjutkan kuliah masuk jurusan ini?  Sobat  bisa mempertimbangkan kesesuaian jurusan ini dengan kompetensi kalian.

Baca juga:

Oh iya sebelum mengakhiri pembahasan, yuk ungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarkan fungsi dominan otak melalui Tes BRAIN Online  hanya 5 Menit. Semoga informasi ini dapat menambah referensi kalian yang sedang mencari jurusan di perguruan tinggi, salam Brain, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *