Kupas Tuntas Kuliah Jurusan Tata Busana dan Prospek Masa Depan Lulusannya

pekerjaan Fashion-design
Jurusan fashion akan sangat sesuai untuk sobat yang memiliki minat dan bakat terhadap dunia seni, khususnya seni busana dan perhiasan.

BRAIN Personalities – Hai sobat Brain, kali ini pembahasan yang kita ulas mengenai kuliah di jurusan Tata Busana.  Kita sadar ngak sih jika fashion merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, lho.

Kalian  pasti sering foto OOTD terus di upload ke media sosial kalian, ya kan?  Atau kalian pernah ngebet untuk belanja di thrift shop biar makin fashionable? Nah, itu termasuk fokus utama fashion. 

Baca juga:

Maka dari itu, dunia fashion menjadi salah satu ruang yang dipenuhi dengan kreativitas. Para fashion desainer bisa menumpahkan ide kreasi mereka dalam bentuk karya busana atau pelengkap fashion lainnya.

Dunia Fashion Terus  Berkembang

Perkembangan dunia fashion juga selalu memberikan kejutan.  Pengikut trend fashion juga selalu banyak dari masa ke masa.  Tak ayal lagi, profesi fashion desainer juga makin menjamur. Seperti yang lagi hangat dibincangkan di media kita akhir akhir ini, apalagi kalau bukan Citayam Fashion Week.  

Lagi lagi fashion menjadi daya tarik anak anak di seputaran kawasan Sudirman, Jakarta unjuk kebolehan adu busana/ fashion kekinian. Semua itu berkat para fashion desainer, yang mana  karyanya  yang otentik dan unik pasti akan digemari pecinta mode.

Membuat baju yang bagus juga harus punya ilmunya, lho. Apa Sobat tertarik mendalami dan mempelajari dunia fashion? Jika iya, mungkin jurusan Fashion Design (Tata Busana) bisa kalian  pertimbangkan.

Tapi,  kira kira apa saja ya yang akan dipelajari dan bagaimana prospek kerja lulusannya? Tenang, pada pembahasan kali ini mari kita cari tahu sama sama seluk beluk kuliah jurusan ini. Simak selengkapnya di sini!

Gambaran Umum Tentang Fashion Design

lulusan Fashion design kerja apa
Prospek kerja yang bisa ditekuni lulusan fashion antara lain pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, konsultan fashion, dan jurnalis fashion, Creative Director, hingga Make Up Artist.

Jurusan Fashion Design atau Tata Busana pada dasarnya adalah jurusan yang mempelajari ilmu merancang busana. “Lho, jurusan Fashion Design sama Tata Busana itu sama?” Iya, di beberapa PTN umumnya disebut Tata Busana dan di beberapa perguruan tinggi swasta disebut Fashion Design. 

Artinya memang sama saja dan mata kuliahnya pun hampir sama, kok. Pada jurusan ini, sobat akan mempelajari teknik mendesain, seluk beluk produksi busana atau fashion, belajar membuat pola, dan menjahit.

Baca juga:

Makanya  jurusan fashion akan sangat sesuai untuk sobat yang memiliki minat dan bakat terhadap dunia seni, khususnya seni busana dan perhiasan.  Tapi perlu digaris bawahi, di dunia fashion kalian tidak nggak cuma belajar soal produksi, kamu juga akan belajar tentang analisis trend, marketing, dan manajemen fashion bisnis.

Prospek Lulusan Tata Busana di Masa Depan

Prospek kerja di dunia fashion sangat terbuka lebar ya, sob. Baju dan pakaian tak lagi hanya sekadar pakai, akan tetapi telah berkembang menjadi mode.

Apabila kalian mengambil jurusan ini dan mempunyai kemampuan serta keahlian yang mumpuni di bidang fashion design, tak perlu takut untuk tidak bisa berkarya. Ada banyak profesi yang bisa digeluti lulusan Tata Busana (Fashion Design) selain sebagai perancang busana atau desainer.

Alternatif lain yang bisa kalian dalami seperti desainer tekstil, pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, konsultan fashion, dan jurnalis fashion, Creative Director,  hingga Make Up Artist.  Selain itu, peluang untuk berwirausaha dengan mengembangkan merek fashion sendiri, atau pun bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia bisa jadi pilihan. Bagaimana menarik sekali bukan.

Kampus dengan Jurusan Tata Busana Terbaik

mashasiswa jurusan tata busana universitas negeri surabaya
Mahasiswa prodi tata busana universitas negeri surabaya adu keahlian ciptakan busana pesta.

Meski menjadi fashion desainer bisa dipelajari secara otodidak, ada pula pendidikan khusus yang bisa menjadi sarana pelajar yang mempunyai bakat dan minat di dunia fashion. Di jenjang pendidikan tinggi, ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki program S1 pendidikan fashion atau tata busana.

Baca juga:

Kuliah untuk jurusan fashion design kebanyakan program studi tersebut masuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP. Nah beberapa universitas ini bisa Sobat jadikan rujukan ketika hendak memilih jurusan ini di universitas negeri maupun swasta yang punya daya saing unggulan antara lain:

Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Telkom, Institut Teknologi Harapan Bangsa, LaSalle College Jakarta, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Nah itulah tadi ulasan tentang program studi fashion design yang sudah sobat baca. Kira- kira Sobat Brain tertarik melanjutkan kuliah masuk jurusan ini?  Sobat  bisa mempertimbangkan jurusan ini bukan hanya karena prospek kerjanya yang luas, tetapi karena bisnis fashion di dunia terus berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan.

Selain mengembangkan kompetensi diri menyalurkan passionnya di bidang seni merancang busana pasti akan terasa lebih menyenangkan jika karya yang kita buat bisa terkenal tingkat dunia.

Baca juga:

Di sisi lain,sobat  juga bisa buka usaha sendiri, seperti membuka butik atau sebagainya. Yang pasti kalau kamu kuliah di jurusan ini, kamu nggak akan ketinggalan tren fashion dan pastinya kamu sangat modis.

Oh iya sebelum mengakhiri pembahasan, yuk ungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarkan fungsi dominan otak melalui Tes BRAIN Online  hanya 5 Menit. Semoga informasi ini dapat menambah referensi kalian yang sedang mencari jurusan di perguruan tinggi, salam Brain, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *