Universitas Negeri Semarang, Daftar Jurusan dan Info Kuliah

unnes
Universitas Negeri Semarang Bekedudukan di Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

BRAIN Personalities – Halo pembaca Brain, di pembahasan kali ini  penulis ingin berbagi informasi Perguruan Tinggi Negeri yang  berada di Kota Atlas Semarang. Salah satu yang akan kita bahas adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES). Ada yang tahu universitas yang bekedudukan di Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri favorit yang ada di Indonesia lho.

Universitas yang memiliki ciri khas sebagai Universitas Konservasi yang  dicanangkan pada tahun 2010 (via. Unnes.ac.id). kampus ini merupakan eks. IKIP yang berubah nama menjadi Universitas Negeri Semarang pada tahun 1999. Unnes memiliki visi menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Selain itu, UNNES memiliki tradisi prestasi dan reputasi yang bagus Sob.

Baca Juga:

Pada tahun 2020 kemarin bisa dikatakan sebagai momentum terbaik Universitas Negeri Semarang, pasalnya di masa pandemi covid-19, Unnes secara konsisten terus mengukir reputasi melalu beberapa penghargaan seperti The Most Islamic Universites peringkat 1 Dunia versi uniRank atau 4ICU, Peringkat ke-11 Nasional versi uniRank atau 4ICU.

Unnes saat ini menduduki peringkat ke-26 Nasional versi Webomatrics, Memperoleh bintang 2 pada QS Star University, Peringkat ke-6 Nasional, dan ke-66 Global UI Green Matric. Motto dari kampus ini adalah Unnes Sutera singkatan dari Sehat, Unggul, Sejahtera. Kampus dengan warna khas almamater kuning ini memiliki Delapan Fakultas dengan jumlah 59 Program Studi yang tersedia.

Letak Kampus Universitas Negeri Semarang

Unnes memiliki 4 kampus yang terdiri dari Kampus utama di Sekaran daerah Gunungpati Kota Semarang. Kemudian Kampus di daerah Bendan ngisor untuk program pascasarjana, Kampus Ngaliyan yang diperuntukan untuk program PGSD, serta Kampus Unnes Tegal yang diperuntukan untuk mahasiswa  PGSD yang berasal dari Jawa Barat.

Bagi kalian yang pertama kali mengunjungi kampus utama Unnes di Sematrang mungkin akan  merasa heran bagaimana bisa ada kampus di daerah seperti ini, memang jalan akses kampus utama unnes terdiri dari 3 jalan utama yaitu jalan via Ungaran, jalan via Sampangan, dan Jalan via Mijen.

Daftar Fakultas dan Akreditasi Jurusan di Universitas Negeri Semarang

Saat ini Universitas Negeri Semarang memiliki Delapan fakultas dan terbagi menjadi beberapa program studi mulai dari Diploma, Sarjana, Magister sampai Doktoral.

Baca Juga:

Secara kelembagaan UNNES telah mendapatkan akreditasi Unggul (A) berdasarkan surat keputusan nomor 3174/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT. Nah, untuk detail jurusan apa saja yang ada di Universitas Negeri Semarang kalian bisa baca sampai habis ulasan di bawah sini ya Sob, selain itu juga telah penulisa cantumkan beasiswa, jalur pendaftaran sampai biaya kuliah di Universitas Negeri Semarang. Oke lanjut?

Fakultas Ekonomi

Pendidikan Ekonomi (A), Ekonomi Pembangunan (A), Akuntansi (A), dan Manajemen (A).

Fakultas Mipa

Pendidikan IPA (A), Matematika (A), Fisika (B), Kimia (A), Biologi (A), Pendidikan Kimia (A), Teknik Informatika (B), Pendidikan Fisika (A), Pendidikan Matematika (A), Pendidikan Biologi (A), Ilmu Lingkungan (Dalam Proses Akreditasi), Farmasi (Prodi Baru Proses Akreditasi), dan Sistem Informasi (Prodi Baru Proses Akreditasi).

Fakultas Ilmu Sosial

Ilmu Sejarah (A), Ilmu Politik (B), Pendidikan Sejarah (A), Pendidikan Geografi (A), Geografi (A), Pendidikan Sosiologi dan Antropologi (A), Pendidikan PKn (A), serta Pendidikan IPS (B).

Fakultas Ilmu Pendidikan

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (A), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (A), Pendidikan Luar Sekolah (A), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (A), Psikologi (B), dan jurusan Bimbingan dan Konseling (A).

Fakultas Bahasa dan Seni

Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (A), Pendidikan Bahasa Arab (A), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A), Sastra Indonesia (A), Sastra Jawa (A), Sastra Inggris (A), Sastra Prancis (A), Pendidikan Bahasa Jepang (A), Pendidikan Bahasa Prancis (A), Seni Rupa (B), Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Bahasa Inggris (A), Pendidikan Seni Rupa (A), Pendidikan Bahasa Mandarin (A), Pendidikan Seni Tari (A), dan yang terakhir jurusan Pendidikan Seni Musik (A). Bagaimana kalian tertarik mendaftar di jurusan apa?

Baca Juga:

Fakultas Ilmu Olahraga

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (A), Ilmu Kesehatan Masyarakat (B), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (B), Ilmu Keolahragaan (A), Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (B), dan Ilmu Gizi (B).

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum (A)

Fakultas Teknik

Pendidikan Teknik Mesin (A), Pendidikan Tata Kecantikan (A), Pendidikan Teknik Bangunan (A), Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (A), Teknik Kimia (B), Pendidikan Teknik Elektro (A), Teknik Elektro (B), Pendidikan Teknik Otomotif (B), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (A), Teknik Sipil (B), Pendidikan Tata Busana (B), Pendidikan Tata Boga (B), Teknik Arsitektur (B), dan Teknik Mesin (B).

Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

Magister

  1. Pendidikan Anak Usia Dini (B)
  2. Pendidikan Bahasa Inggris (C)
  3. Ilmu Pengetahuan Alam (A)
  4. Pendidikan Fisika (B
  5. Pengembangan Kurikulum (B)
  6. Pendidikan Matematika (B)
  7. Bimbingan dan Konseling (A)
  8. Pendidikan Bahasa Indonesia (A)
  9. Pendidikan Olahraga (A)
  10. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (A)
  11. Manajemen Pendidikan (B)
  12. Pendidikan Kejuruan (B)
  13. Ilmu Ekonomi (B)
  14. Pendidikan Dasar (A)
  15. Pendidikan Seni (A)
  16. Studi Ilmu Ekonomi (A)
  17. Pendidikan Kimia (B)
  18. Kesehatan Masyarakat (B
  19. Pendidikan Luar Sekolah (B)
  20. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (A)
  21. Ilmu Hukum (B)
  22. Pendidikan Geografi (B)

Doktoral

  1. Pendidikan Seni (A)
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (B)
  3. Matematika (B)
  4. Bimbingan dan Konseling (B)
  5. Manajemen Pendidikan (C)
  6. Pendidikan Ilmu Olahraga (A)
  7. Bahasa Indonesia (A)
  8. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (B)
  9. Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Program Diploma dan Profesi

Statistika Terapan dan Komputasi (A), Survei dan Pemetaan Wilayah (B), Profesi Pendidikan Konselor (B), dan Profesi Pendidikan Guru (B).

Biaya dan Beasiswa Kuliah di Universitas Semarang

Berdasarkan peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016, Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa Universitas Negeri Semarang disesuaikan dengan kemampuan keluarga  atau orang yang membiayainya.

Baca Juga:

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki mahasiswa serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan, Universitas  Negeri Semarang menyediakan beberapa beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswanya.

Beasiswa yang tersedia di Unes  berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Untuk Informasi terkait detail beasiswa kalian bisa akses di laman resmi universitas ya Sob. Beberapa beasiswa tersebut di antaranya:

Beasiswa PPA, Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua, Beasiswa I’M-HERE, Beasiswa Unggulan DIKTI  BNC BRI, Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Kartu Indonesia Pintar, Beasiswa Beasiswa VDMS UNNES,  Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Bank BTN, Beasiswa Yayasan Salim, Beasiswa Supersemar, Lazis UNNES, dan masih banyak lagi.

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang

mahasisswa unnes
Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Negeri Semarang Bisa Melalui SBMPTN, SNMPTN dan Ujian Mandiri.

Seperti yang kita ketahui Sob, Universitas Semarang  merupakan perguruan tinggi berstatus negeri. Jadi Unes  hanya membuka 3 jalur seleksi penerimaan mahasiswa program Sarjananya antara lain:  Jalur undangan nilai rapor atas rekomendasi sekolah atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian ada jalur tes tertulis berbasis Komputer (UTBK) atau yang sering kita sebut dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir ada seleksi Ujian Jalur Mandiri.

Baca Juga:

Oh iya perlu kalian catat nih Sob, untuk jalur masuk Mandiri atau Reguler kalian bisa akses di laman resmi universitas terkait, karena syarat, jadwal dan ketentuan pendaftaran memiliki perbedaan di tiap Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini juga berlaku juga jika kalian hendak melakukan pendaftaran di program Pascasarjana  ya Sob.

Baiklah, segitu dulu  ya ulasan terkait Universitas Negeri Semarang Unnes.  Jangan lupa  ikuti Tes BRAIN Online gratis untuk mengenali potensi dan karakter diri kalian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *