Ini Daftar Jurusan di Wijaya Kusuma Purwokerto

unwiku
Universitas Swasta Wijaya Kusuma Purwokerto

BRAIN Personalities – Menyebut nama Purwokerto, mungkin dalam bayangan langsung terbersit dengan Kabupaten Banyumas. Kedua wilayah memiliki keterkaitan satu sama lain yang tak terelakkan.Meskipun Purwokerto hanyalah sebatas Ibu kota Kabupaten akan tetapi kota ini digolongkan sebagai Ibukota Kabupaten yang maju dan perkembangannya dari tahun ke tahun tergolong pesat, tak terkecuali dengan kemajuan pendidikanya. Nah pada kesemptan kali ini, penulis ingin sajikan salah satu universitas favorit jadi tujuan mahasiswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, bukan Universitas Muhammadiyah Purwokerto,  tidak juga Institut Teknologi Telkom Purwokerto atau Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, tapi Universita Wijaya Kusuma Purwokerto.

Yups. Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto atau yang biasa disebut dengan julukan UNWIKU, adalah sebuah perguruan tinggi swatsa terakreditasi B yang terdapat di kabupaten banyumas, jawa tengah. Universitas ini berdiri pada 19 Agustus 1980, gedung kampus UNWIKU terletak di Jl. Raya Beji Karangsalam, Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga:

Berdirinya Unwiku merupakan bentuk perwujudan dari cita-cita Yayasan Wijayakusuma yaitu ingin berperan secara aktif melaksanakan Pembangunan Nasional sebagaimana tercantum di dalam akta pendirian yayasan nomor: 29 tanggal 07 Juni 1980 dan disahkan oleh Pengadilan Negeri Purwokerto nomor: 62/1980/AKTA tanggal 19 Agustus 1980.

Pendirian UNWIKU didukung oleh Menko Kesra, Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto serta masyarakat Purwokerto, Banyumas pada umumnya, sehingga pada tanggal 17 Juni 1980, Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah dengan Surat Keputusan nomor: 064/K/22/Kop/VI/1980 mengukuhkan berdirinya Unwiku.

Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto

Dengan Visi “Menjadikan entrepreneur university untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan mandiri serta berjiwa Pancasila, ” Unwiku terakreditasi dengan nilai B dengan nomor SK: 244/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020 dan berlaku hingga 16 Mei 2025 yang akan datang.

Terdaapat 5 Fakultas dan 11 Program studi aktif yang bisa kamu ambil di kampus ini, pendaftaran kuliah di kampus ini dapat dilakukan dalam 2 jalur, yakni pendaftaran bidikmisi dan pendaftaran mandiri, biaya kuliah jalur bidik misi akan lebih murah dibandingkan jalur mandiri.

Baca Juga:

Di antaranya, ada Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, dan Fakultas Peternakan. Nah apa saja jurusan di Universitas ini. Yuk simak selengkapanya di bawah sini.

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

Studi Ilmu Hukum Unwiku nantinya  pada studi ini akan banyak melakukan pengembangan  penelitian berbasis problem solving dalam pelbagai masalah-masalah hukum dan sosial dalam masyarakat untuk dapat memberikan solusi terbaik. Jenjang karir  prodi ini meliputi: hakim, pengacara sampai jaksa. Adapun  akreditasi program studi ini mendapat nilai  B dari BAN-PT.

Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik

Ilmu Administrasi Negara

Program studi Administrasi Publik Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto terakreditasi B. Kalian akan banyak mempelajari tata kelola administrasi organisasi public seperti. Pelajaran kalian tidak akan jauh jauh dari pengelolaan  penerapan  kebijakan public, formulasi kebijakan publik, masyarakat sosial dan evaluasi kebijakan di sistemasi negara.

Ilmu Komunikasi

Studi Ilkom Unwiku juga terakreditasi  B Sob, Program Studi Studi Ilmu Komunikasi ini akan mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dalam bidang  broadcast, jurnalis, announcer dan presenter, master of ceremony (MC), public relations officer, staf humas pemerintah maupun swasta, event organizer,  fotografer, editor,  film maker dan masih banyak lagu karir yang potensial lulusan jurusan ini.

Adapun semua studi di rumpun fakultas ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B.

Fakultas Teknik

unwiku sipil
Mahasiswa Teknik Sipil Unwiku Melakukan Praktikum Kerja di Lapangan.

Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin Unwiku mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang unggul dan kompeten dalam bidang engineering atau mesin, seperti manufaktur industri ,konsultan struktur, eginering kendaraan. kalian nanti akan banyak mempelajari mata kuliah seperti aerodinamika, mesin konversi energi,  fisika mekanik,  mesin fluida,  dan masih banyak lagi.

Teknik Elektro

Orientasi pada studi Teknik Elektro menjadikan lulusannya seorang yang  unggul dan kompeten di bidang  desain sistem elektronika industri, telekomunikasi informatika, elektronika instrumentasi yang diimplementasikan pada Industri manufaktur. pengolahan isyarat digital, sistem isolasi, praktikum pemrograman, perencanaan sistem listrik industri merupakan beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan ini.

Teknik Sipil

Fokus pada pengajarannya bagaimana perencanaan/perancangan, desain dan konstruksi, manajemen dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung pembangunan sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Teknik Informatika

Orientasi jurusan informatika Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto mengoptimalkan para lulusannya menjadi seorang yang  unggul dan kompeten dalam bidang programmer, manager teknologi informasi, perancang sistem informasi, konsultan teknologi informasi, analisis dan administrator, computer network administrator dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Adapun semua studi di rumpun fakultas ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B.  Sampai sini kalian tertarik di studi yang mana nih?

Fakultas Ekonomi

Akuntansi

Akuntansi Unwiku  unggul dalam mendidik para lulusannya menjadi seorang  yang kompeten dalam bidang pengelolaan angka, baik sebagai  akuntan internal, akuntan public. Selain itu peluang berkarir bidang ini bisa menjadi auditor, analis keuangan, pengembang sistem informasi akuntansi.

Manajemen

Orientasi lulusan jurusan ini menjadikan seorang yang kompeten dan unggul di bidang manajerial bidang ekonomi bisnis . Pengembangan strategi, merancang rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia adalah beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari jika kuliah di jurusan ini.

Ekonomi Pembanguanan

Di jurusan ekonomi pembangunan ini orientasinya berupaya  mengoptimalkan para lulusannya kompeten di bidang penerapan ekonomi di perusahaan atau korporasi. Nantinya kalian akan banyak mempelajari bagaiamana  Menganalisa koorpertais yang baik, Penerapan ekonomi dipelbagai sektor, evaluasi korporat dan masih banyak lagi pembelajaran menarik lainnya.

Adapun semua studi di rumpun fakultas ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B.

Fakultas Peternakan

Peternakan

Di Universitas Swasta Wijaya Kusuma Purwokerto ini, jurusan peternakan merupakan bidang ilmu yang mempelajari ilmu hewan-hewan ternak yang bisa diolah dalam skala industri. Nantinya kalian lulusan fakultas ini menyandang gelar S.Pt Sob.

Baca Juga:

Studi Ilmu Peternakan Unwiku juga telah terakreditasi B, nantinya kalian para lulusanya diproyeksikan menjadi seorang yang unggul dan kompeten dalam bidang Peternakan, kalian nantinya lebih nayak mempelajari ilmu hewan-hewan ternak, mulai dari nutrisi, pengelolaan ternak serta tak jarang banyak penelitian yang mengembangkan nilai fungsi peternakan dengan bioteknologi.

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto

  1. WNI yang tidak kehilangan status kewarganegaraannya
  2. Mengisi formulir pendaftaran.
  3. Menyerahkan Fotocopy STTB SMU/ SMK atau yang disamakan dan fotocopy NEM, sebanyak 4 lembar (legalisir), Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar, dan Pas Foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar (Kemeja putih, dasi panjang hitam,, latar biru)
  4. Lulusan Sekolah Menengah Umum/Atas (SMU/SMA), atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau SLTA sederajat, serta lulusan Paket C. Bagi yang belum mendapatkan ijazah dapat melampirkan SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) atau Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah.
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-

Ketentuan Pendaftaran

Calon mahasiswa baru, dapat datang langsung ke Kantor Pusat Universitas Wijayakusuma dengan melengkapi syarat pendaftaran. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru menerapkan sistem One Day Service (pelayanan satu hari) apabila calon mahasiswa sudah membawa persyaratan lengkap. Calon mahasiswa, apabila sudah menyatakan siap, bisa langsung mengikuti ujian test masuk, dan langsung menunggu hasilnya pada hari itu juga.

Penerimaan Mahasiswa Transfer/ Alih Jenjang

Di Universitas Wijaya Kususma Purwokerto juga menerima calon mahasiswa baru transfer/ pindahan atau alih jenjang. Calon mahasiswa pindahan dan calon mahasiswa yang melanjutkan studi harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang telah ditentukan. Persyaratan calon mahasiswa pindahan dan melanjutkan studi :

  1. Menyerahkan rekaman asli hasil studi dari perguruan tinggi asal,  salinan ijasah terakhir yang telah dilegalisasi, dan foto copy kartu tanda penduduk dan Surat keterangan pindah dari perguruan tinggi asal bagi calon mahasiswa pindahan.
  2. Bukan mahasiswa Drop Out/ menerima sangsi akademik dari PT asal.
  3. Biaya SPP Rp. 2.500.000,00 per semester
  4. Biaya Praktikum Rp. 200.000 persemester

Nah, itu tadi sedikit ulasan terkait Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto yang penulis himpun dari pelbagai sumber, Bagaimana kalian tertarik mendaftar di studi apa?  Pertimbangkan yang matang Sob sebelum mengambil universitas dan studi, kenali juga potensi diri kalian, yuk ikuti  Tes BRAIN Online  gratis .

Baca Juga:

Semoga dapat menambah wawasan dan membantu kalian yang sedang membutuhkan informasi kampus.  Oh iya, apabila informasi yang penulis sajikan kurang lengkap,  silahkan berikan saran dan kritik di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat, nanti kita ketemu lagi di pembahasan seputar kampus selanjutnya. Tunggu informasi selanjutnya salam Brain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *