Kenali Jurusan Teknik Informatika, Mulai Pengertian, Mata Kuliah, Sampai Prospek Karir

program studi teknik informatika
teknik informatika merupakan suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika.

BRAIN Personalities – Masifnya kemajuan teknologi dan informasi membuat jurusan kuliah yang berhubungan dengan IT naik daun. Hal ini menjadikan minat kuliah  jurusan teknik informatika  di universitas baik negeri maupun kampus swasta animonya meningkat.

Apalagi di era digital seperti sekarang, peningkatan penerapan teknologi informasi di berbagai bidang industri justru membuka peluang kerja bagi para lulusan ini.

Baca juga:

Apakah Sobat termasuk salah satu yang tertarik untuk mendalami kuliah di jurusan ini? Jika iya, yuk simak hal-hal yang menarik seputar jurusan ini mulai dari pengertian, ruang lingkup, ragam pembelajaran, sampai prospek lulusannya.

Pengertian Umum Kuliah Jurusan Informatika

Sebelum mengulas lebih jauh sebenarnya apa sih pengertiannya? Jadi, teknik informatika  merupakan suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika.

Lebih jelasnya lagi, prodi ini mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Mungkin beberapa dari Sobat kebingungan untuk membedakan ketiga jurusan tersebut. Nah, supaya nanti lebih mudah dipahami, ada baiknya sobat ketahui perbedaan ketiga jurusan tersebut.

Beda dengan Teknik Komputer atau Sistem Informasi

jurusan-teknik-informatika-1024x683
Mata kuliah yang akan kalian temui lebih berkutat pada programming, software  maupun hardware , teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Apa yang membedakan jurusan ini dengan teknik komputer dan informatika? Tentu beda ya, sob. Jurusan Teknik Komputer  lebih banyak menghabiskan waktu berkutat dengan perangkat keras komputer (hardware). Selain belajar tentang bagian-bagian dari komputer, mahasiswa juga akan bermain dengan microcontroller, yakni otak dari komputer.

Lalu di jurusan Sistem Informasi, sobat akan mendapat dua ilmu gabungan antara manajemen dan ilmu komputer. Jadi, Bisa dikatakan, Jurusan Sistem Informatika hampir mirip dengan Teknik Industri yang menggabungkan antara bidang manajemen dan teknis.

Baca Juga:

Nah, jika jurusan Teknik Informatika Sobat  akan lebih mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika.   Adapun  mata kuliah yang akan kalian temui lebih berkutat pada programming, software  maupun hardware , teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Ruang Lingkup Informatika

Bidang informatika, akan banyak pembelajaran tentang pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. So, kecerdasan logika terkait matematika dan kemampuan analisis tajam wajib dimiliki untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membuat suatu program.

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini biasanya di semester awal, mahasiswa akan mendalami Pengantar Teknologi Komputer dan Informatika, Kalkulus, Algoritma dan Pemrograman, Sistem Database, Artificial Intelligence (AI), dan Analisis Algoritma.

Baca Juga:

Kemudian pada empat semester akhir perkuliahan, mahasiswa akan belajar bagaimana konsep Rekayasa Perangkat Lunak, Data Warehouse, Data Mining, dan Teori Bahasa dan Automata. Selain mata kuliah wajib tersebut, kamu juga dapat memilih mata kuliah sesuai dengan peminatan yang dipilih.

Orientasi Karir Lulusannya

prodi teknik informatika
Ada banyak kampus yang membuka mata kuliah ini, tentunya dengan pengajaran yang unggul baik dari sarana dan tenaga pengajarnya.

Bagaimana dengan prospek karir jurusan Teknik Informatika? Tidak perlu khawatir, sebab lulusan dari jurusan ini sangat dicari dan dibutuhkan oleh segala jenis perusahaan. Apalagi di era digital seperti sekarang, peningkatan penerapan teknologi informasi di berbagai bidang industri justru membuka peluang kerja bagi para lulusan Teknik Informatika. 

Programmer

Programmer atau pemrogram komputer memiliki tanggung jawab untuk menulis kode-kode (coding) suatu software atau aplikasi.

Web Developer

Pengembang web adalah nama lain dari web developer yang  merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati. Jika kalian enggan kerja full time, seorang web developer dapat juga bekerja sendiri sebagai freelancer yang mengerjakan proyek berdasarkan permintaan klien.

Mobile Application Developer

Pekerjaan ini berkaitan dengan pembuatan, pengujian, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi.

System Analyst dan System Integrator

Kalian bisa juga kok berkarir di bagian analis, baik itu sistem dalam satu instansi atau perusahaan, atau membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

Baca juga:

Web Engineer atau Web Administrator:

Seorang yang bekerja di bidang ini berperan dalam merancang, membangun, mengembangkan, sekaligus memelihara website serta berbagai layanan dan fasilitas yang berjalan di dalamnya.

Game Developer 

Karier sebagai game developer bisa jadi pilihan yang cocok. Di perkuliahan yang telah diajarkan tentang computer graphic dan human computer bisa membantu seorang game developer  untuk mendesain dan membuat video game dalam berbagai bentuk konsol.

Dari beberapa orientasi kerja di atas, sobat alternatif lain yang dapat dimanfaatkan adalah sebagai tenaga pendidik, atau bekerja untuk Lembaga Penelitian yang ada seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), dan juga Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

Rekomendasi Kampus Teknik Informatika Terbaik Saat Ini

Bagi Sobat  yang tertarik untuk masuk Jurusan Teknik Informatika, berikut ini beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia  yang bisa sobat jadikan rujukan.  Ada banyak kampus kok yang membuka mata kuliah ini, tentunya dengan pengajaran yang unggul baik dari sarana dan tenaga pengajarnya. Berikut beberapa rekomendasi perguruan tinggi  terbaik yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Yuk catat!

Baca Juga:

Universitas Kristen Petra, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Gunadarma, Universitas Udayana (UNUD)Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret (UNS),Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Atma Jaya, President University, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Esa Unggul, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Padjadjaran, Universitas Surabaya, dan masih banyak lagi yang belum tersebutkan.

Kesimpulan

Nah itu tadi Sob, ulasan mengenai kuliah jurusan teknik informatika mulai dari ruang lingkup, prospek kerja, hingga universitas yang memiliki studi TI terbaik di Indonesia baik PTN maupun PTS.  Jika kalian punya rekomendasi universitas dengan TI terbaik Indonesia yang lain, coba deh kalian tulis di kolom komentar.

Baca juga:

Semoga sedikit ulasan ini bisa menjadi referensi  kalian dalam mencari tentang jurusan teknik informatika.  Bagi kalian yang masih bingung menentukan akan mengambil studi  apa, kenali kepribadian diri terlebih dahulu.

Untuk menakar potensi dan kecerdasan pada bidang yang akan kalian tekuni, yuk ungkap kecerdasan dan kepribadian berdasarka fungsi dominan otak melalui Tes BRAIN Online  hanya 5 Menit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *