Hankuk University, Ini Beasiswa dan Pendaftarannya

hankuk
Hankuk Universty Korea Selatan.

BRAIN Personalities – Hai semuanya sudah beberapa pekan ini ulasan seputar kampus luar negeri absen dari pembahasan kita ya? Tenang, di kesempatan kali ini penulis akan sajikan kembali seputar Universitas luar Negeri terbaik. Tentu menjadi impian banyak orang  bisa melanjutkan studi  perguruan tinggi luar negeri, pasalnya selain faktor mendapat pendidikan berkualitas tinggi, keuntungan lain yang bisa kalian dapatan jika berkesempatan kuliah di luar negeri akan banyak membuka perspekif baru. Bisa soal karir , hobi, adaptabilitas, menambah wawasan budaya, bahasa karena jaringan pertemanan yang luas dari pelbagai belahan dunia. Pembahasan kita kali ini Hankuk University, ada yang tahu letak universitas ini?

Baca Juga:

Universitas di Negeri Ginseng Korea ini tepatnya di Korea Selatan,  jadi salah satu poros pendidikan Korea terbaik Sob. HUFS merupakan singkatan universitas yang terletak di kota metropolitan Seoul Korea.

Universitas ini juga terkenal sebagai universitas paling global karena saat ini lebih kurang sebanyak 45 bahasa yang ada dan  diajarkan di kampus ini, dan tentu saja salah satunya adalah bahasa Indonesia, wah keren banget ya. HUFS pertama kali didirikan oleh Kim Heung Bae pada tahun 1954 dengan bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Jerman dan Rusia sebagai jurusan yang pertama kali dibuka. Saat ini, HUFS menjadi salah satu universitas terbaik di bidang ilmu sosial, humaniora dan perdagangan internasional dan diplomasi.

Lokasi Kampus Hankuk University of Foreign Studies

Oh iya Sob, di Hankuk University of Foreign Studies saat ini memiliki tiga kampus utama untuk pengajarannya. Kalian semua yang mau kuliah di sini, pastikan dulu di mana jurusan dan lokasi kampus yang akan kalian tuju, yang pertama

 Kampus Seoul

Kalian tahu tidak Sob? Kampus ini merupakan kampus utama HUFS dan kurang lebih telah berusia 50 tahun lho. Dengan gaya arsitektur Minerva yang begitu rumit, menandakan kalau kampus ini merupakan buah karya arsitek termasyhur pada masanya. Kampus ini terletak di  Dongdaemungu, yang merupakan jantung dari kota Seoul.

hankuk
Hankuk University Kampus Seoul Berada di Dongdaemungu.

Kampus Global

Kampus ini letaknya di Yongin, salah satu daerah perbatasan antara pusat kota Seoul dengan kawasan Suburban.  Oh iya perbandingannya nih jika kampus Soul terkesan bising karena letaknya di jantung kota.

Baca Juga:

Sementara kampus Global suasana kampus lebih hening dan sunyi, lantaran letak kampus ini berada di pinggiran kota.  Nilai plus lain yang dimiliki kampus Global ini, kalian bisa menikmati pemandangan semi pedesaan yang eksotis ketika kalian jenuh dengan kesibukan belajar.

Kampus Songdo

Penting juga buat kalian. Jika ingin mecari refrensi terkait bahasa, di sini dibangun juga pusat penerjemahan dunia atau translate center.

Kampus yang dioprasikan di tahun 2016 siap menjalankan aktivitas belajar mengajar, kampus ini terletak di Songdo, Incheon yang merupakan kota ke-3 terbesar di Korea setelah Seoul dan Busan.

Program Studi Hankuk University

Untuk program Undergraduate Degree (sarjana) HUFS menyediakan beberapa program studinya antara lain:

Language atau bahasa, (yang meliputi ; Occidental Language, Oriental Language, Chinese Language, Japanese Language, dan Global Language) selain program studi bahasa di sini juga membuka program studi seperti Ilmu Sosial atau Social Sciences, law Studies atau Ilmu Hukum, Bisnis dan Ekonomi atau Business and Economics, Hubungan Internasional atau International Relations, Natural Sciences atau Ilmu Pengetahuan Alam, dan jurusan teknik rekayasa atau Engineering .

Sementara untuk program Pascasarjana (pasca-sarjana) HUFS menyediakan beberapa program studinya meliputi: Grad of Interpretation and Translation atau pascasarjana Interpretasi dan Penerjemahan, Sarjana Hubungan Internasional Grad of International Relations,  Lulusan Hukum Grad of Law, lulusan Bisnis atau Grad of Business, pascasarjana Pendidikan, lulusan Politik Grad of Politic, , Lulusan Government and Communication atau bidang Pemerintahan dan Komunikasi.

Baca Juga:

Untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajarnya, HUFS menyediakan berbagai fasilitas yang tentunya membuat para mahasiswa betah dan nyaman berlama lama. Fasilitas tersebut meliputi; dormitory, perpustakaan, laboratorium internet, pusat bahasa, gedung theater, fasilitas olahraga, student lounge, dan career centre serta masih banyak lagi.

Beasiswa Kuliah di Hankuk University of Foreign Studies

Untuk beasiswa dari dalam negeri (pemerintah Indonesia) saat ini yang  bisa kalian dapatkan informasinya, hanya terdapat 2 sumber pembiayaan yang umum kita ketahui yaitu LPDP dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Dikti.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa LPDP ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan program magister atau doktoral di universitas yang ada di dalam maupun luar negeri.

Pengajuan beasiswa ini harus lolos kualifikasi Letter of Acceptance (LoA), atau sederhanya kalian wajib diterima terlebih dahulu di universitas yang dituju.

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)

Beasiswa DIKTI ini biasanya dimulai pada awal tahun bulan Februari. Supaya tidak ketinggalan informasinya, bisa kunjungi di laman resmi DIKTI ya Sob.

Baca Juga:

Beasiswa DIKTI diperuntukkan bagi para dosen yang terdaftar di Kemendikbud yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan Magister maupun Doktoral di universitas luar negeri.

Beasiswa Pendidikan di Korea

Selain beasiswa dalam negeri,  ada beberapa beasiswa luar negeri yang bisa kalian manfaatkan juga lho Sob. Namun perlu diingat,  untuk Informasi terkait detail beasiswa kalian bisa akses di laman resmi Universitas ya Sob, sebab masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda. Beberapa beasiswa luar negeri tersebut di antaranya:

  • AFoCo Landmark Graduate Scholarship Program dari ASEAN-Korea Forest Cooperation (AFoCo)
  • Beasiswa di UNIST Korea.
  • KOICA Scholarship Program
  • Kogas Global Fellowship Scholarship
  • Scholarships for International Students di University of Seoul
  • Korea Green Promotion Agency (KGPA) Scholarship Program
  • Art Major Asian (AMA), UST Scholarship, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Mendaftar Kuliah di Hankuk University of Foreign Studies?

Mahasiswa Baru

  • Lulusan SMA dalam atau luar negeri.
  • Memiliki riwayat pendidikan yang setara SMA sesuai dengan peraturan.

Mahasiswa Transfer Tahun ke-2

  • Lulusan(akan lulus) diploma dalam dan luar negeri (tidak lulus atau lulusan dari diploma kurang dari 2 tahun, tidak memenuhi syarat).
  • Telah mengikuti 2 semester atau lebih di pendidikan S1, dengan jumlah SKS di atas 35 sks.
  • Telah memperoleh 1/2 dari kredit minimum untuk pendidikan S1 di luar negeri
  • Memiliki jumlah sks di atas 35 sks sesuai dengan penyetaraan yang ditentukan.

Mahasiswa Transfer Tahun ke-3

  • Lulusan(akan lulus) diploma dalam dan luar negeri (tidak lulus atau lulusan dari diploma kurang dari 2 tahun, tidak memenuhi syarat).
  • Telah berkuliah 2 tahun(4 semester) atau lebih di pendidikan S1, dengan jumlah SKS lebih dari 70 sks.
  • Telah memperoleh 1/4 dari kredit minimum untuk pendidikan S1 di luar negeri

Lulusan diploma

  • Memiliki jumlah sks di atas 70 sks sesuai dengan penyetaraan yang ditentukan.

Nah, seperti itulah ulasan profil Hankuk  University of Foreign Studies serta program studi, beasiswa, dan fakta-fakta menarik terkait dengan HUFS. Untuk Sobat BRAIN yang ingin melanjutkan kuliah di sana semoga informasi ini dapat membantu, Sob. Jangan lupa ikuti  Tes BRAIN Online  gratis untuk mengenali potensi, karakter diri serta menentukan minat bakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *