Universitas Edinburgh: Info Kuliah Jenjang S1

BRAIN Personalities – Halo Sobat BRAIN! Jumpa lagi dengan pembahasan seputar dunia perkuliahan. Tak hanya profil kampus saja, beragam jurusan, cara pendaftaran, biaya kuliah, bahkan beasiswanya pun juga di bahas. Berbicara tentang kampus, salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang terbilang maju di bidang teknologi dan ilmu pengetahuannya yaitu Inggris. Tahukah Sobat bahwa salah satu universitas terkenal di Inggris yang berada di Kota Edinburgh ini yaitu Universitas Edinburgh. 

Kampus Edinburgh terkenal dengan sebutan The University of Edinburgh yang berlokasi di wilayah United Kingdom, tepatnya di Skotlandia. Beragam jurusan mulai dari jenjang S1, S2, bahkan S3 pun tersedia dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Wajar saja, setiap tahun kampus ini memiliki banyak sekali peminat, khususnya dari mahasiswa internasional.

Lalu, apa saja sih fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Edinburgh tersebut? Kemudian, bagaimana cara pendaftaran dan biaya kuliah di sana? Apakah terdapat beasiswa yang bisa mendukung untuk kuliah di negeri Ratu Elizabeth tersebut? Berikut ini akan dibahas secara menyeluruh terkait The University of Edinburg di Inggris.

Pelajari juga :

Contents

Profil Universitas Edinburgh

Edinburgh University
The University of Edinburgh

The University of Edinburgh atau Universitas Edinburgh merupakan salah satu universitas negeri yang ada di kota Edinburgh, Inggris. Universitas tersebut sudah berdiri sejak tahun 1583 dengan nama Edinburgh yang diambil dari nama kota di Skotlandia, Inggris yaitu Edinburgh.

Di kota tersebut terdapat banyak bangunan tua yang merupakan salah satu bangunan universitas. Banyak tokoh-tokoh terkenal yang lulus dari universitas ini, seperti pencetus teori evolusi Charles Darwin, Alexander Graham Bell, dan sebagainya. 

Visi dari Universitas Edinburgh ini yaitu our graduates, and the knowledge we discover with our partners, make the world a better place. Sobat BRAIN tahu nggak sih kalau universitas ini adalah salah satu universitas terbaik di Eropa dan juga di dunia? Ya, universitas negeri tersebut dianggap sebagai universitas yang paling prestisius di dunia.

Di samping itu, kampus Edinburgh juga pernah masuk peringkat kategori world ranking ke-17 berdasarkan QS tahun 2015 lho. Setiap tahunnya, universitas tersebut menerima mahasiswa sekitar 47.000 pendaftar, sangat banyak bukan?

Lalu, bagaimana sih cara mendaftar kuliah di Universitas Edinburgh Inggris ini? Yap, Sobat semua bisa mendapatkan informasi dengan lengkap tentang perkuliahan, termasuk tatacara pendaftaran masuk kuliahnya melalui website resmi Universitas Edinburgh di https://www.ed.ac.uk/. Oiya, untuk alamat lengkap Universitas Edinburgh berlokasi di Old College, South Bridge, Edinburgh, EH8 9YL, Edinburgh, Skotlandia, Britania Raya (Inggris).

Pelajari juga:

Fakultas dan Jurusan di Universitas Edinburgh

Menjadi salah satu kampus top di Inggris dengan banyaknya peminat mahasiswa, tentunya  kualitas pendidikan yang dimiliki tidak perlu diragukan lagi. Lalu, apa saja sih fakultas dan jurusan, khususnya untuk jenjang S1 yang ada di kampus negeri tersebut? Berikut ulasannya. 

Medicine and Veterinary Medicine

Anatomy and Development (BSc)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang anatomi dan pengembangan yang profesional. 

Biomedical Informatics (based in China) (BSc)

Program studi Biomedical Informatics berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang informasi biomedis yang profesional.  

Biomedical Sciences (BSc)

Prodi Biomedical Sciences di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu biomedis yang profesional. 

Infectious Diseases (BSc)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang penyakit infeksi yang profesional. 

Medical Sciences (BSc)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang ilmu medis atau kedokteran yang profesional.

Neuroscience (BSc)

Program studi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang ilmu saraf yang profesional. 

Oral Health Sciences (BSc)

Jurusan ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu kesehatan mulut yang profesional. 

Pharmacology (BSc)

Prodi di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang farmasi yang profesional. 

Physiology (BSc)

Program studi psikologi ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang psikologi yang profesional. 

Reproductive Biology (BSc)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang reproduksi biologi yang profesional. 

Sebelum memilih jurusan sesuai potensi terbaikmu, ikuti Tes BRAIN Online secara gratis. Hanya 5 menit dengan hasil akurat melalui sertifikat hasil tesnya.

Arts, Humanities & Social Sciences

Acoustics and Music Technology (BSc)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang teknologi akustik dan musik yang profesional. 

Animation (BA)

Program studi animasi ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang animasi yang profesional. 

Applied Sport Science (BSc)

Jurusan di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu olahraga terapan yang profesional. 

Architecture (BA/MA)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang arsitektur yang profesional. 

Art (BA)

Program studi di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang seni yang profesional.  

Fashion (BA)

Jurusan fashion ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang fashion yang profesional. 

Film and Television (BA)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang film dan televisi yang profesional. 

Graphic Design (BA)

Program studi di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang desain grafis yang profesional. 

Illustration (BA)

Jurusan ilustrasi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilustrasi yang profesional. 

Interior Design (BA)

Prodi ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang desain interior yang profesional. 

Music (BMus)

Program studi musik ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang musik yang profesional. 

Nursing Studies (BN)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang studi keperawatan yang profesional.

Photography (BA)

Prodi fotografi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang fotografi yang profesional. 

Product Design (BA)

Program studi ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang desain produk yang profesional. 

Psychology (BSc)

Jurusan di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang psikologi yang profesional. 

Sculpture (BA)

Prodi seni pahat ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang seni pahat yang profesional. 

Sport Management (BSc)

Program studi di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang manajemen olahraga yang profesional. 

Textiles (BA)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang tekstil yang profesional. 

Science and Engineering

Applied Mathematics (BSc)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang matematika terapan yang profesional. 

Artificial Intelligence (BSc)

Program studi di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang kecerdasan buatan (AI) yang profesional. 

Biological Sciences (BSc)

Jurusan ilmu biologi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu biologi yang profesional. 

Chemical Engineering (BEng)

Prodi teknik kimia ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang teknik kimia yang profesional. 

Chemistry (BSc)

Program studi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang kimia yang profesional. 

Civil Engineering (BEng)

Jurusan di kampus Edinburgh ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang teknik sipil yang profesional. 

Computer Science (BSc)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu komputer yang profesional. 

Ecological and Environmental Sciences (BSc)

Program studi ilmu ekologi dan lingkungan ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang ilmu ekologi dan lingkungan yang profesional. 

Electrical and Mechanical Engineering (BEng)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang teknik listrik dan mesin yang profesional. 

Engineering (BEng/MEng)

Prodi di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang teknik yang profesional. 

Geography (BSc)

Program studi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang geografi yang profesional. 

Geology (BSc)

Jurusan geologi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang geologi yang profesional. 

Geophysics (BSc)

Prodi geofisika ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang geofisika yang profesional. 

Mathematics (BSc)

Program studi di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang matematika yang profesional. 

Mechanical Engineering (BEng)

Jurusan ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang teknik mesin yang profesional. 

Medicinal and Biological Chemistry (BSc)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang obat kimia dan biologis yang profesional. 

Physics (BSc)

Program studi fisika ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang fisika yang profesional. 

Software Engineering (BEng)

Jurusan di kampus Edinburgh ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang teknik perangkat lunak yang profesional. 

Structural and Fire Safety Engineering (BEng)

Prodi ini berfokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan dapat berkarir di bidang teknik struktur dan keselamatan kebakaran yang profesional. 

Theoretical Physics (BSc)

Program studi ini fokus untuk menghasilkan para lulusan yang unggul di bidang fisika teoretis yang profesional. 

Pelajari juga:

Pendaftaran dan Biaya Kuliah di Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh memiliki banyak peminat mahasiswa dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Bagi Sobat BRAIN yang ingin mendaftar kuliah di sina, kalian bisa mempersiapkan beberapa hal seperti dokumen yang dijadikan sebagai syarat pendaftarannya. Adapun informasi lengkap terkait Universitas Edinburgh dapat Sobat lihat secara lengkap melalui website resmi https://www.ed.ac.uk/.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran

Beberapa dokumen yang bisa Sobat persiapkan sebagai syarat pendaftaran, yaitu:

Sertifikat Ijazah dan Transkrip Nilai

Bukti kualifikasi ini dapat berupa sertifikat ijazah ataupun transkrip nilai pendidikan sebelumnya.

Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan bahasa Inggris ini dapat dibuktukan dengan adanya sertifikat IELTS, TOEFL-iBT, PTE, CAE, CPE, IGCSE, atau ISE Trinty.

Dua Referensi

Dua referensi ini bisa didapatkan melalui guru atau pembimbing akademik atau pimpinan di tempat kerja sebelumnya.

Salinan Paspor

Salinan paspor diperlukan jika membuat visa untuk belajar.

Persyaratan Dokumen Lain

Persyaratan dokumen lain tersebut dapat disesuaikan dengan masing-masing departemen atau prodi.

Biaya Kuliah Universitas Edinburgh

Sobat BRAIN tahu nggak sih berapa biaya kuliah di Universitas Edinburgh? Biaya kuliah di kampus tersebut bergantung pada masing-masing program studi dan tempat tinggal asal atau negara mahasiswa tersebut.

Mahasiswa Internasional

Beberapa program perkuliahan di Universitas Edinburgh secara garis besar meliputi pengajaran kelas, laboratorium, dan klinis. Adapun biaya kuliah untuk masing-masing program tersebut khusus untuk mahasiswa Internasional yaitu:

Pengajaran Kelas 

Program ini khusus untuk kelas Sejarah, Matematika, dan Filsafat dengan biaya kuliah sebesar £18,800.

Kelas Laboratorium

Program kelas laboratorium khusus Biologi, Kimia, dan Fisika memiliki biaya sebesar £24,600.

Kelas Klinis

Kelas klinis ini khusus untuk Kedokteran Gigi, Kedokteran, dan Kedokteran Hewan dengan biaya sebesar £32,100 – £49,900.

Mahasiswa Lokal

Sedangkan biaya kuliah untuk mahasiswa lokal sendiri terdiri dari:

Penduduk Setempat Edinburgh

Biaya kuliah untuk mahasiswa lokal, khususnya di wilayah Edinburgh sebesar £1820.

Penduduk Lokal Inggris Lain

Biaya kuliah di Universitas Edinburgh untuk mahasiswa lokal Inggris selain wilayah Edinburgh yaitu sebesar £9,250.

Pelajari juga:

Beasiswa Sarjana Universitas Edinburgh

Sobat BRAIN tidak perlu khawatir, di kampus Edinburgh ini juga disediakan beragam beasiswa lho. Jadi, para mahasiswa tidak perlu dipusingkan dengan biaya kuliah di Inggris yang terkesan mahal. Para mahasiswa dapat memanfaatkan salah satu beasiswa yang ada untuk tetap dapat berkuliah di sana. Beberapa info beasiswa di Universitas Edinburgh khusus untuk program S1, yaitu: 

Beasiswa Matematika Global Sarjana Edinburgh

Program beasiswa ini dikhususkan bagi calon mahasiswa program studi Matematika di Universitas Edinburgh.

Beasiswa Internasional Richard Davidson untuk Ilmu Pertanian

Sobat BRAIN bisa memilih beasiswa ini jika berkuliah di jurusan pertanian maupun ketahanan pangan Universitas Edinburgh.

Beasiswa Internasional Robertson

Program beasiswa ini ditawarkan khusus untuk sekolah jurusan sejarah, klasik, dan arkeologi bagi mahasiswa luar negeri yang memulai studi pada bulan September.

Royal (Dick) School of Veterinary Studies International Scholarship

Beasiswa ini menawarkan dua program beasiswa bagi mahasiswa asal luar negeri yang memulai program studi dengan program penuh waktu.

Beasiswa Ilmu Biomedis – Zhejiang

Program beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa internasional S1 yang berkuliah di Zheijang University-University of Edinburgh Institute di Haining, China.

Pelajari juga:

 

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait kampus Universitas Edinburgh di Inggris beserta dengan program perkuliahannya, khususnya jenjang sarjana (S1). Beberapa fakultas dan jurusan sangat beragam dan memiliki banyak peminat calon mahasiswa setiap tahun. Maka tak heran, jika kampus ini merupakan salah satu kampus negeri yang terkenal di Inggris. 

Informasi biaya kuliah untuk mahasiswa lokal dan internasional pun berbeda serta bergantung pada masing-masing jurusan. Di samping itu, beragam beasiswa pun juga tersedia di Universitas Edinburgh, Inggris. Jadi, Sobat BRAIN tidak perlu khawatir terkait biaya kuliah di kampus Inggris tersebut.

Tes BRAIN Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *