Universitas Surabaya: Info Kuliah dan Beasiswanya

BRAIN Personalities – Halo Sobat BRAIN! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu universitas swasta yang ada di Jawa Timur, tepatnya di daerah Surabaya. Yap, universitas ini adalah milik yayasan Universitas Trisakti Surabaya yang saat ini terkenal dengan sebutan Universitas Surabaya atau UBAYA.

Lalu, bagaimana sih profil dari kampus UBAYA tersebut? Apa saja fakultas dan jurusan yang ada di universitas itu? Bagaimana cara mendaftar dan biaya kuliah di kampus swasta tersebut? Semua pertanyaaan Sobat akan dibahas secara menyeluruh dan rinci, termasuk informasi beasiswa yang ada di UBAYA. 

Pelajari juga:

Contents

Profil Universitas Surabaya

Universitas Surabaya
Kampus UBAYA

Hai, Sobat BRAIN! Pernahkah mendengar Universitas Surabaya atau lebih sering disebut UBAYA? Mungkin sedikit asing bagi sebagian orang. Ya, UBAYA merupakan sebuah universitas yang didirikan oleh yayasan Universitas Trisakti Surabaya. Maka dari itu, universitas ini sebelumnya bernama Universitas Trisakti Surabaya. Namun, pada tanggal 6 Maret 1968 kampus tersebut berubah menjadi Universitas Surabaya atau UBAYA.

Tahu nggak sih Sob, UBAYA sendiri memiliki tujuan, lho. Tujuannya yaitu menghasilkan tenaga ahli dan ilmuwan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan teknologi, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sesuai tuntutan masyarakat bisnis dan industri. Lalu, visi dan misinya apa sih? Yap, visinya yaitu menjadikan Universitas Surabaya sebagai The First University in Heart and Mind. Kemudian, misi Universitas Surabaya yaitu memajukan masyarakat bisnis dan industri melalui pengembangan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan demi kesejahteraan umat manusia.

Oiya, lokasi kampus ini terbagi menjadi 3 tempat yang berbeda, lho. Pertama, kampus UBAYA Ngagel yang berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Selatan 169, Surabaya, Indonesia. Kedua, kampus UBAYA Tenggilis yang berada di Jalan Raya Kalirungkut, Surabaya, Indonesia. Terakhir, kampus UBAYA III Trawas yang berada di Tamiajeng, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Oiya Sobat BRAIN, Kampus UBAYA ini juga pernah mendapat peringkat dalam 50 Promising Indonesian Universities, keren bukan? Selain itu, kampus Universitas Surabaya ini juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dengan alamat website resminya.

Baca juga:

Fakultas dan Jurusan di Universitas Surabaya

Kampus UBAYA memiliki 8 fakultas dan beberapa program studi, khususnya jenjang S1 dan S2. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu semua fakultas dan program studi di Universitas Surabaya.

Fakultas Farmasi

S1 Farmasi

Prodi farmasi ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang farmasi, khususnya obat-obatan kimia. Adapun akreditasi pada jurusan ini di kampus UBAYA yaitu A oleh BAN-PT.

Magister Ilmu Farmasi

Jurusan S2 ilmu farmasi di kampus UBAYA ini lebih fokus pada bidang farmasi secara lebih mendalam dan detail.

Fakultas Hukum

S1 Ilmu Hukum 

Jurusan hukum di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang ilmu hukum. Akreditasi yang diperoleh pada prodi ini yaitu A oleh BAN-PT.

Magister Hukum

Program studi S2 hukum ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang ilmu hukum secara lebih detail dan mendalam. 

Magister Kenotariatan

Prodi jenjang magister ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang ilmu kenotariatan yang ahli dalam bidang notaris secara lebih mendalam.

Hal penting sebelum kuliah adalah menentukan jurusan terbaik sesuai dengan potensi diri. Sangat direkomendasikan untuk mengikuti Tes BRAIN online dan memiliki sertifikat hasil tesnya sehingga Sobat BRAIN lebih memahami diri sendiri untuk meniti karir.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

S1 Akuntansi 

Program studi akuntansi Universitas Surabaya fokus pada bidang yang mempelajari tentang ilmu akuntansi. Adapun akreditasi pada prodi ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Bisnis Internasional

Prodi bisnis internasional kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari bidang bisnis internasional.

S1 Kewirausahaan dan Pemberdayaan SDM

Jurusan ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang kewirausahaan dan pemberdayaan SDM yang berkualitas. 

S1 Manajemen Jejaring Bisnis

Program studi di Universitas Surabaya ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu manajemen jejaring bisnis yang professional. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Manajemen Layanan dan Pariwisata

Prodi ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang manajemen layanan dan pariwisata. Adapun akreditasi pada jurusan ini di kampus UBAYA yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Manajemen Pemasaran

Program studi ini fokus pada bidang yang mempelajari manajemen pemasaran. Adapun akreditasi jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Perbankan dan Jasa Keuangan

Jurusan di kampus UBAYA ini berfokus pada bidang perbankan dan jasa keuangan. Lalu akreditasi pada prodi ini masih dalam proses penilaian.

Magister Akuntansi

Prodi magister akuntansi Universitas Surabaya ini fokus pada bidang akuntansi secara lebih detail.

Magister Manajemen

Program studi S2 bidang manajemen di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu manajemen secara lebih luas dan mendalam.

Fakultas Psikologi

S1 Ilmu Psikologi

Prodi ilmu psikologi ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu psikolog. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

Magister Psikologi Profesi

Jurusan S2 psikologi profesi di kampus UBAYA ini fokus pada bidang psikolog yang lebih ke arah profesinya. 

Magister Psikologi Sains

Bagi Sobat BRAIN yang tertarik melanjutkan magister di bidang psikologi, maka jurusan S2 psikologi sains bisa menjadi salah satu pilihan jurusan di kampus UBAYA.

Pelajari juga:

Fakultas Teknik

S1 Industrial Robotics Design

Program studi ini berfokus pada bidang mendesain robot industri. Akreditasi pada jurusan ini masih dalam proses penilaian.

Informatika – Data Science & Artificial Intelligence

Jurusan di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari tentang ilmu informatika yang khusus di bidang data science dan Artificial Intelligence atau dikenal dengan istilah AI.

Informatika – Game Development

Program studi ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu informatika yang khusus di bidang pengembangan game yang berkualitas.

S1 Information Technology

Prodi di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari teknologi informasi.

S1 Teknik Industri

Jurusan ini berfokus pada bidang teknik industri. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Teknik Informatika

Prodi di Universitas Surabaya ini fokus pada bidang teknik informatika. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Teknik Kimia

Program studi teknik kimia ini fokus pada bidang yang mempelajari teknik kimia. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

S1 Teknik Mesin dan Manufaktur

Prodi ini fokus pada bidang teknik mesin dan manufaktur. 

S1 Telecommunication Networks Design

Jurusan di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari desain jaringan telekomunikasi.

Magister Teknik Industri

Program studi S2 teknik industri ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu teknik industri secara lebih fokus dan mendalam.

Fakultas Teknobiologi

S1 Biologi (Bioteknologi)

Program studi di kampus UBAYA ini fokus pada bidang yang mempelajari biologi. Adapun akreditasi pada jurusan ini yaitu A oleh BAN-PT.

Magister Bioteknologi

Jurusan magister bioteknologi ini fokus pada bidang yang mempelajari ilmu bioteknologi secara lebih rinci dan mendalam.

Fakultas Desain dan Industri Kreatif

S1 Desain dan Manajemen Produk

Jurusan ini berfokus pada bidang yang mempelajari desain dan manajemen produk.

S1 Desain Fashion dan Produk Lifestyle

Prodi ini berfokus pada bidang mendesain sebuah fashion dan juga produk lifestyle.

Fakultas Kedokteran

S1 Pendidikan Dokter

Prodi S1 di kampus UBAYA ini fokus pada bidang kedokteran dengan gelar profesi dokter. Adapun akreditasi pada jurusan ini masih dalam proses penilaian.

Pelajari juga

Pendaftaran dan Biaya Kuliah di Universitas Surabaya

Tahu nggak sih Sob, kalau kampus UBAYA membuka jalur pendaftaran melalui 3 jalur, yaitu jalur tes (umum), jalur tanpa tes, dan jalur tes kedokteran. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita bahas satu persatu.

Pendaftaran dan Jalur Seleksi Masuk Universitas Surabaya

Jalur Tes (Umum)

Pada jalur seleksi ini, para calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan kemampuan dan potensi akademik masing-masing. Biasanya jalur ini dibuka sekitar bulan Oktober setiap tahunnya lho. 

Jalur Tanpa Tes (Jalur JPMK Batch 1)

Jika Sobat tidak ingin melalui jalur tes, jalur tanpa tes juga bisa dipilih untuk ikut seleksi masuk di Universitas Surabaya. Syaratnya pun cukup mudah, yaitu berdasarkan hasil prestasi akademik selama di SMA/SMK/MA. Periode pendaftaran jalur seleksi ini sekitar bulan Oktober di tiap tahunnya.

Jalur Tes Kedokteran

Nah, jalur tes ini dikhususkan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Fakultas Kedokteran. Jalur tes kedokteran ini biasanya dibuka sekitar bulan Oktober setiap tahunnya.

Biaya Kuliah Universitas Surabaya Jenjang S1

Kampus UBAYA memiliki biaya kuliah yang terdiri dari Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan Uang Penyelenggaraan Pendidikan (UPP). Nah, biaya USP di kampus ini mulai dari Rp 11.000.000 – Rp 35.000.000 serta bisa diangsur sebanyak 5 kali. Sedangkan biaya UPP mulai dari Rp 10.290.000 – Rp 21.000.000 dan bisa diangsur sebanyak 5 kali juga. Biaya kuliah tersebut berbeda sesuai dengan fakultas dan jurusan masing-masing.

Namun, biaya kuliah fakultas kedokteran cukup berbeda, lho. Biaya USP nya sendiri sebesar Rp 285.000.000 dan bisa diangsur sebanyak 3 kali. Sedangkan biaya UPP nya mencapai Rp 36.750.000 serta bisa diangsur sebanyak 5 kali.

Baca juga:

Beasiswa di Universitas Surabaya

Oiya Sobat BRAIN, bagi kamu yang mencari beasiswa di UBAYA, di sini ada beberapa beasiswa yang disediakan, lho. Yuk kita bahas secara rinci.

Beasiswa Prestasi Unggulan Olahraga dan Seni

Beasiswa ini menawarkan beberapa keuntungan lho, seperti pembebasan 50% – 100% USP kategori I dan pembebasan 50% – 100% UPP selama masa kuliah normal. Jalur beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang mendaftar melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Beasiswa Prof. Mr. R. Boedisoesetya

Bagi sobat yang mendaftar kuliah di UBAYA melalui jalur Tes Potensi Akademik (TPA), maka jenis beasiswa ini bisa diikuti. Akan tetapi, beasiswa ini hanya berlaku untuk prodi pilihan I. Lalu apa yang akan Sobat dapatkan? Yap, Sobat BRAIN akan mendapatkan pembebasan USP dan UPP 100% bagi yang nilai TPA nya paling tinggi.

Sedangkan bagi peraih nilai TPA 10% tertinggi selain yang paling tinggi, maka akan mendapatkan USP 75% kategori I dan UPP 75% semester pertama. Selain mengandalkan nilai TPA, Indeks Prestasi Semester (IPS) juga harus sebesar > 3.00, tidak boleh pindah program studi, tidak boleh cuti sementara, mengikuti lomba dibidang tertentu, dan mengikuti organisasi di kampus serta aktif. Cukup menantang bukan jenis beasiswa ini?

Beasiswa Sosial Ekonomi Universitas Surabaya

Jenis beasiswa ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa yang mendaftar melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA) serta prodi pilihan I. manfaat yang didapat dari beasiswa ini yaitu pembebasan USP 50% – 100% kategori I dan pembebasan UPP 50% – 100% selama kuliah normal. Nah, syarat mengikuti beasiswa ini yaitu IPK harus sebesar > 2.50, tidak boleh pindah program studi, tidak boleh cuti sementara, dan juga lolos seleksi program proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Beasiswa Prestasi Akademik SMA

Nah, kalau jenis beasiswa ini akan mendapatkan pembebasan USP 40% – 60% kategori I dan pembebasan UPP 40% – 60% di semester pertama. Jenis beasiswa ini hanya berlaku bagi mahasiswa yang mendaftar melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Beasiswa Prestasi Unggulan Penalaran dan Kreativitas

Jalur beasiswa ini nantinya akan mendapat pembebasan USP 50% – 100% dan/atau pembebasan UPP 50% – 100% berdasarkan prestasi mahasiswa. Pendaftaran beasiswa ini hanya berlaku bagi mahasiswa yang mendaftar melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Beasiswa Putra/Putri Guru SMA Kerjasama

Syarat untuk mengikuti jenis beasiswa ini yaitu mahasiswa yang mendaftar kuliah di UBAYA melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA). Keuntungan yang didapat yaitu mahasiswa akan mendapatkan pembebasan UPP 15% – 80% selama kuliah normal dan juga berdasarkan waktu pengabdian atau pekerjaan orangtua mahasiswa selama di SMA.

Beasiswa Keluarga Besar Universitas Surabaya

Jika Sobat mendaftar jenis beasiswa ini akan mendapat pembebasan USP 30% dan pembebasan UPP 30% – 40% selama kuliah normal. Lalu, pendaftaran beasiswa ini hanya bagi mahasiswa yang mendaftar melalui jalur tanpa tes dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Baca juga :

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi kuliah jenjang S1 dan S2 di Universitas Surabaya. Mulai dari info profil, fakultas, jurusan, serta jalur masuknya. Selain itu, biaya kuliah di kampus UBAYA, khususnya untuk jenjang S1 memiliki rentang jumlah yang berbeda-beda serta sesuai dengan jurusan yang di ambil oleh para mahasiswa.

Informasi tentang berbagai beasiswa juga tersedia bagi para mahasiswa Universitas Surabaya. Jadi, sobat BRAIN yang ingin melanjutkan kuliah di kampus tersebut tidak perlu khawatir tentang biaya kuliahnya.

Tes BRAIN Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *