CEO Instagram, Fakta Hingga Aset Bersih Kevin Systrom dan Mike Krieger

CEO Instagram
Duo Petinggi Instagram Mike Krieger (kiri) dan Kevin Systrom (Kanan)

Ketenaran Instagram di dunia, khususnya Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Pengguna bulanannya yang tembus hingga 1 Miliar, membuktikan bahwa Instagram sudah sangat tumbuh signifikan dibandingkan Facebook. Ternyata Instagram diciptakan oleh dua programer yang sama-sama alumni Universitas Stanford lho Sobat Brain. Namanya adalah Kevin Systrom sebagai Chief Executive Officer (CEO) Instagram dan Mike Krieger sebagai co-founder serta Chief Technology Officer (CTO).

Dua sosok di balik Instagram ini memiliki cerita yang unik dan inspiratif dalam penggarapan media sosial berbagi foto itu. Nah Sobat Brain, berikut fakta unik duo programer Instagram.

Pelajari juga:

Tentang Kevin Systrom, CEO Instagram

Biografi Kevin Systrom

CEO Instagram
Foto Kevin Systrom

Kevin Systrom merupakan anak dari pasangan Douglas dan Diane. Dirinya lahir di Holliston, Amerika Serikat pada 30 Desember 1983. Kevin tumbuh di keluarga yang berkecukupan. Sang ayah, Douglas adalah ketua sumber daya manusia (SDM) di TJX Companies. Sementara Diane, sang ibu bekerja sebagai Marketing Executive di Zipcar. CEO Instagram ini juga mempunyai saudara perempuan bernama Katelyn Systrom.

 

Pendidikan Kevin Sang Pencipta dan CEO Instagram

Laki-laki dengan tinggi badan 196 cm ini menempuh pendidikan SMA yang terletak di  Concord, Massachusetts, yaitu Middlesex School. Setelah lulus, Kevin melanjutkan di salah satu universitas ternama di Amerika yaitu Stanford University. Dia memilih mendalami ilmu Management Science and Engineering. Kevin pun lulus kuliah apada tahun 2006.

 

Kehidupan Pribadi CEO Instagram, Kevin Systrom

Kevin mengakhiri masa lajangnya pada 31 Oktober 2016. Dia menikahi kekasihnya semasa kuliah yang bernama Nicole Schuetz. Bertema topeng hitam dengan dasi New Orleans, pesta pernikahan mereka terkesan menarik dan unik lho Sobat Brain.

Moment bahagia ini pun berlanjut pada Juni 2018 saat Nicole melahirkan putri cantik yang diberi nama Freya Systrom.

CEO Instagram
Kevin bersama sang istri

Perjalanan Karir Kevin Sebelum Menjadi CEO Instagram

Ketika masih kuliah, Kevin sempat magang di perusahaan Odeo yang kini disebut Twitter. Setelah lulus dari Stanford University, Kevin berkerja bersama Google si mesin pencarian raksasa. Di sini dirinya menjabat sebagai manajer pemasaran produk.

Ternyata produk Google yang sering kita pakai seperti Gmail, Google Calendar, Google Docs, dan Spreadsheets adalah garapannya Kevin Systrom lho Sobat Brain.

Sayangnya Kevin tidak lama bekerja di Google. Ia mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan Nextstop yang dirintis oleh para mantan pekerja Google. Meskipun Kevin sering bekerja di bidang pemasaran, tetapi Kevin juga seorang programer yang gemar juga mencetuskan ide-ide brilian untuk Nextstop.

Singkat cerita, setelah Kevin melompat kesana-kemari bekerja dari startup satu ke startup yang lain, ia mulai memiliki tekat untuk menciptakan perusahaan sendiri.

Sebuah tekat harus diimbangi dengan keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru. Sobat Brain tidak usah ragu untuk memulai sesuatu yang baru seperti Kevin Systrom. Melalui Tes Brain Oline kamu akan mengetahui kepribadian dan kecerdasaan dominan yang kalian miliki.

Ikuti Tes BRAIN Online untuk mengetahui potensi tim Anda di sini

 

Terciptanya Instagram

Instagram bermula dari ide Kevin yang menciptakan aplikasi bernama Burbn. Aplikasi ini dulunya masih berfokus pada teknologi HTML5 mobile. Namun, pada akhirnya Kevin dan Mike Krieger, temannya yang juga andil dalam pembuatan aplikasi ini, memutuskan untuk fokus ke hal lain juga.

Dengan waktu satu minggu mereka berhasil mewujudkan ide berupa prototype. Prototype ini merupakan versi pertama dari Burbn. Jadi, wajar saja jika masih terdapat banyak kekurangan.

Logo Instagram
Logo Instagram

Salah satu kekurangannya adalah terlalu banyak fitur. Burbn pun malah mirip dengan media sosial seperti Facebook. Kemudian, berkat kecerdasan Kevin dan Mike fitur-fitur tersebut disortir dan berfokus pada foto, like dan komentar.

Dari sinilah titik temu Instagram. Setelah melalui berbagai percobaan dan perbaikan, mereka mengganti nama Burbn menjadi Instagran agar tidak bentrok dengan jejaring sosial lain yang menyerupainya.

 

Asal Usul Nama Instagram

Instagram terdiri dari kata “instan” dan “gram”. Kata “instan” merupakan sebuah kamera palaroid yang dikenal juga sebagai foto instan. Sesuai dengan fungsinya, Instagram memang digunakan untuk menampilkan foto atau gambar secara instan ke orang banyak.

Sedangkan kata “gram” adalah kepanjangan dari telegram yang fungsinya mengirimkan pesan atau info secara cepat ke orang lain.

Jadi, Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang secara instan dapat tersampaikan kepada penerima pesan (foto dan caption) dengan cepat. Tentunya Instagram ini harus menggunakan internet untuk menikmatinya.

 

CEO Instagram Memutuskan Instagram Diakuisisi Oleh Facebook

Dalam waktu satu bulan setelah dirilis, Instagram berhasil menyita perhatian publik dengan 1 juta pengguna. Jumlah ini pun melonjak fantastis di usia 1 tahun berdirinya Instagram, dengan mencapai pengguna sejumlah 10 juta lebih.

Hal yang mengejutkan lagi adalah si pendiri Facebook, Zuckerberg juga tertarik dengan aplikasi ini. Akhirnya, pada April 2012 Facebook mengakuisisi Instagram. Jumlah akuisisinya pun tak main-mail lho Sobat Brain, yaitu senilai US$ 1 miliar, ada yang rajaberbentuk tunai, saham, bahkan 13 karyawan mereka. Pembelian ini merupakan pengeluaran terbesar dalan sejarah keuangan Facebook.

Pelajari juga:

Cerita Mike Krieger, Co-Founder dan CTO Instagram

Biografi Mike Krieger

CEO Instagram
Foto Mike Krieger

Michel Krieger atau yang dikenal Mike Krieger, lahir di São Paulo, Brazil pada 4 Maret 1986. Dia adalah co-faunder dan chief technical officer (CTO) Instagram. Selain itu Mike juga merupakan pengusaha dan insinyur perangkat lunak asal Brazil.

Pada tahun 2004, insinyur muda ini pindah ke Amerika untuk melanjutkan studinya di Universitas Stanford. Dia pun lulus pada 2008 dengan program sistem simbolik. Program ini mempelajari tentang Komputer Sais, Linguistik, Psikologi dan Filosofi.

Sebelumnya Mike Krieger bersekolah di salah satu sekolah menengah ternama di Brazil.

 

Pertemuan Mike Krieger dengan Kevin Sytrom

Di kampus Stanford inilah Mike bertemu Kevin Sytrom. Hingga akhirnya dua alumnus ini menciptakan aplikasi Burbn seperti dijelaskan di atas, dan merubahnya menjadi Instagram.

Mike Krieger dengan Kevin Sytrom
Mike Krieger dan Kevin Sytrom

Perjalanan Karir Mike Krieger, CTO Instagram

Semasa menjadi mahasiswa, Mike pernah magang di perusahaan Microsoft. Usai lulus kuliah dirinya bekerja di perusahaan pengembang aplikasi Meboo, Mountain View selama satu tahun lebih lima bulan. Hingga pada akhirnya dirinya membuat aplikasi sendiri bersama Kevin Sytrom.

 

Kehidupan Pribadi Mike Kriege

Pria berkebangsaan Inggris ini diketahui menikahi istrinya, Kaitlyn Trigger pada beberapa tahun yang lalu. Mike dan keluarganya saat ini tinggal di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Mike Krieger bersama istri
Foto Mike bersama istri

Pada April 2015, Mike dan sang istri menjalin kemitraan dengan salah satu organisasi nirlaba bernama GiveWell senilai US $ 750.000.

Pelajari juga:

Perkembangan Instagram Saat ini

Setelah diakuisisi Facebook pada 2012 lalu, pengguna Instagran tiap tahunnya mengalami kenaikan. Hingga pada tahun 2021 di kuartal I, pengguna aktif Instagram di seluruh dunia jumlahnya mencapai 1,07 miliar dan pengguna dengan kategori usia 25-34 tahun jumlahnya mencapai 354 juta pengguna.

Dilansir dari databoks.co.id, negara dengan pengguna Instagram terbanyak adalah India, dengan pengguna aktif mencapai 180 juta. Disusul Amerika Serikat dengan 170 juta pengguna, Brazil 110 juta pengguna, Indonesia 93 juta pengguna, dan Rusia sebesar 61 juta pengguna.

Di Indonesia sendiri, pada Juli 2021 pengguna Instagram berjumlah 91,77 juta. Kategori usia 18-24 tahun menempati pengguna terbesar dengan presentase 36,4%.

Instagram menempati urutan ke tiga sebagai platfpom jejaring sosial yang sering digunakan setelah Youtube dan WhatsApp. Kemudahan berbagai fiturnya dalam berbagi konten fotografi menjadikan Instagram sebagai media sosial terpopuler di belahan dunia.

 

Kemunduran dan Kekayaan Duo Petinggi Instagram (CEO Instagram dan CTO-nya)

Dunia sempat dikejutkan oleh kabar duo inovator instagram ini mengundurkan diri dari jabatannya selama beberapa minggu. Tidak ada alasan jelas dari Kevin maupun Mike. Mereka hanya menyampaikan akan mengambil cuti dan ingin mengeksplorasi kreativitas serta keingintahuan mereka lagi.

Berkat Instagramlah Kevin dan Mike menjadi miliarder. Berdasarkan data dari Forbes, kekayaan Kevin telah mencapai USD 1,4 miliar atau setara Rp 20,8 triliun.

Kevin Systrom bisa termasuk salah satu CEO milenial yang juga populer di dunia teknologi. Di akun Instagramnya, dia selalu tampil penuh gaya. Feed-nya juga rapi banget lho Sobat Brain, seperti gaya kebanyakan pengguna aplikasi berbagi foto itu.

Sementara Mike Krieger, asetnya masih misterius. Namun menurut inet.detik.com digadang-gadang aset bersih Mike berjumlah USD 100 juta sampai USD 500 juta.

Pelajari juga:

Penutup

Keberanian Kevin Systrom dan Mike Krieger memulai hal baru dalam bidang teknologi atau media sosial mengantarkan mereka menjadi miliarder dunia. Instagram dengan semua fiturnya yang canggih memberi kemudahan penggunanya melihat dunia.

Sekarang giliran Sobat Brain untuk memulai hal baru melalui Tes Brain. Teknologi memang menyurutkan tenaga manusia untuk bekerja. Tetapi adanya teknologi akan menciptakan pekerjaan baru di bidangnya.

Ikuti Tes Brain untuk menggali potensi dan miliki sertifikat hasil tes di sini.

Tes Brain Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *