Dirut Telkom Dulu dan Sekarang Ini Punya Karir yang Cemerlang

Brain Personalities – Hai, Sobat Brain! Kali ini kita akan membahas perjalanan karir Direktur Utama Telkom. Tak dipungkiri bahwa Telkomsel banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Apakah Sobat Brain salah satu pengguna Telkomsel? Sebagai pengguna atau tidak, mari kita kulik sosok Direktur Utama atau Dirut Telkom dan ambil pelajarannya!

Pelajari juga:

Tentang Telkomsel

Apa itu Telkomsel?

PT Telekomunikasi Seluler atau akrab disebut Telkomsel adalah perusahaan bidang operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang mengoperasikan 236 ribu Base Transceiver Station (BTS) dan melayani lebih dari 170 juta pelanggan. Tahun 2020, pangsa pasar Telkomsel di Indonesia mencapai 60% sehingga Telkomsel menduduki posisi keenam operator terbesar di dunia.

Logo Telkomsel
Logo Telkomsel

Kepemilikan Telkomsel berada di perusahaan Telkom Indonesia sebanyak 65 persen dan sisanya 35 persen dimiliki oleh Singapore Telecommunication. Selain namanya besar di Indonesia, Telkomsel ternyata juga sudah merambah ke luar Indonesia. Telkomsel bahkan berhasil menjalin kerjasama dengan 575 mitra roaming sehingga layanan Telkomsel dapat digunakan di 200 negara.

Produk dan Layanan Telkomsel

Telkomsel menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat dinikmati oleh penggunanya, meliputi kartu prabayar, kartu pasca bayar, kartu digital, paket kuota, layanan pendidikan, dan layanan streaming hiburan. Semua produk dan layanan dari Telkomsel dapat diakses oleh seluruh pengguna Telkomsel  dengan mudah di mana saja.

Siapa Dirut Telkom?

Direktur Utama (Dirut) atau CEO merupakan jabatan tertinggi di suatu perusahaan sehingga berwenang membuat keputusan besar serta mengelola seluruh sumber operasional dan sumber daya perusahaan. Namun, UU No. 40 Tahun 2007 menyebut jabatan tertinggi tersebut dengan istilah direktur utama. Di sisi lain, istilah CEO disebut dalam Kemenakertrans No. 40 Tahun 2012 sebagai jabatan tertentu yang tidak boleh ditempati Tenaga Kerja Asing.

Dilansir dari laman resmi Telkomsel, posisi direktur utama ditempati oleh Hendri Mulya Syam. Telkomsel adalah anak perusahaan dari PT Telkom yang merupakan BUMN. Oeh karea itu, merujuk pada UU No. 40 Tahun 2007 dan Kepmenakertrans, maka disimpulkan bahwa Hendri Mulya Syam dapat pula disebut sebagai CEO Telkomsel.

Pelajari juga:

Sederet Nama yang Pernah Jadi Dirut Telkom

Ririek Adriansyah (Dirut Telkom 2014 – 2019)

Profil Ririek Adriansyah, Dirut Telkom
Profil Ririek Adriansyah

Lahir di Yogyakarta pada 2 September 1963, Ririek merupakan sosok pekerja keras. Usai lulus kuliah dari Institut Teknologi Bandung dari jurusan Teknik Elektro, Ririek bergabung di Telkom Group pada 1990 sebagai permulaan karirnya.

Perjalanan Karir Dirut Telkom, Ririek Adriansyah

Mulai berkarir di Telkom Group

Dilansir dari berbagai sumber diketahui bahwa Ririek sempat bekerja di berbagai perusahaan dalam lingkup Telkom Group. Pada 2004, Ririek menjabat Deputi EGM Divisi Infratel Telkom sampai tahun 2008.

Bekerja di Telin

Setelah di Telkom sekitar 4 tahun, ia ditunjuk untuk menempati posisi Direktur Internasional Carrier Service dari salah satu anak perusahaan Telkom, yaitu Telin. Terhitung selama 2008 – 2010 Ririek mengemban posisi tersebut.

Di Telin, karir Ririek sebagai direktur semakin cemerlang. Selanjutnya, posisi Direktur Marketing & Sales Telin pun berhasil didudukinya. Pada 2011 – 2012 Ririek dipercaya menjadi Direktur Utama Telin.

Kembali ke Telkom sebagai Direktur Bidang

Kembali lagi ke Telkom, jabatan Direktur Compliance & Risk Management berhasil diraihnya. Kemudian, ia dipercaya untuk menempati posisi Direktur Wholesale & International Service pada 2013 – 2014.

Menjabat sebagai Direktur Utama hingga dianugerahi Bintang Jasa Nararya

Melalang buana sebagai direktur untuk berbagai bidang dalam lingkup Telkom Group mengantarkan Ririek sebagai Direktur Utama (Dirut) Telkomsel pada 2014 – 2019. Setelah itu, Ririek ditunjuk sebagai CEO Telkom Group.

Resmi dipilih sebagai Dirut Telkom Group melalui RUPST di Jakarta pada 24 Mei 2019, kinerja Ririek dalam memimpin Telkom dianugerahi Bintang Jasa Nararya yang diserahkan pada 13 Agustus 2020. Sampai saat ini, Ririek masih menjabat sebagai CEO Telkom.

Tidak kalah pentingnya. Agar Sobat Brain mengetahui potensi diri dan tim, sangat dianjurkan untuk mengikuti Tes BRAIN secara online. Tes ini mampu mengungkap kepribadian dan kecerdasan berdasarkan fungsi otak.

Ikuti Tes BRAIN Online hanya 5 menit

Emma Sri Martini (Dirut Telkom Mei – November 2019)

Emma Sri Martini, Dirut Pertamina yang pernah jadi Dirut Telkom
Emma Sri Martini, Dirut Pertamina yang pernah jadi CEO Telkomsel

Berhasil meraih gelar Sarjana Teknik Elektro pada 1993 dari Institut Teknologi Bandung, Emma memutuskan untuk langsung berkarir di perusahaan. Kemudian, pendidikan master baru ditempuhnya pada 2011 di Universitas Harvard dengan konsentrasi bidang infrastruktur dan ekonomi pasar.

Riwayat Karir Emma Sri Martini

Sejak 8 Mei 2019 Emma ditunjuk sebagai Direktur Keuangan Pertamina melalui RUPS setelah sebelumnya sosok Emma sudah akrab dengan perusahaan BUMN. Bahkan penunjukannya sebagai Direktur Keuangan Pertamina dilakukan saat dirinya sedang menjabat sebagai Dirut Telkom.

Rentetan karir profesional Emma, mantan CEO Telkomsel yang kini jadi Direktur Keuangan Pertamina
  • Direktur Utama (CEO) Telkomsel dijabatnya sejak Mei 2019 hingga November 2019
  • Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur. Posisi ini diemban Emma hampir satu dekade, yaitu pada 2009 hingga Mei 2019
  • Direktur Keuangan Perusahaan Pengelola Aset yang dimulai pada 2004 dan berakhir pada Februari 2009
  • Senior Vice President Badan Penyehatan Perbankan Nasional. Hanya sekitar dua tahun Emma menduduki jabatan tersebut, yaitu pada 2002 – 2004
  • Kepala Divisi IT di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Pelajari juga:

Setyanto Hantoro (Dirut Telkom 2020)

Dirut Telkom 2020

Sosok Setyanto Hantoro merupakan lulusan bergelar Sarjana Teknik Industri dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom dan memiliki predikat Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen Bandung. Setyanto bukan kah orang asing di Telkom karena dirinya telah malang melintang dan menempati berbagai posisi di Telkom beserta anak perusahaannya.

Berbagai posisi strategis setidaknya pernah dijabat oleh Setyanto dalam kurun waktu 2009 sampai 2019, yaitu:

  • Assistant Vice President Business and Financial Analysis Telkom
  • Assistant Vice President Business Portfolio and Financial Planning
  • Vice President Strategic Investment Execution
  • EVP Strategic Investment

Mantan Dirut Telkomsel, Setyanto Hartanto, berpengalaman jadi Komisaris dan Direktur

Posisi Komisaris dilakoni Setyanto di dua perusahaan, yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN). Di samping itu, Setyanto juga duduk dalam jajaran Komite Investasi PT Metra Digital Investama.

Akhir 2019, Setyanto ditunjuk sebagai Direktur Utama Telkom Metra, perusahaan subsidiari Telkom yang bergerak di bidang Informasi, Media dan Edutainment. Namun, jabatan ini tidak berlangsung lama karena Setyanto ditunjuk sebagai Direktur Utama (CEO) Telkomsel pada pertengahan Januari 2020.

Pelajari juga:

Dirut Telkom Sekarang, Hendri Mulya Syam

Profil Singkat Hendri Mulya Syam

Hendri Mulya Syam, Dirut Telkom Sekarang
Hendri Mulya Syam, CEO Telkomsel

Hendri Mulya Syam adalah lulusan Institut Teknologi Indonesia (ITI) dan bergelar Sarjana Telekomunikasi Elektro. Karir Hendri di Telkomsel sudah dimulai sejak tahun 1995 setelah lulus dari ITI. Jadi, penunjukan Hendri sebagai Dirut Telkom bukan sesuatu yang secara tiba-tiba. Bahkan Hendri sudah menjabat di berbagai posisi.

Berbagai jabatan yang pernah ditempati Hendri diperolehnya dari hasil kinerja dan keahliannya. Sosoknya dikenal sebagai pribadi yang menguasai banyak keahlian di industri, terutama industri yang berhubungan dengan LTE Strategy Deployment, Network Services and Quality Management, Network Strategy, Sales Strategy & Operation, Product and Mobile Data, Corporate Planning, Customer Service, IT Operation, serta Marketing.

Perjalanan Karir Dirut Telkom

Sosok Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkom
Sosok Hendri Mulya Syam

Corporate Account Specialist

Awal karir Hendri di Telkomsel dijalaninya dengan menjabat sebagai Corporate Account Specialist. Jabatan jni diemban Hendri selama dua setengah tahun terhitung sejak Agustus 1995 hingga Januari 1998. Setelah itu, karir Hendri di Telkomsel kian menanjak. Hendri sukses menempatkan diri di jabatan level manajerial hingga direktur.

Level Manajerial dan Direktur

Terbilang cemerlang, Hendri mampu menempatkan diri di berbagai posisi strategis Telkomsel. Mengutip laman resmi Telkomsel, posisi strategis yang pernah dijabat oleh Hendri antara lain Executive Vice President Program Management Office dan Executive Vice President Sales Area.

Pada level direktur, Hendri yang dikenal handal dalam berbagai bidang industri pernah menjabat sebagai direktur pada dua divisi yang berbeda di Telkomsel. Hendri sempat menjabat sebagai Direktur Sales Telkomsel dan Direktur Network Telkomsel.

Sempat berkarir di Indosat Ooredoo, Kompetitor Telkomsel

Meski karir profesional Hendri di Telkomsel terbilang baik, tetapi dia sempat hengkang dari Telkomsel dan pindah ke Indosat Ooredoo pada November 2018. Di sana, Hendri menjabat sebagai Chief Sales & Distributor Officer. Jabatan tersebut merupakan salah satu jabatan strategis yang berperan penting bagi kelangsungan after sales seluruh produk Indosat Ooredoo.

Kepindahan Hendri ke Indosat Ooredoo dirumorkan terkait dengan faktor keluarga karena saat itu Kakaknya, Johnny Swandi Syam menjabat sebagai Direktur Utama Indosat Ooredoo periode 2007 -2009. Karir Hendri di sana tak berlangsung lama karena pada Juni 2020 Hendri kembali berkarir di Telkomsel.

Kembali ke Telkomsel hingga Menjadi Dirut Telkomsel

Sosok Hendri dinilai berperan penting bagi perkembangan Telkomsel. Oleh karena itu, Telkomsel meminta Hendri untuk kembali ke Telkomsel setelah kurang lebih satu setengah tahun Hendri berkarir di kompetitor Telkomsel. Terhitung sejak Juni 2020 Hendri menjabat sebagai Direktur Network Telkomsel.

Hampir setahun menjadi Direktur Network Telkomsel, Hendri pun dipilih sebagai Direktur Utama atau CEO Telkomsel. Jabatan baru Hendri sebagai Dirut Telkomsel berlaku secara efektif sejak 28 Mei 2021. Pengangkatan Hendri sebagai Direktur Utama Telkomsel tentunya mengubah susunan direksi Telkomsel sehingga pada tanggal yang sama susunan Direksi Telkomsel pun berubah.

Pelajari juga:

Susunan Direksi Telkomsel di bawah Pimpinan Hendri Mulya Syam

Susunan Direksi Telkomsel
Susunan Direksi Telkomsel

Direktur utama atau CEO Telkomsel dijabat oleh Hendri Mulya Syam. Selanjutnya berturut-turut Direktur Keuangan, Direktur Sales, Direktur Network, Direktur Planning & Transformation, Direktur Information Technology, Direktur Marketing, serta Direktur Human Capital Management adalah Mohamad Ramzy, Adiwinahyu Basuki, Nugroho, Wong Soon Nan, Bharat Alva, Rachel Goh, serta R Muharam Perbawamukti.

Pelajari juga:

Penutup

Berkaca dari perjalanan Hendri hingga menduduki posisi Dirut Telkomsel, tampak bahwa pencapaian itu tidak diperoleh secara instan. Karir Hendri di Telkomsel dirintis dari posisi bawah lalu berhasil masuk level manajerial, direktur, hingga direktur utama. Selain itu, Hendri memiliki banyak keahlian di industri telekomunikasi digital.

Nah, Sobat Brain juga harus memiliki keuletan, loyalitas, dan keahlian agar bisa berkarir hingga puncak tertinggi. Sobat Brain dapat mengenali potensi diri dulu melalui Tes Brain sehingga memiliki bekal untuk menekuni bidang yang diminati sampai ahli.

Ikuti Tes Brain dan dapatkan sertifikat di sini.

Tes Brain Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *