Universitas Diponegoro, Ini Info Lengkap Jurusan dan Beasiswanya

undip
Universitas Diponegoro Semarang.

BRAIN Personalities – Hai semuanya, kalian pasti tidak asing dengan nama kampus Diponegoro? Yups, Undip atau Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Undip menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia, sehingga banyak para calon mahasiswa baru menjadikan kampus ini sebagai kampus tunjuan kuliah.

Universitas Diponegoro berdiri pada tahun 1957 dengan status Perguruan Tinggi Swasta sebelum berganti status menjadi Perguruan Tinggi Negeri di tahun 1961. Namun, dibalik berdirinya Universitas Diponegoro  terdapat sejarah yang cukup panjang Sob.

Baca Juga:

Nama Diponegoro sendiri berasal dari pahlawan Indonesia yakni Pangeran Diponegoro, yang menjadi sosok pangeran pengobar semangat merdeka atas kolonialisme Belanda pada awal abad ke-18. Semangat tersebut pula yang menjadi salah satu inspirasi dan diaplikasikan Universitas Diponegoro.

Selayang Pandang Universitas Diponegoro

Pada tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah khususnya Kota Semarang membutuhkan keberadaan suatu Universitas untuk melaksanakan pengajaran tinggi dan pendidikan. Hal tersebut ditujukan untuk membatu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan berbagai bidang salah satunya pendidikan. Di mana pada masa itu kampus yang ada di daerah Jawa tengah dan Yogyakarta hanyalah Universitas Gadjah Mada sebagai Universitas Negeri.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan semakin meningkatnya jumlah lulusan sekolah menengah atas di Jawa Tengah, yang membuat tidak semua lulusannya dapat tertampung di sekolah tinggi karena jumlah kampus yang terbatas. Hal terebut menjadi salah satu landasan terbentuknya Universitas Semarang yang resmi dibuka tanggal 9 Januari 1957. Hingga pada ulang tahun ketiga Universitas Semarang, Ir. Soekarno sebagai Presiden Indonesia saat itu mengganti nama menjadi Universitas Diponegoro sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi Universitas Semarang dalam pembinaan pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Daftar Akreditasi dan Jurusan Undip

Dengan mottonya “Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara,” jadi salah satu perguruan terbaik di tanah air dengan menduduki peringkat ke-9 versi Kemendikbud. Saat ini Universitas Diponegoro memiliki 13 fakultas yang terbagi menjadi bebrapa jenjang program, mulai dari Diploma, Sarjana, Magister sampai Doktoral. Untuk akreditasinya  Undip juga sudah berpredikat  A (Unggul) dengan No.SK 13/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018.

Baca Juga:

Untuk kalian kethui, akreditasi merupakan salah satu Indikator yang wajib dilihat oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Akreditasi terbagi menjadi 2 yaitu Akreditasi Kampus dan program studi atau jurusan.  Jika kalian berencana untuk berkuliah di Universitas Diponegoro, kalian wajib baca sampai tuntas artikel ini, karena di sini akan menyediakan banyak informasi seputar profil kampus, daftar jurusan, beasiswa, akreditasi tiap jurusannya, sampai informasi jalur masuk. Yuk, langsung simak artikel di bawah ini, ya.

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum (Terakreditasi A).

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (Terakreditasi A), Manajemen (Terakreditasi A), Akuntansi (Terakreditasi A), serta Jurusan Ekonomi Syariah (Terakreditasi B).

Fakultas Teknik

Teknik Geodesi (Terakreditasi A), Sistem Komputer (Terakreditasi B), Teknik Mesin (Terakreditasi A), Perencanaan Wilayah dan Kota (Terakreditasi A), Elektro (Terakreditasi A), Industri (Terakreditasi A), Sipil (Terakreditasi A), Kimia (Terakreditasi A), Geologi (Terakreditasi B), Lingkungan (Terakreditasi A), Arsitektur (Terakreditasi A), juga Jurusan Teknik Perkapalan (Terakreditasi A).

Fakultas Kedokteran

Gizi (Terakreditasi A), Ilmu Keperawatan (Terakreditasi A), Kedokteran (Terakreditasi A), Farmasi (Terakreditasi C), dan juga Kedokteran Gigi (Terakreditasi C).

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Agribisnis (Terakreditasi A), Peternakan (Terakreditasi A), Teknologi Pangan (Terakreditasi A), serta  Agroekoteknologi (Terakreditasi B).

Fakultas Ilmu Budaya

Ilmu Sejarah (Terakreditasi A), Antropologi Sosial (Terakreditasi B), Ilmu Perpustakaan (Terakreditasi A), Sastra Jepang (Terakreditasi A), Sastra Inggris (Terakreditasi A), dan jurusan Sastra Indonesia (Terakreditasi A).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Administrasi Bisnis (Terakreditasi A), Ilmu Pemerintahan (Terakreditasi A), Administrasi Publik (Terakreditasi A), Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A), dan juga Hubungan Internasional (Terakreditasi B).

Fakultas Kesehatan dan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi B).

Fakultas Sains dan Matematika

Kimia (Terakreditasi A), Matematika (Terakreditasi A), Teknik Informatika (Terakreditasi B), Statistika (Terakreditasi B), Fisika (Terakreditasi A), Biologi (Terakreditasi A), dan ada juga jurusan Bioteknologi (Terakreditasi C).

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Oseanografi (Terakreditasi A), Teknologi Hasil Perikanan (Terakreditasi A), Ilmu Kelautan (Terakreditasi A), Perikanan Tangkap (Terakreditasi A), Sumberdaya Akuatik (Terakreditasi A), serta Akuakultur (Terakreditasi A).

Fakultas Psikologi

Pendidikan Psikologi (Terakreditasi A).

Sekolah Profesi dan Vokasi Undip

Profesi Akuntansi (Terakreditasi A), Dokter (Terakreditasi A), Ners (Terakreditasi A), Dokter Gigi (Terakreditasi C), dan juga Progam Profesi Insinyur (Terakreditasi B).

Baca Juga:

Diploma III

Manajemen (Terakreditasi A), Teknologi Perancangan dan Konstruksi Kapal (Terakreditasi B), Keuangan Publik (Terakreditasi B), Hubungan Masyarakat (Terakreditasi A), Teknik Kimia (Terakreditasi B), Akuntansi (Terakreditasi A), Usaha Budidaya Ternak (Terakreditasi B), Perpustakaan dan Informasi (Terakreditasi B), Bahasa Jepang (Terakreditasi B), Teknik Sipil (Terakreditasi B), Administrasi Pertanahan (Terakreditasi B), Administrasi Pajak (Terakreditasi B), Teknik Mesin (Terakreditasi B), Manajemen Pemasaran (Terakreditasi B), Kearsipan (Terakreditasi B), Sastra Jepang (Terakreditasi B), Kearsipan (Terakreditasi B), Perpustakaan dan Informasi (Terakreditasi B), Bahasa Inggris (Terakreditasi B), Teknologi Instrumentasi (Terakreditasi B), Gambar Arsitektur (Terakreditasi A), Administrasi Perkantoran (Terakreditasi B), Teknik Elektro (Terakreditasi B), Perencanaan Tata Ruang Wilayah dan Kota (Terakreditasi A), Teknologi Elektronika (Terakreditasi B), dan juga Diploma Bahasa Inggris (Terakreditasi B).

Diploma IV

Teknologi Rekayasa Otomasi (Terakreditasi C), Rekayasa Perancangan Mekanik (Terakreditasi B), Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (Terakreditasi C), Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur (Terakreditasi C), Teknologi Rekayasa Kimia Industri (Terakreditasi B), Akuntansi Perpajakan (Terakreditasi C), Bahasa Asing Terapan (Terakreditasi C), Teknik Listrik Industri (Terakreditasi C), Informasi dan Hubungan Masyarakat (Terakreditasi C), Manajemen dan Administrasi Logistik (Terakreditasi C), dan ada juga Diploma Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan (Terakreditasi C).

Pasca Sarjana Undip

Magister S2 Universitas Diponegoro

  1. Manajemen (Terakreditasi A)
  2. Ekonomi dan Studi Pembangunan (Terakreditasi A)
  3. Ilmu Ternak (Terakreditasi A)
  4. Agribisnis (Terakreditasi B)
  5. Magister Epidemiologi (Terakreditasi A)
  6. Ilmu Politik (Terakreditasi A)
  7. Ilmu Administrasi (Terakreditasi B)
  8. Magister Energi (Terakreditasi B)
  9. Ilmu Kelautan (Terakreditasi A)
  10. Ilmu Susastra (Terakreditasi C)
  11. Kesehatan Lingkungan (Terakreditasi A)
  12. Teknik Mesin (Terakreditasi B)
  13. Ilmu Arsitektur (Terakreditasi B)
  14. Teknik Kimia (Terakreditasi A)
  15. Teknik Sipil (Terakreditasi B)
  16. Pembangunan Wilayah dan Kota (Terakreditasi A)
  17. Teknik Elektro (Terakreditasi B)
  18. Teknik Industri (Terakreditasi B)
  19. Promosi Kesehatan (Terakreditasi A)
  20. Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi A)
  21. Ilmu Lingustik (Terakreditasi A)
  22. Ilmu Sejarah (Terakreditasi A)
  23. Magister Sistem Informasi (Terakreditasi A)
  24. Adminitrasi Bisnis (Terakreditasi C)
  25. Magister Ilmu Lingkungan (Terakreditasi A)
  26. Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A)
  27. Ilmu Keperawatan (Terakreditasi B)
  28. Fisika (Terakreditasi B)
  29. Biologi (Terakreditasi A)
  30. Ilmu Hukum (Terakreditasi A)
  31. Kenotariatan (Terakreditasi A)
  32. Kimia (Terakreditasi B)
  33. Matematika (Terakreditasi B)
  34. Ilmu Biomedik (Terakreditasi A)
  35. Manjemen Sumber Daya Pantai (Terakreditasi A)
  36. Ilmu Gizi (Terakreditasi A)
  37. Ekonomi Pembangunan (Terakreditasi A)
  38. Teknik dan Manajemen Industri (Terakreditasi B)
  39. Ilmu Linguistik (Terakreditasi A)

Doktoral S3 Universitas Diponegoro

  1. Ilmu Ekonomi (Terakreditasi A)
  2. Manajemen Sumberdaya Pantai (Terakreditasi A)
  3. Ilmu Arsitektur dan Perkotaan (Terakreditasi B)
  4. Teknik Mesin (Terakreditasi B)
  5. Teknik Sipil (Terakreditasi B)
  6. Sitem Informasi (Prodi Baru)
  7. Ilmu Hukum (Terakreditasi A)
  8. Teknik Kimia (Terakreditasi B)
  9. Magister Ilmu Ternak (Terakreditasi A)
  10. Ilmu Kelautan (Terakreditasi B)
  11. Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi B)
  12. Ilmu Lingkungan (Terakreditasi A)
  13. Ilmu Sosial (Terakreditasi A)
  14. Administrasi Publik (Terakreditasi A)
  15. Ilmu Sejarah (Terakreditasi B)
  16. Ilmu Kedokteran (Terakreditasi B)

Biaya dan Beasiswa Kuliah di Universitas Diponegoro

Pemberlakukan biaya kuliah di Universitas Diponegoro secara resmi menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Hal ini mengacu pada peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016, Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa Universitas Negeri harus disesuaikan dengan kemampuan keluarga atau orang yang membiayainya.

Baca Juga:

Namun, ada pelbagai beasiswa yang bisa dimanfaatkan mahasiswa jika berkuliah di Universits Diponegoro, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Sejumlah beasiswa tersebut berasal dari bantuan dari pemerintah maupun instansi swasta yang menjadi mitra kerjasama dengan kampus.

Beberapa beasiswa yang disediakan Universitas Diponegoro di antaranya: Bakti BCA, Bank Indonesia, Beasiswa Alumni, Beasiswa Baituzzakah Pertamina (BAZMA), Beasiswa Etos/ Dompet Dhuafa, Beasiswa Sarjana Muamalat Bank Muamalat, Bidikmisi, CENDEKIA BAZNAS, CIMB Niaga, Djarum Plus, Eka Tjipta Foundation, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), Karya Salemba Empat, PPA, PPA Usulan Masyarakat, Adaro Indonesia, dan masih banyak lagi.

Jalur Masuk Universitas Diponegoro

Seperti yang kita ketahui Sob, Universitas Diponegoro merupakan perguruan tinggi berstatus negeri ada beberapa  jalur pendaftaran yang bisa ditempuh, seperti universitas negeri pada umumnya. Berikut ini jalur penerimaan mahasiswa baru di Undip yang bisa kamu pilih untuk mendaftar:

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Seleksi jalur ini menampung 20 % dari total mahasiswa baru yang diterima. Kemudian ada SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Seleksi Jalur SBMPTN ini menampung 50% dari total mahasiswa baru yang diterima. Ini merupakan persentase tertinggi kuota penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga:

Ada juga  jalur masuk Seleksi Mandiri: seleksi ini hanya menampung 30% dari total mahasiswa baru yang diterima pada tahun ajaran tersebut. Ada juga jalur alih Profesi diperuntukan bagi kalian yang baru saja menyelesaikan program studi jenjang diploma untuk melanjutkan ke studi jenjang Strata I atau Sarjana namun harus memiliki kesesuaian dengan program studi yang sebelumnya.

Oh iya perlu kalian catat nih Sob, untuk jalur masuk  Mandiri kalian bisa akses di laman resmi universitas karena syarat dan ketentuan pendaftaran memiliki perbedaan di tiap perguruan tinggi negeri. Baiklah, segitu dulu  ya ulasan terkait Universitas Diponegoro Semarang.  Jangan lupa  ikuti Tes BRAIN Online gratis untuk mengenali potensi dan karakter diri kalian. Semoga bermanfaat!

Tes BRAIN Online di sini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *