Universitas Sebelas Maret, Ini Daftar Jurusan dan Beasiswanya

 

uns
Universitas Sebelas Maret Surakarta.

BRAIN Personalities – Siapa yang belum pernah berkunjung ke Solo? Pamor daerah kelahiran Presiden Joko Widodo ini semakin kentara dari waktu ke waktu. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang memilih kota kecil ini sebagai destinasi wisata. Selain itu, kota yang berdekatan dengan wilayah Yogyakarta ini juga tak kalah soal pendidikanya. Jika di Yogyakarta orang  akan langsung tertuju pada sederet nama universitas favorit macam UGM,UNY, UAD, UII, UMY. Tapi tunggu sebentar, di kota Surakarta atau Solo juga punya banyak perguruan tinggi favorit lho, salah satu  nama universitas favorit dengan program studi unggulan di kota batik ini, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Universitas Sebelas Maret ini merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Solo. Kampus yang didirikan sesuai dengan namanya pada tanggal 11 Maret 1976 ini memiliki moto dalam bahasa Jawa “Mangesthi Luhur Ambangun Nagara” atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Bercita-cita Luhur Membangun Negara”.

Baca Juga:

Kampus UNS berlokasi di Jl. Ir. Sutami 36 Kentingen, Jebres, Surakarta yang terdiri dari 11 Fakultas dan 1 Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret juga berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan keputusan menteri keuangan nomor 52/KMK.05/2009. Selain itu, UNS juga merupakan kampus dengan akreditasi A oleh BAN-PT.

Kilas Balik Sejarah UNS

Sekitar tahun 1950-an, masyarakat Solo menginginkan berdirinya sebuah Universitas Negeri, hal tersebut lantaran banyak kota-kota lain sudah memiliki universitas sejak lama. Namun, gagasan tersebut belum bisa terwujud karena adanya perang, kekeruhan politik, permasalahan ekonomi rakyat, hingga penyatuan pemerintahan pada masa itu.

Hingga setelah semua kekacauan selesai, tepatnya pada tahun 1953 keinginan untuk mendirikan universitas kembali muncul. Namun pendirian yang direncanakan dan diketuai oleh Wali Kota Solo saat itu masih gagal bahkan belum sempat dimulai. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya sumber keuangan dan konflik politik yang menenggelamkan gagasan pendirian Universitas tersebut.

Barulah pada tahun 1963 muncul Universitas Kota Praja disusul Universitas Saraswati pada 1966 yang mengajukan diri sebagai Universitas Negeri. Kemudian Universitas negeri dan swasta digabung menjadi satu dengan nama Universitas Gabungan Surakarta (UGS) yang berisi 8 kampus baik negeri maupun swasta. Hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melakukan tinjauan kepada UGS untuk membuatnya menjadi Negeri yang dilakukan pada 11 Maret 1976 dengan nama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret.

Baca Juga:

Saat ini Univeritas Sebelas Maret telah menyelenggarakan empat jenjang program studi mulai dari Diploma 3 dan 4, Strata 1, Magister sampai jenjang Doktoral yang terbagi menjadi 9 Fakultas . Salah satu jurusan favorit UNS adalah jurusan Kedokteran dan pasti semua calon mahasiswa baru yang berminat dengan jurusan ini. Nah, untuk mengetahui apa saja detail jurusan dan akreditasi, informasi pendaftaran mahasiswa baru, biaya kuliah, sampai informasi beasiswa yang tersedia di sini? Yuk simak selengkapnya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Akuntansi (Terakreditasi A), Ekonomi Pembangunan (Terakreditasi A), Manajemen (Terakreditasi A), Fakultas Hukum , dan jurusan Ilmu Hukum (Terakreditasi A).

Fakultas  Ilmu Budaya

Sastra Indonesia (Terakreditasi B), Sastra Arab (Terakreditasi B), Sastra Inggris (Terakreditasi B), Ilmu Sejarah (Terakreditasi A), serta Sastra Daerah (Terakreditasi A).

Fakultas Teknik

Teknik Sipil (Terakreditasi A), Teknik Mesin (Terakreditasi A), Teknik Elektro (Terakreditasi B), Arsitektur (Terakreditasi A), Perencanaan Wilayah dan Kota (Terakreditasi A), Teknik Kimia (Terakreditasi A), dan Teknik Industri (Terakreditasi A).

Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sejarah (Terakreditasi A), Sosial Antropologi (Terakreditasi A), Teknik Bangunan (Terakreditasi A), Pendidikan Kimia (Terakreditasi A), Bahasa dan Sastra Indonesia (Terakreditasi A), Pendidikan Teknik Mesin (Terakreditasi A), Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (Terakreditasi A), Ekonomi (Terakreditasi A), Matematika (Terakreditasi A), Seni Rupa (Terakreditasi A), IPA (Terakreditasi B), Pendidikan Luar Biasa (Terakreditasi A), Biologi (Terakreditasi A), Geografi (Terakreditasi A), Fisika (Terakreditasi A), Guru sekolah Dasar (Terakreditasi A), Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Terakreditasi B), Akuntansi (Terakreditasi A), Administrasi Perkantoran (Terakreditasi A), Bahasa Jawa (Terakreditasi A), Pancasila dan Kewarganegaraan (Terakreditasi A), Bimbingan dan Konseling (Terakreditasi A), dan studi Bahasa Inggris (Terakreditasi A).

Fakultas Kedokteran

Psikologi (Terakreditasi B) dan Pendidikan Kedokteran (Terakreditasi A).

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Seni Rupa Murni (Terakreditasi A), Desain Interior (Terakreditasi A), Desain Komunikasi Visual (Terakreditasi A), serta Kriya Seni (Terakreditasi A).

Fakultas Keolahragaan

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Terakreditasi B) dan Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga (Terakreditasi A).

Fakultas  Sosial dan Politik

Sosiologi (Terakreditasi A), Hubungan Internasional (Terakreditasi B), Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A), dan Ilmu Administrasi Negara (Terakreditasi A).

Sekolah Vokasi

uns
Universitas Sebelas Maret Membuka Program Sekolah Vokasi.

Demografi dan Pencatatan Sipil (Terakreditasi B), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Terakreditasi B), Farmasi (Terakreditasi B), Teknik Mesin (Terakreditasi B), Desain Komunikasi Visual (Terakreditasi B), Hiperkes dan Keselamatan Kerja (Terakreditasi B), Teknik Informatika (Terakreditasi B), Bahasa Inggris (Terakreditasi B), Teknik Kimia (Terakreditasi B), Bahasa Mandarin (Terakreditasi B), Perpajakan (Terakreditasi A), Akuntansi (Terakreditasi A), Komunikasi Terapan (Terakreditasi A), Manajemen Administrasi (Terakreditasi B), Kebidanan (Terakreditasi A), Perpustakaan (Terakreditasi B), Keuangan dan Perbankan (Terakreditasi A), Agribisnis (Terakreditasi A), Teknologi Hasil Pertanian (Terakreditasi B), Manajemen Pemasaran (Terakreditasi A), Manajemen Bisnis (Terakreditasi A), Manajemen Perdagangan (Terakreditasi A), Usaha Perjalanan Wisata (Terakreditasi B), dan Teknik Sipil (Terakreditasi B).

Program Spesialis  dan Profesi

Profesi Dokter (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan THT, Bedah Kepala, dan Leher (Terakreditasi A), Ilmu Kesehatan Anak (Terakreditasi A), Anestesiologi (Terakreditasi A), Patologi Klinik (Terakreditasi A), Orthopedi dan Traumatologi (Terakreditasi A), Ilmu Bedah (Terakreditasi A), Obstetri dan Ginekologi (Terakreditasi A), Ilmu Penyakit Jantung (Terakreditasi B), Ilmu Kulit dan Kelamin (Terakreditasi B), Ilmu Kedokteran Jiwa (Terakreditasi A), Penyakit Saraf (Terakreditasi A), Ilmu Penyakit Dalam (Terakreditasi A), Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi (Terakreditasi A), dan Diploma Radiologi (Terakreditasi B).

Baca Juga:

Program Pascasarjana

 S2 Magister Universitas Sebelas Maret

  1. Teknik Sipil (Terakreditasi A)
  2. Ilmu Lingkungan (Terakreditasi B)
  3. Ilmu Administrasi Publik (Terakreditasi A)
  4. Akuntansi (Terakreditasi A)
  5. Arsitektur (Terakreditasi C)
  6. Sosiologi (Terakreditasi B)
  7. Agronomi (Terakreditasi B)
  8. Ilmu Fisika (Terakreditasi A)
  9. Pendidikan Biologi (Terakreditasi B)
  10. Pendidikan Guru Vokasi (Terakreditasi B)
  11. Ilmu Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi A)
  12. Ilmu Tanah (Terakreditasi B)
  13. Peternakan (Terakreditasi B)
  14. Pendidikan Ekonomi (Terakreditasi A)
  15. Ilmu Gizi (Terakreditasi B)
  16. Pendidikan Seni (Terakreditasi B)
  17. Teknik Kimia (Terakreditasi C)
  18. Kajian Budaya (Terakreditasi A)
  19. Teknik Industri (Terakreditasi B)
  20. Kenotariatan (Terakreditasi A)
  21. Kimia (Terakreditasi B)
  22. Pendidikan Sejarah (Terakreditasi A)
  23. Ilmu Hukum (Terakreditasi A)
  24. Pendidikan Matematika (Terakreditasi B)
  25. Pendidikan Luar Biasa (Terakreditasi B)
  26. Manajemen (Terakreditasi A)
  27. Ilmu Ekonomi (Terakreditasi A)
  28. Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pertanian (Terakreditasi B)
  29. Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi B)
  30. Seni Rupa (Terakreditasi B)
  31. Biosain (Terakreditasi A)
  32. Pendidikan Kimia (Terakreditasi B)
  33. Linguistik (Terakreditasi B)
  34. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Terakreditasi B)
  35. Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat (Terakreditasi B)
  36. Pendidikan Fisika (Terakreditasi B)
  37. Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Terakreditasi B)
  38. Studi Ilmu Hukum (Terakreditasi A)
  39. Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A)
  40. Ilmu Kedokteran Keluarga (Terakreditasi B)
  41. Teknologi Pendidikan (Terakreditasi A)
  42. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Terakreditasi A)
  43. Ilmu Keolahragaan (Terakreditasi A)
  44. Agribisnis (Terakreditasi A)
  45. Pendidikan Bahasa Indonesia (Terakreditasi A)
  46. Pendidikan Sains (Terakreditasi A)
  47. Teknik Mesin (Terakreditasi A)
  48. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Terakreditasi B)

S3 Doktoral Universitas Sebelas Maret

  1. Ilmu Kedokteran (Terakreditasi A)
  2. Linguistik (Terakreditasi B)
  3. Ilmu Pendidikan (Terakreditasi B)
  4. Pemberdayaan Masyarakat (Terakreditasi A)
  5. Ilmu Pertanian (Terakreditasi A)
  6. Ilmu Lingkungan (Terakreditasi B)
  7. Biologi (Terakreditasi B)
  8. Ilmu Hukum (Terakreditasi B)
  9. Ilmu Teknik Mesin (Terakreditasi B)
  10. Kajian Budaya (Terakreditasi B)
  11.  Teknik Sipil (Terakreditasi B)
  12. Ilmu pendidikan Ekonomi
  13. Kesehatan Masyarakat (Terakreditasi B)
  14. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Terakreditasi B)
  15. Ilmu Komunikasi (Terakreditasi A)
  16. Pendidikan Bahasa Indonesia (Terakreditasi A)
  17. Ilmu Keolahragaan (Terakreditasi B)
  18. Ilmu Fisika (Terakreditasi B)

Beasiswa di Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Beasiswa yang tersedia di UNS berasal dari lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Masing-masing beasiswa memiliki bentuk bantuan, jangka waktu, dan persyaratan yang berbeda.

Baca Juga:

Beberapa beasiswa yang terdapat di Universitas Negeri Sebelas Maret, yaitu Beasiswa Bidikmisi, KIP-Kuliah, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Unggulan Dajarum, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Foundation, Beasiswa Beasiswa Sariraya Japan 2021, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Toyota Astra, Beasiswa Wijaya Karya, Beasiswa BBP-PPA, BeasiswaLPPDP, Beasiswa Supersemar, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia di UNS dapat dilihat di laman resmi universitas ya Sob.

Biaya Kuliah UNS Surakarta

Pemberlakukan biaya kuliah di Universitas Sebelas Maret pada tahun 2012 secara resmi menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Dalam pelaksanaannya UKT memberikan peluang kepada setiap mahasiswa baru untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

Bagaimana UKT dihitung? Biaya tersebut dihitung berdasarkan rata-rata dari akumulasi biaya pendidikan masing-masing program studi di suatu perguruan tinggi selama delapan semester. Dengan berlakunya UKT otomatis tidak ada lagi pungutan biaya pendidikan seperti SPP, BPI, uang lab, dan pelbagai pungutan lainnya.

Baca Juga:

UKT di tiap program studi berbeda-beda. Di UNS, UKT tahun 2012 terrendah ditempati oleh Program Studi Sosiologi dengan angka Rp 2.150.000,-. Sedangkan prodi favorit di UNS, Pendidikan Dokter, merupakan prodi dengan UKT tertinggi sebesar Rp 5.549.000,-. Rincian mengenai UKT tiap kalian bisa akses di laman resmi universitas ya Sob.

Jalur Pendaftaran di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Seperti yang kita ketahui Sob, UNS Surakarta merupakan perguruan tinggi berstatus negeri. Jadi Uns hanya membuka 3 jalur seleksi penerimaan mahasiswa program Sarjananya anatara lain:  Jalur undangan nilai rapor atas rekomendasi sekolah atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian ada jalur tes tertulis berbasis Komputer atau (UTBK) atau yang sering kita sebut dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir ada seleksi Ujian Jalur Mandiri.  Oh iya perlu kalian catat nih Sob, untuk jalur masuk  Mandiri jkalian bisa akses di laman resmi univerditas karena syrat dan ketentuan pendaftaran memiliki perbedaan di tiap perguruan tinggi negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *