Supervisor Food and Beverage: Tugas Hingga Tips Jadi yang Terbaik

Brain Personalities – Bidang Food and Beverage kian menjamur didukung oleh kemudahan akses transportasi dan komunikasi. Restoran dan Kafe bermunculan secara masif, bahkan banyak di antaranya yang memiliki lokasi berdekatan. Meski begitu, restoran maupun kafe tetap memiliki peminatnya masing-masing dan aktivitas di dalamnya pun tampak sibuk dan terorganisir.

Tahukah Sobat Brain bahwa bidang Food and Beverage diawasi oleh Supervisor? Apa tugas Supervisor Food and Beverage? Bagaimana caranya menjadi yang terbaik?

Artikel ini akan membantu Sobat Brain untuk mengetahui semua tentang Supervisor yang mengawasi jalannya bisnis Food and Beverage. Yuk, simak dan temukan hal menarik di rutinitasnya!

Pelajari:

Tentang Food and Beverage

Contoh Bidang Food and Beverage
Contoh Bidang Food and Beverage

Apa itu Food and Beverage?

Food and Beverage adalah salah satu industri di bidang pelayanan (service) yang berkaitan dengan penyajian makanan dan minuman. Umumnya, bisnis Food and Beverage disertai dengan penjualan produk makanan dan minuman, seperti warung makan, restoran, dan kafe.

Pada dasarnya, berbisnis di bidang Food and Beverage mengacu pada pelayanan penyajian produk sehingga pelanggan merasa nyaman saat menikmati produk yang ditawarkan.

Pelajari juga:

Departemen Food and Beverage

Poros bisnis Food and Beverage berada di makanan dan minuman. Kemudian, makanan dan minuman tersebut perlu disajikan dengan cara penyajian yang sesuai standar pelayanan tertentu. Bidang pelayanan Food and Beverage dibagi menjadi berbagai departemen, seperti:

  1. Restoran. Pengelolaan restoran dilakukan secara komersial dalam hal penyajian hidangan untuk konsumen.
  2. Bar. Bar menyajikan segala jenis minuman, baik beralkohol maupun non alkohol.
  3. Banquet. Lebih dari sekadar menyajikan makanan dan minuman, Banquet memberikan layanan berupa jamuan pesta di hotel sesuai dengan keinginan pemesan secara detail. Mulai dari tema, jumlah tamu, daftar menu, hingga waktu jamuan.

Seluruh Departemen Food and Beverage berorientasi pada kepuasan konsumen. Oleh karena itu, disusun sebuah standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan. Realisasi standar pelayanan pada bisnis makanan dan minuman berada di bawah pengawasan pihak tertentu yang menjabat sebagai Supervisor Food and Beverage.

Penting untuk mengetahui potensi diri sebelum meniti karirmu. Tes BRAIN akan membantumu mengungkapnya melalu kecerdasan dominan dan kepribadianmu dengan cepat dan akurat.

Ikuti Tes BRAIN Online hanya 5 menit

Mengulas Rutinitas Supervisor Food and Beverage

Salah satu rutinitas Supervisor Food and Beverage
Salah satu rutinitas Supervisor Food and Beverage

Sederet Tugas dan Tanggung Jawab Pengawas Bidang Food and Beverage

Tanggung jawab yang diemban Supervisor berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan standar pelayanan di bidang Food and Beverage. Pelatihan semua petugas layanan Food and Beverage pun menjadi tanggung jawab Supervisor.

Selain pelatihan, hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan dan pengawasan dalam operasional bisnis pun dibebankan kepada Supervisor. Berbagai tanggung jawab yang diserahkan kepada Supervisor Food and Beverage berbuntut pada sederet tugas yang harus dilakukan, yaitu:

  • Menjamin fungsi layanan berjalan sesuai standar
  • Berperan sebagai wakil manajer pada situasi tertentu
  • Memastikan kesetaraan kerja serta membagi beban kerja sesuai jabatan setiap staf
  • Menyusun jadwal kerja berdasarkan peraturan shift yang berlaku
  • Menjalankan pengarahan atau briefing harian sebagai sarana membangun komunikasi dua arah secara kolektif serta menampung keluhan karyawan serta mengatasinya
  • Menindaklanjuti keluhan konsumen
  • Menggelar pelatihan staf untuk memenuhi seluruh standar layanan
  • Memastikan bahaya dan kecelakaan kerja tidak terjadi
  • Melakukan penilaian terhadap kinerja para staf
  • Menjalankan kepemimpinan yang adil

Pelajari juga:

Tips Meraih Predikat Supervisor Food and Beverage yang Handal

Berdedikasi terhadap Pekerjaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dedikasi adalah pengorbanan waktu dan pikiran untuk mencapai suatu tujuan atau keberhasilan. Oleh karena itu, sikap dedikasi dalam melaksanakan pekerjaan perlu dipupuk agar tujuan perusahaan tercapai.

Dedikasi penting untuk Supervisor Food and Beverage. Melalui dedikasi yang dimiliki, keberadaannya mampu membentuk kepemimpinan yang adil sehingga standar layanan dapat dicapai dan kesejahteraan karyawan lain terpenuhi.

Memahami Tugas Utama

Menjadi Supervisor untuk bidang makanan bukan perkara gampang. Ritme kerja yang dinamis dan dituntut untuk menghadapi berbagai karakter tentunya menjadi kesulitan tersendiri bagi Supervisor di samping kesulitan atau masalah lainnya.

Kesulitan yang dihadapi Supervisor dapat diatasi dengan latihan dan belajar sehingga pemahaman terhadap tugas akan lebih baik setiap harinya. Pemahaman terhadap tugas yang baik berdampak pada kinerja yang baik pula dan kinerja yang baik berbuntut pada kesuksesan.

Menjalin Kerjasama

Pengawas Food and Beverage membawahi banyak karyawan dan dituntut berbaur dengan partner kerja dengan berbagai karakter. Sikap individualis akan menghambat tercapainya tujuan perusahaan sehingga Supervisor yang baik harus mampu menjalin serta mempertahankan kerjasama dengan karyawan dan partner kerja atau bisnis.

Memiliki Wawasan Luas

Dunia Food and Beverage yang dinamis memerlukan sosok yang berwawasan luas. Wawasan yang dimiliki seorang Supervisor berguna untuk menentukan arah bisnis dan mengatur standar pelayanan. Supervisor Food and Beverage yang berwawasan luas pun tentunya mampu berkomunikasi dengan baik serta memecahkan permasalahan.

Menjunjung Tinggi Kejujuran

Kepribadian juga berpengaruh terhadap kinerja, tak terkecuali bagi Supervisor Food and Beverage. Ketidakjujuran selalu berdampak buruk bagi pekerjaan. Terlebih lagi tanggung jawab Supervisor terkait pengawasan. Supervisor yang memiliki sifat jujur akan mendapat kepercayaan dari karyawan dan rekan kerja sehingga pekerjaannya pun akan lebih mudah.

Pelajari juga:

 

Penutup

Kesuksesan atas suatu pekerjaan diperoleh melalui tanggung jawab yang diemban. Begitu pula Supervisor Food and Beverage yang dibebani sederet tanggung jawab, terutama operasional. Oleh karena itu, kemampuan manajemen proyek, pemecahan masalah, dan komunikasi menjadi poin penting yang harus dikuasai.

Nah, jika Sobat Brain berminat meniti karir di bidang Food and Beverage sebaiknya kenali dulu potensi diri melalui Tes Brain. Mengetahui potensi diri akan membantu Sobat Brain dalam memaksimalkan kinerja.

Ikuti Tes Brain untuk menggali potensi diri dan miliki sertifikat hasil tes di sini

Tes Brain Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *